logo PT Nirmala Satya Development
Tes Kepribadian Online

Tes kepribadian dalam proses rekrutmen akan sangat bermanfaat bagi HRD. Hal ini karena akan membantu HR untuk lebih mudah menentukan kandidat yang paling sesuai untuk dipekerjakan. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang didapatkan

Tes kepribadian online saat ini banyak digunakan selama proses rekrutmen. Melalui tes ini perusahaan akan memperoleh calon karyawan dengan kepribadian dan nilai-nilai yang sesuai harapan perusahaan. Perusahaan akan menemukan calon karyawan yang paling memenuhi syarat untuk posisi pekerjaan tersebut. Baik itu memenuhi syarat dalam hal keahlian dan kepribadian.

Ketahui Beberapa Fungsi dari Tes Kepribadian Online

Tes kepribadian dalam proses rekrutmen akan sangat bermanfaat bagi HRD. Hal ini karena akan membantu HR untuk lebih mudah menentukan kandidat yang paling sesuai untuk dipekerjakan. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang didapatkan.

1. Menilai Kecocokan dengan Culture Perusahaan

Tes ini membantu menentukan seorang calon karyawan yang sesuai dengan culture atau budaya perusahaan. Hasilnya akan memberikan gambaran umum mengenai kandidat tersebut akan bertindak saat sudah bekerja di perusahaan nanti. Kecocokan budaya yang positif akan memicu peningkatan produktivitas individu, tim, serta perusahaan.

Tujuan dari penggunaan tes kepribadian ini yakni dapat menilai dan menentukan kecocokan lingkungan kerja yang optimal bagi calon karyawan. Misalnya, kandidat yang terbiasa bekerja dengan lingkungan yang selalu mengikuti arahan. Sepertinya akan kurang cocok dengan perusahaan yang serba cepat dan menuntut ide-ide baru.

Untuk dapat menemukan kandidat yang paling sesuai dengan budaya perusahaan memang menjadi perhatian penting saat ini. Sebab, hal tersebut dapat berpengaruh pada produktivitas dari pekerjanya. Tes kepribadian online dapat membantu Anda memperoleh kandidat dengan sifat dan kepribadian yang tepat.

Hal ini agar sesuai dengan tim dan alur kerja yang ada di perusahaan tersebut. Selain itu, membantu mengidentifikasi kandidat yang sesuai mengisi posisi yang terbuka dalam meningkatkan produktivitas tim dan perusahaan.

2. Menentukan Kecocokan dengan Role dan Tim

Tes kepribadian ini juga berguna dalam mengungkapkan pesertanya cocok dengan posisi dan timnya lebih dari sekadar kemampuan serta keterampilan yang dimiliki. Hal ini menunjukkan kemampuan berpikir, cara menemukan pemecahan masalah serta pengambilan keputusan.

Biasanya detail yang terungkap setelah kandidat onboard beberapa bulan. Namun, memperkenalkan tes kepribadian yang mendalam dapat memberikan wawasan ini sejak awal prosesnya.

Selain itu, menghindari risiko karyawan resign setelah beberapa bulan bekerja. Kemungkinan karena adanya ketidakcocokan dengan job/role dan tim yang ada. Oleh karena itu, penting untuk melakukan tes kepribadian online dan mengidentifikasi hal-hal tersebut.

3. Meningkatkan Kualitas dan Retensi Karyawan

Sama pentingnya dengan mempekerjakan karyawan yang tepat, maka sangat penting pula bagi perusahaan dalam mempertahankan karyawannya.

Cara mempertahankan karyawan untuk tetap bekerja di perusahaan yakni dengan memberikan kenyamanan semaksimal mungkin. Biasanya karyawan yang tidak cocok untuk suatu pekerjaan pada akhirnya akan memicu kinerja yang kurang baik. Baik dalam hal keterkaitan dengan peran hingga produktivitas kerja.

Tentu pada akhirnya kemungkinan besar memilih mengundurkan diri dari perusahaan. Mencari pengganti karyawan dapat menghabiskan banyak biaya dan banyak waktu. Namun berbeda apabila Anda sudah mempertimbangkannya sejak awal proses rekrutmen dengan menggunakan tes kepribadian.

Anda dapat mengurangi kemungkinan bad hiring seperti ini. Selain itu, juga dapat meningkatkan kualitas serta retensi karyawan.

4. Memprediksi Kesuksesan Role dni Masa Depan

Tes kepribadian online terbukti dapat menilai kecenderungan perilaku calon karyawan di lingkungan kerja. Selain itu, memungkinkan Anda untuk memahami kemungkinan calon karyawan mengisi posisi yang terbuka dengan sebaik-baiknya.

Tes kepribadian mengalahkan metode pengumpulan informasi tradisional. Misalnya hanya memanfaatkan hal yang tertulis pada CV dan memberi wawasan yang lebih objektif. Bahkan juga akan meningkatkan pemilihan calon karyawan secara signifikan.

Penelitian menunjukkan bahwa kepribadian yakni prediktor yang penting untuk memprediksi kinerja karyawan di masa depan. Tentu saja dengan memberikan informasi yang mendalam mengenai kepribadiannya akan mempengaruhi perilaku di tempat kerja. Selain itu, cara berhubungan kepada orang lain, memecahkan masalah, dan cara mengelola emosinya.

Kesuksesan role di masa mendatang tergantung dari hasil proses rekrutmen yang dilakukan sebelumnya. Apabila prosesnya tidak maksimal dan karyawan kurang cocok dengan perusahaan, kemungkinan besar produktivitas role tersebut akan menurun. Bahkan juga akan memberikan dampak buruk bagi perusahaan.

Kini Anda dapat menyadari pentingnya tes kepribadian online dalam proses rekrutmen. Apabila Anda berminat dapat menggunakan jasa NS Development. Hadirnya sebagai jasa vendor terbaik dalam melakukan proses rekrutmen karyawan perusahaan. 

Ikut Tes Kepribadian Online!