logo PT Nirmala Satya Development
Agresivitas

Ada beberapa bentuk agresivitas yang dapat diketahui dari perilaku melalui obeservasi seperti agresivitas dalam bentuk fisik, verbal maupun nonfisik dan non-verbal.

Secara umum agresivitas dapat diartikan sebagai suatu serangan yang dilakukan oleh suatu organisme terhadap organisme lain, objek lain atau bahkan pada dirinya sendiri. Agresivitas merupakan suatu perilaku atau kecenderungan perilaku yang niatnya untuk menyakiti orang lain atau diri sendiri secara fisik maupun psikologis.

Perilaku agresif memiliki bentuk atau cara perilaku tersebut disalurkan. Beberapa ahli mengklasifikasikan bentuk-bentuk agresivitas secara berbeda-beda. Contohnya Buss (Nashori, 2010) mengklasifikasikan perilaku agresif terdiri dari perilaku agresif secara fisik atau verbal, secara aktif atau pasif, secara langsung maupun tidak langsung.

Bentuk-Bentuk Agresivitas

Tiga klasifikasi perilaku agresif menurut Buss tersebut masing-masing saling berinteraksi, sehingga menghasilkan 8 bentuk perilaku agresif, yaitu sebagai berikut:

  1. Agresi fisik aktif yang dilakukan secara langsung merupakan tindakan agresi fisik yang dilakukan oleh individu dengan cara berhadapan langsung dan melakukan kontak fisik terhadap target, seperti memukul, mendorong, dan melempar batu.
  2. Agresi fisik pasif yang dilakukan secara langsung merupakan tindakan agresi fisik yang dilakukan oleh individu dengan berhadapan dengan target agresi. Namun, tidak terjadi kontak fisik secara langsung, seperti demonstrasi, aksi mogok dan aksi diam.
  3. Agresi fisik aktif yang dilakukan secara tidak langsung merupakan tindakan agresi fisik yang dilakukan oleh individu dengan tidak melakukan kontak fisik secara langsung, melainkan merusak harta benda korban, membakar atau menyewa tukang pukul dan sebagainya.
  4. Agresi fisik pasif yang dilakukan secara tidak langsung merupakan tindakan agresi fisik yang dilakukan oleh individu dengan tidak berhadapan langsung dan tidak terjadi kontak fisik dengan target agresi, seperti bersikap tidak peduli, apatis, dan masa bodoh.
  5. Agresi verbal aktif yang dilakukan secara langsung merupakan tindakan agresi verbal yang dilakukan oleh individu dengan berhadapan langsung pada target agresi dan melakukan kontak verbal secara langsung, seperti menghina, mencaci, mengejek dan marah.
  6. Agresi verbal pasif yang dilakukan secara langsung merupakan tindakan agresi yang dilakukan oleh individu dengan berhadapan langsung kepada target agresi. Namun, tidak terjadi kontak verbal secara langsung, seperti menolak untuk berbicara dengan target agresi.
  7. Agresi verbal aktif yang dilakukan secara tidak langsung merupakan tindakan agresi yang dilakukan oleh individu dengan tidak berhadapan langsung dengan target agresi, seperti menyebar fitnah dan mengadu domba.
  8. Agresi verbal pasif yang dilakukan secara tidak langsung merupakan tindakan agresi yang dilakukan oleh individu dengan cara tidak berhadapan langsung dan tidak terjadi kontak verbal langsung kepada target agresi, seperti tidak memberi dukungan suara dan tidak menggunakan hak suara.

Itulah macam-macam atau bentuk-bentuk agresivitas yang dikemukakan oleh Buss. Mungkin jika dibandingkan dengan ahli lainnya, akan menemukan perbedaan dalam klasifikasi ini, tetapi pada dasarnya sama bahwa perilaku agresif berupa agresif verbal atau fisik terrhadap objek yang dilakukan secara langsung atau tidak langsung dengan intensitas secara aktif ataupun pasif.