logo PT Nirmala Satya Development
 Self Acceptance

Memiliki self acceptance yang baik merupakan gerbang awal untuk menuju keberfungsian psikologis yang baik. Seseorang yang bisa menerima dirinya maka ia akan bisa merubah keadaaan hidupnya.

Ketika kamu sudah mulai berdamai dengan diri sendiri dan menerima diri baik luar maupun dalam, maka disitulah awal dari perubahan diri kamu secara positif. Jadi apa sih dampak positif yang kamu dapat ketika kamu mulai menerima diri kamu seutuhnya?. Pada artikel kali ini kita akan membahas dampak positif dari self acceptance.

1. Mulai percaya diri

Menerima diri sendiri dan kekuatan serta kelemahan Anda dapat meningkatkan rasa percaya diri. Hasilnya, mereka dapat merasa lebih percaya diri dan tidak terjebak oleh perasaan rendah diri atau takut bahwa mereka jelek. Orang dengan self acceptance yang baik juga cenderung lebih berdaya ketika menghadapi tantangan hidup. Mereka merasa lebih mudah untuk mengambil risiko dan menerima kritik dan kegagalan tanpa merusak harga diri mereka.

Selain itu, self acceptance juga dapat membantu memperkuat pikiran positif dan mengurangi pikiran negatif tentang diri Anda. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi perasaan cemas atau tidak aman dalam situasi sosial atau pekerjaan. Dengan demikian, self acceptance dapat membantu seseorang merasa lebih percaya diri dalam berbagai situasi kehidupan. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan dan membantu seseorang untuk merasa lebih puas dengan diri mereka sendiri.

2. Meningkatkan hubungan positif

Self acceptance dapat meningkatkan kualitas hubungan sosial. Ketika seseorang menerima diri mereka sendiri, termasuk segala kelebihan dan kekurangannya, mereka cenderung dapat menerima segala kelebihan dan kekurangan orang lain. Hasilnya, mereka cenderung tidak membandingkan diri mereka dengan orang lain atau merasa tidak nyaman, yang mengarah pada hubungan yang lebih positif dan lebih dalam. Orang yang menerima diri mereka sendiri juga lebih mudah menampilkan diri mereka apa adanya di depan umum. Hasilnya, mereka tidak perlu menyembunyikan apa yang mereka anggap sebagai aspek negatif atau tidak diinginkan dari diri mereka sendiri, dan mereka dapat membangun hubungan yang lebih saling percaya dan jujur.

3. Lebih bahagia

Self acceptance dapat membantu seseorang merasa lebih puas dengan dirinya sendiri. Ketika seseorang menerima dirinya dengan segala kelebihan dan kekurangannya, ia akan merasa lebih puas dan damai dengan dirinya sendiri. Hal ini dapat mengurangi jumlah stres dan kecemasan yang dirasakan seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, self acceptance dapat membantu seseorang untuk menghargai dan menikmati hidup mereka karena mereka tidak lagi terjebak dalam perasaan tidak puas atau tidak bahagia dengan diri mereka sendiri. Seseorang yang menerima diri sendiri lebih mampu menikmati momen-momen kecil dalam hidupnya dan mensyukuri apa yang dimilikinya.

4. Mampu mengembangkan diri secara positif

Self acceptance dapat membantu seseorang untuk berkembang secara positif. Ketika seseorang menerima dirinya dengan segala kelebihan dan kekurangannya, maka akan lebih mudah baginya untuk mengenali kelebihan dan kekurangannya serta menemukan potensi dirinya yang belum tergali. Melalui self acceptance, seseorang dapat mengalihkan perhatiannya pada pengembangan diri yang benar-benar berdampak positif bagi kehidupannya, seperti mempelajari keterampilan baru, meningkatkan harga diri, dan mengembangkan kreativitas. Hal ini dapat membantu seseorang mencapai tujuan hidupnya dan meningkatkan kualitas hidupnya secara keseluruhan. Selain itu, self acceptance juga dapat membantu seseorang merasa lebih terbuka untuk belajar dan berubah. Ketika seseorang menerima dirinya sendiri, ia cenderung lebih terbuka terhadap ide-ide atau sikap baru yang dapat membantunya berkembang. Hal ini dapat memperluas wawasan dan pengetahuan seseorang serta membantunya tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Meningkatkan produktivitas diri

Self acceptance dapat membantu meningkatkan kinerja. Ketika orang menerima diri mereka sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangannya, mereka akan lebih mampu mengenali dan menggunakan kelebihan dan kekurangan mereka di tempat kerja. Self acceptance di tempat kerja dapat membantu orang merasa lebih percaya diri ketika membuat keputusan, mengekspresikan ide dan berkomunikasi dengan rekan kerja dan manajer. Self acceptance juga dapat membantu orang untuk menerima dan belajar dari kritik yang membangun serta menggunakan pengalaman dan wawasan ini untuk berkembang dan meningkatkan diri di tempat kerja. Seseorang dengan tingkat self acceptance yang tinggi biasanya lebih mampu mengatasi stres dan tekanan di lingkungan kerja dan mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Hal ini dapat membantu meningkatkan kinerja di tempat kerja dan membuat seseorang lebih puas dan lebih bahagia dalam kariernya.

Ingin mengukur kualitas dan kondisi psikologis anda? Anda dapat mengikuti tes kepribadian online di NS Development.