logo PT Nirmala Satya Development
Pengertian Gangguan Kepribadian

Gangguan kepribadian adalah gangguan yang sangat heterogen, diberi kode pada aksis II dalam DSM-IV dan dianggap sebagai pola perilaku dan pengalaman internal yang bertahan lama, pervasif, dan tidak Feksibel yang menyimpang dari ekspektasi budaya orang yang bersangkutan dan menyebabkan hendaya dalam keberfungsian sosial dan pekerjaan

Istilah kepribadian sering disamakan atau digunakan secara bergantian dengan istilah watak atau karakter dan temperamen, padahal masing-masing berbeda. Watak adalah aspek sosial dari kepribadian manusia, sedangkan temperamen adalah aspek badaniah dari kepribadian. Masing-masing hanyalah salah satu aspek kepribadian, disamping aspek-aspek yang lain vitalitas, hasrat, perasaan, kehendak bakat, dan intelegensi. Pada umumnya seseorang terganggu kepribadiannya apabila pribadi tersebut melebihi kapasitasnya sehingga dapat merugikan diri dan lingkungannya.

Gangguan kepribadian itu sendiri berbeda dengan gangguan-gangguan mental lain karena gangguan-gangguan ini disebabkan oleh kekurangan pada struktur kepribadian dan bukan pada fungsinya. Pada umumnya cacat struktural sehingga tingkah laku tidak mampu menyesuaikan dirinya dalam kurun waktu yang cukup lama dengan cirinya seperti dengan memperlihatkan gangguan-gangguan serta tingkah laku seperti pada pengalaman-pengalaman kecemasan subyektif (simtom-simtom mental dan emosional). Zakiyah (1988) menyebutkan gangguan-gangguan kepribadian dengan sebutan gangguan-gangguan kejiwaan atau abnormal dengan dua bagian yaitu gangguan-gangguan jiwa (neurose) dan sakit jiwa (psychose).

Berikut akan dijelaskan pengertian gangguan kepribadian agar lebih memahami dan dapat membedakannya dengan gangguan psikologis lainnya.

Pengertian Gangguan Kepribadian

Kepribadian merupakan pola pikiran keseluruhan, perilaku dan perasaan yang sering digunakan oleh seseorang sebagai usaha adaptasi terus menerus dalam hidupnya. Kegagalan dalam adaptasi akan menyebabkan gangguan kepribadian. Gangguan Kepribadian adalah ciri kepribadian yang kaku dan “mengalahkan diri sendiri”, sehingga mempengaruhi fungsi-fungsi kepribadian dan bahkan menyebabkan gejala psikologis, menyebabkan penderitaan pada pasien atau orang lain atau keduanya dan menimbulkan maladaptasi sosial (teman, keluarga, pekerjaan).

Gangguan kepribadian menurut Kaplan danSaddock adalah suatu varian dari sifat karakter tersebut yan gdiluar rentang yang ditemukan pada sebagian besar orang. Hanya jika sifat kepribadian tidak Fleksibel dan maladaptif dan dapat menyebabkan gangguan fungsional yang bermakna atau penderitaan subyektif maka dimasukkan sebagai kelas gangguan kepribadian.

Gangguan kepribadian adalah gangguan yang sangat heterogen, diberi kode pada aksis II dalam DSM-IV dan dianggap sebagai pola perilaku dan pengalaman internal yang bertahan lama, pervasif, dan tidak Feksibel yang menyimpang dari ekspektasi budaya orang yang bersangkutan dan menyebabkan hendaya dalam keberfungsian sosial dan pekerjaan (Gerald, 2004).

Kepribadian adalah suasana tingkah laku psikopisisnya seseorang yang dinamis dan dibentuk oleh proses-proses perkembangan jiwanya, jasmaninya dan kehidupan sosialnya (Meichati, 1983). Gangguan kepribadian adalah suatu proses perkembangan yang timbul pada masa kanak-kanak, masa remaja, dan berlanjut pada masa dewasa (Baihaki, 2007). Keadaan ini merupakan pola perilaku yang tertanam dalam dan berlangsung lama, muncul sebagai respon yang kaku terhadap rentangan situasi pribadi dan sosial yang luas.

Sedangkan gangguan-gangguan pola kepribadian adalah gangguan-gangguan berat yang memberikan sedikit kemampuan kepada individu untuk menangani situasi-situasi yang menekan (Yustinus, 2006). Adapun tipe-tipe kepribadian yang terpenting adalah gangguan-gangguan kepribadian paranoid, skizoid, skizoitipal, dan gangguan-gangguan kepribadian perbatasan.

Itulah penggertiaan gangguan kepribadian yang dikemukakan oleh para ahli. Ganggguan kepribadian adalah gangguan yang terjadi karena masalah struktur kepribadian yang bermasalah bukan pada fungsi keperibadian tersebut.

Jika anda berminat mengetahui kepribadianmu lebih dalam, atau ingin mengetahui gangguan kepribadian yang sedang kamu alami, Tes MMPI adalah rekomendasi tes yang valid dan terpercaya saat ini. Tes Gangguan kepribadian yang terbaik saat ini adalah tes MMPI. Registrasi Tes MMPI Online.

 

Referensi:

Siti Meichati. 1983. Kesehatan Mental, diedit Bimo Walgito, cet. Ke-1. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Psikologi Universitas Gajah Mada.

Zakiah, Deradjat. 1988. Kesehatan Mental, cet. Ke-13. Jakarta: CV Haji Masagung.

Mif Baihaki et.all., 2007. Psikiatri: Konsep Dasar dan Gangguan, cet. ke-1. Bandung: PT Refika Aditama.

Semiun, Yustinus, (2006), Kesehatan Mental 3, Yogyakarta: Penerbit Kanisius