logo PT Nirmala Satya Development
Dukungan Sosial

dukungan sosial merupakan instrumen penting bagi individu untuk bangkit dari masalah yang mereka hadapi sehingga mereka lebih memiliki kekuatan untuk dapat mengatasinya.

Ketika kamu dalam kedaaan terpuruk dan memiliki banyak masalah apakah ada yang mendengarkan curhat mu? Atau memberikan sebuah penyemangat agar meringankan beban yang ada pada dirimu. Hal tersebut dikenal dengan dukungan sosial. Dukungan sosial merujuk pada bantuan, saran, dan dukungan emosional yang diberikan oleh individu atau kelompok untuk membantu orang lain mengatasi masalah, stres, atau situasi sulit. Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam pengertian dukugan sosial menurut para ahli.

Pengertian Dukungan Sosial Menurut Ahli

Gottlieb mendefinisikan dukungan sosial sebagai suatu bentuk keberadaan atau sesuatu yang memberikan informasi verbal atau non-verbal, nasihat, bantuan praktis, keuntungan perilaku atau emosional, yang diberikan oleh seseorang yang dikenal oleh penerima dalam suatu lingkungan sosial, atau yang mempengaruhi perilaku penerima.

Sarafino mengatakan bahwa dukungan sosial adalah kesenangan, penghargaan dan bantuan yang diterima individu dari orang lain, di mana orang lain dapat diartikan sebagai individu atau kelompok. Hal ini menunjukkan bahwa apakah sesuatu dalam lingkungan dapat menjadi dukungan sosial ditentukan oleh sejauh mana individu merasakannya sebagai dukungan sosial.

Cohen & Syme Dukungan sosial adalah sumber daya yang diberikan oleh orang lain kepada individu yang dapat berdampak pada kesehatan mental individu yang terlibat.

Menurut Taylor dukungan sosial mengacu pada informasi dan umpan balik dari orang lain yang menunjukkan bahwa orang tersebut dicintai, diperhatikan, dihargai, dihormati, dan terlibat dalam jaringan komunikasi timbal balik dan kewajiban.

Menurut Wills dukungan sosial mengarah pada kenyamanan, kepedulian, penghormatan, dan pertolongan seseorang dari orang atau kelompok lain.

Menurut Uchino dukungan sosial adalah apa yang diterima oleh individu dari orang lain atau kelompok dalam bentuk kenyamanan, kepedulian, penghargaan, dan bantuan lainnya, yang membuat individu tersebut merasa dicintai, diperhatikan, dan didukung. Dukungan sosial membuat individu merasa dicintai, dihargai, dan menjadi bagian dari suatu kelompok.

Myers juga berpendapat bahwa dukungan sosial adalah kepedulian dan perhatian timbal balik antar sesama dan dukungan sosial ini dapat memberikan energi positif bagi seseorang.

Smet berpendapat bahwa dukungan sosial merupakan fungsi dari ikatan sosial dan ikatan sosial ini menentukan kualitas hubungan interpersonal secara keseluruhan.

Saroson berpendapat bahwa dukungan sosial adalah adanya hubungan interpersonal yang terwujud dalam bantuan antara individu yang berbeda, dan bantuan tersebut biasanya diterima dari orang-orang yang penting bagi individu yang bersangkutan.

Tumanggor et al. Dukungan sosial mengacu pada informasi verbal atau non-verbal, nasihat, dukungan konkret, perilaku, atau kehadiran atau hal-hal yang diberikan oleh orang-orang yang mengenal target dengan baik dalam suatu lingkungan sosial yang dapat memberikan manfaat emosional atau memengaruhi perilaku penerima.

Riset Tentang Dukungan Sosial

Terdapat berbagai jenis penelitian yang telah dilakukan oleh para akademisi mengenai dukungan sosial berikut penjelasaanya:

  1. Pengaruh dukungan sosial terhadap kesehatan mental: studi longitudinal terhadap mahasiswa (Kong & You, 2013). Penelitian ini menyelidiki dampak dukungan sosial terhadap kesehatan mental mahasiswa dalam jangka waktu yang lama. Studi ini menemukan bahwa semakin kuat dukungan sosial, semakin membantu mengurangi stres dan gejala psikologis yang terkait dengan kesehatan mental.
  2. Dukungan sosial dan kanker: sebuah meta-analisis (Holt-Lunstad, Smith, & Layton, 2010). Penelitian ini melakukan meta-analisis terhadap beberapa penelitian tentang dampak dukungan sosial pada pasien kanker. Ditemukan bahwa dukungan sosial secara signifikan berhubungan dengan kesehatan fisik dan mental pasien kanker, termasuk peningkatan kualitas hidup dan kelangsungan hidup.
  3. Peran dukungan sosial dalam perkembangan pascatrauma para penyintas kekerasan seksual (Kim & Lee, 2019).  Penelitian ini mengeksplorasi peran dukungan sosial dalam perkembangan pascatrauma para penyintas kekerasan dalam rumah tangga. Penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan sosial yang positif dan efektif dapat membantu korban mengalami pertumbuhan pascatrauma, menjadi lebih kuat, dan lebih baik dalam menghadapi masa depan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial merupakan instrumen penting bagi individu untuk bangkit dari masalah yang mereka hadapi sehingga mereka lebih memiliki kekuatan untuk dapat mengatasinya.

Untuk mengetahui kondisi psikologis yang kamu alami, kamu dapat melakukan Tes Psikologi Online yang disediakan oleh NS Development.