logo PT Nirmala Satya Development
Agresivitas

Perilaku agresi adalah bentuk tingkah laku kekerasan yang bertujuan merusak, melukai, mencelakakan orang lain baik secara fisik atau verbal ataupun merusak benda yang ada disekitarnya.

Agresi adalah sebuah tindakan menyerang. Beirkut akan dijelaskan definisi dan pengertian agresivitas lebih lengkap. Agresi sering diartikan sebagai suatu bentuk perilaku atau tindakan yang bertujuan untuk menyakiti orang lain baik secara fisik maupun verbal. Pada dasarnya perilaku agresi merupakan kecenderungan yang dimiliki oleh setiap orang hanya kadarnya yang berbeda-beda.

Pengertian Agresivitas

Secara bahasa agresivitas atau perilaku agresif merupakan suatu sikap suka menyerang. Sedangkan Caplin mengatakan agresi merupakan suatu serangan atau serbuan yang merupakan tindakan permusuhan ditujukan pada seseorang atau benda. Perilaku agresi menurut Murray merupakan kebutuhan menyerang, melukai orang lain, meremehkan, merugikan, mengganggu, membahayakan, merusak, menjahati, mengejek, mencomooh, menuduh secara jahat, menghukum berat atau melakukan tindakan sadis lainnya, tetapi perilaku disini tidak hanya bersifat sadis atau merusak saja tetapi terdapat hal-hal yang menyebabkan individu berkencenderungan perilaku agresi.

Agresi sebagai segala bentuk perilaku yang dimaksud untuk menyakiti orang lain secar fisik maupun verbal. Atkinson (2008) mendefinisikan agresi sebagai perilaku yang dimaksudkan untuk melukai orang lain (secara fisik atau verbal) atau merusak harta benda. Kata kunci dalam definisi ini adalah maksud.

Sementara Collins Concise Dictionary (dalam Harding, 2006), memberikan definisi agresivitas sebagai sebuah serangan, tindakan yang merugikan, aktivitas yang tidak sopan, permusuhan atau sikap mental yang dapat merusak. Begitu pula menurut VandenBos (dalam Marcus, 2007), agresivitas berdasarkan kamus psikologi adalah perilaku yang menimbulkan kerugian, kerusakan atau mengalahkan orang lain. Selain itu Geen (dalam Russell, 2008) menjelaskan, agresivitas memberikan stimulus aversif dari satu orang ke yang lainnya, dengan maksud melukai dan berekspektasi setelah melukai membuat orang lain termotivasi untuk lolos atau menghindari stimulus. Selanjutnya Anderson & Bushman (dalam Russell, 2008) menyimpulkan bahwa agresivitas yaitu perilaku diarahkan pada orang lain yang dilakukan saat itu dengan maksud untuk melukai. Sebagai tambahan pelaku mempercayai kalau perilakunya akan melukai target dan si target menjadi termotivasi untuk menghindari perilaku tersebut.

Mekanisme lain dari perilaku agresi adalah adanya proses imitasi. Menurut Bandura, orang cenderung meniru yang diamati, stimuli, menjadi teladan bagiperilakuanya bila seseorang melihat adegan agresivitas dalam televisi, maka orang tersebut akan melakukan tindakan agresi, dengan kata lain akan mendorong orang untuk berperilaku agresi pula.

Agresi secara tipikal didefinisikan oleh para psikologi sebagai setiap bentuk perilaku yang dimasudkan untuk menyakiti atau merugikan seseorang yang bertentangan dengan kemauan orang itu. Ini berarti bahwa menyakiti orang lain secara sengaja bukanlah agresi. Jika pihak yang dirugikanmenghendaki hal itu terjadi dan tindakan itu memang dikehendaki, agresi melibatkan setiap bentuk penyiksaan, termasuk penyiksaan psikologis atau emosional seperti mempermalukan, menakut-nakuti atau mengancam seseorang adalah tindakan agresi.

Dapat disimpulkan pengertian agresivitas bahwa perilaku agresi adalah bentuk tingkah laku kekerasan yang bertujuan merusak, melukai, mencelakakan orang lain baik secara fisik atau verbal ataupun merusak benda yang ada disekitarnya. Semisalnya dengan menendang segala apa yang ada di hadapanya, perilaku agresif ini lebih dominan pada ranah emosi yang diluapkan dengan cara yang negatif.

Agresivitas merupakan sebuah perilaku yang perlu diidentifikasi sejak awal, untuk memahami perilaku diri sendiri ataupun orang lain. Untuk mengukur tingkat agresivitas dapat dilakukan dengan pengukuran psikologi (menggunakan alat tes psikologi), kini telah hadir psikotes online yang dapat anda ikuti di NS Development.