logo PT Nirmala Satya Development
Mindfulness

Mindfulness adalah adalah meditasi pikiran yang berkaitan dengan kemampuan untuk melihat hubungan antara pikiran, perasaan, dan aktivitas serta memahami sepenuhnya makna dan penyebab dari pengalaman dan tindakan.

Apakah kamu pernah merasa bahwa apa yang kamu miliki dan ada yang disekitar kamu tidak mendukung kamu untuk berkembang? Bahkan kamu tidak bisa menerima segala kekurangannya yang kamu miliki. Yang pada akhirnya berujung pada ketidakpuasaan terhadap diri sendiri dan menganggu psikologis kamu. Jadia bagaimana sih langkah awal untuk mencintai dan menerima diri sendiri seutuhnya tanpa menghakimi apa yang terjadi saat ini?mari berkenalan dengan istilah Mindfulness. Kamu pernah mendengar kata mindfulness? Atau baru kali ini mendengar kata mindfulness?  Jika belum mari kita lihat apa defenisi dari mindfulness.

Definisi Mindfulness menurut para Ahli

Dalam pandangan Ellen J. Langer, mindfulness adalah kondisi pikiran yang fleksibel yang secara aktif terlibat dengan masa kini, sadar akan hal-hal baru, dan peka terhadap lingkungannya. Dengan kata lain, mindfulness adalah kemampuan untuk berpikir positif dan penuh perhatian tentang hal-hal baru.

Lau & McMain berpandangan bahwa mindfulness adalah meditasi pikiran yang berkaitan dengan kemampuan untuk melihat hubungan antara pikiran, perasaan, dan aktivitas serta memahami sepenuhnya makna dan penyebab dari pengalaman dan tindakan. Pengalaman keterbukaan dan penerimaan memungkinkan pandangan yang lebih luas tentang pikiran dan perasaan, meningkatkan kesadaran akan pikiran negatif sebagai peristiwa mental yang muncul dalam arus kesadaran dan mengurangi risiko depresi.

Brown dkk. menekankan bahwa mindfulness didasarkan pada kesadaran yang tinggi akan pemantauan terus menerus terhadap kondisi diri dan lingkungan eksternal, dan perhatian terfokus yang mengarah pada persepsi yang lebih terbuka terhadap pengalaman.

Menurut Carlos Flavian dan Miguel Guinaliu, mindfulness adalah karakteristik penting yang terkait dengan kesadaran dalam teknologi, dan keterbukaan untuk bertindak. Yang lain berpendapat bahwa mindfulness adalah tingkat perhatian yang berguna untuk pengambilan keputusan.

Menurut pendapat Kabat Zinn, mindfulness adalah keterampilan yang dapat membantu individu untuk secara sadar menyadari pengalaman mereka saat ini tanpa menghakimi, agar dapat merespons secara reseptif daripada bereaksi terhadap pengalaman sehari-hari. Ketika seseorang sadar, perhatiannya tidak lagi terfokus pada masa lalu atau masa depan, dan ia tidak menghakimi atau menolak apa yang terjadi di masa sekarang.

Mindfulness adalah tentang melepaskan ide-ide yang terbentuk sebelumnya tentang diri sendiri, orang lain, dan realitas itu sendiri, dan latihan memungkinkan kita untuk melihat segala sesuatu sebagaimana adanya dan menjadi sadar akan prasangka-prasangka kita sendiri tanpa perlu mengambil tindakan dalam setiap kasus.

Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa mindfulness adalah kemampuan atau sifat untuk dapat memusatkan pikiran pada lingkungan sekitar sambil menerima, tanpa menghakimi, situasi yang ada, sehingga seseorang dapat dengan jujur menerima pengalaman dan kejadian tertentu.

Tujuan Melakukan Minfulness

Tujuan utama dari melakukan mindfulness adalah untuk mengembangkan kesadaran atau keterampilan sadar pada pengalaman saat ini, termasuk pikiran, emosi, dan sensasi tubuh. Dengan melakukan mindfulness, seseorang dapat belajar untuk mengalihkan perhatian dari pikiran dan emosi yang mengganggu dan membiarkan mereka melintas tanpa terlalu terpengaruh olehnya. Selain itu tujuan mindfulness yaitu untuk mencapai kesadaran penuh pada diri sendiri. Dengan memulai niat dalam hati supaya tersadar, merasakan sensasi yang mengalir secara alami dan diharapkan menjadi fokus dan tenang ketika menghadapi sesuatu yang tidak terduga. Secara keseluruhan, tujuan utama dari mindfulness adalah untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang dengan mengembangkan kesadaran dan kehadiran saat ini serta mengurangi stres dan ketegangan yang mungkin dirasakan. Dengan demikian mindfulnes memiliki beragam tujuan yang bisa memberikan dampak yang positif bagi individu.

Untuk mencapai “mindfulness” tentunya memiliki serangkaian tahapan agar bisa memiliki kesadaran untuk menerima segala keadaan yang terjadi tanpa terdistraksi dengan ketegangan yang ada dengan cara memandang hal-hal disekitar secara positif. Dengan memiliki kemampuan ini individu dapat terhindar dari gangguan psikologis yang ada. Salah satu alat yang bisa mengetahui kondisi psikologis seseorang adalah tes MMPI Online. dengan mengetahui kondisi psikologis seseorang tentunya dapat mengetahui gangguan yang terjadi sehingga para psikolog atau psikiater dapat memberikan saran terapi salah satunya terapi mindfulness.