PERBEDAAN TES POTENSI AKADEMIK DENGAN TES HASIL BELAJAR
Dalam dunia psikometri, tes psikologi bermacam-macam. Tes Potensi mengkhususkan untuk mengukur prediksi bagaimana seseorang akan menjalani hidupnya kedepan. Sedangkan tes hasil belajar mengukur tingkat hasil belajar
Sekilas Tes Potensi Akademik (TPA) dengan Tes Hasil belajar kelihatan sama. Tetapi pada dasarya, kedua jenis tes tersebut berbeda, baik dari konstruksi soal maupun dari tujuan tesnya.
Berikut Tabel perbedaan Tes Potensi Akademik dengan Tes Hasil Belajar
Tes Potensi |
No |
Tes Hasil Belajar |
Dirancang untuk mengungkap kemampuan kognitif potensial. |
1 |
Dirancang untuk mengukur hasil pembelajaran. |
Disusun berdasar konsep abilitas dasar yang hendak diukur. |
2 |
Disusun berdasar domain materi pembelajaran pada bidang tertentu. |
Keterkaitan minimal dengan silabus/kurikulum. |
3 |
Mengacu pada isi silabus. |
Skor tes = probability of future success. |
4 |
Skor tes = indication of present success. |
Skor tinggi diperoleh berdasar strategi umum penyelesaian masalah. |
5 |
Skor tinggi diperoleh berdasar penguasaan bahan ajar. |
Penekanan pada validitas prediktif. |
6 |
Penekanan pada validitas isi. |
Â
Sumber: Saifuddin Azwar (Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Nomor 2, Tahun XII, 2008)