logo PT Nirmala Satya Development
Gaya Belajar

Gaya belajar kinestetik merupakan aktivitas belajar dengan cara bergerak, bekerja dan menyentuh. Pembelajar tipe ini mempunyai keunikan dalam belajar selalu bergerak, aktivitas panca indera, dan menyentuh.

Gaya belajar kinestetik lebih adalah gaya belajar yang lebih banyak menggunakan Gerakan (motorik) dalam gaya belajarnya.  Gaya belajar kinestetik merupakan aktivitas belajar dengan cara bergerak, bekerja dan menyentuh. Pembelajar tipe ini mempunyai keunikan dalam belajar selalu bergerak, aktivitas panca indera, dan menyentuh. Gaya belajar kinestetik mengaruskan individu yang bersangkutan menyentuh sesuatu yang memberikan informasi tertentu agar bisa membuatnya giat. Gaya belajar ini, tidak menapikan gaya belajar lainnnya (gaya belajar visual atau gaya belajar auditori), hanya saja yang terlihat dominan adalah gaya belajar kinestetiknya. Berikut penjelasan pengertian gaya belajar kinestetik menurut pada ahli.

Pengertian Gaya Belajar Menurut para Ahli

Menurut Gunawan gaya belajar kinestetik adalah gaya belajar peseta didik yang melalui gerakan. Peserta didik bergerak untuk bisa memasukkan informasi ke dalam otak pada diri peserta didik. Peserta didik yang belajar dengan gaya belajar kinestetik sangat suka belajar dengan menyentuh atau memanipulasi objek atau peralatan.

Menurut Gordon gaya belajar kinestetik adalah belajar yang melalui aktivitas fisik dan keterlibatan langsung. Proses belajar yang tidak bisa bediam diri karena ingin melibatkan fisiknya untuk terlibat langsung. Peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik selalu ingin memperagakan secara langsung tanpa membaca intruksi yang disediakan. Peserta didik suka “menangani”, bergerak, menyentuh dan merasakan atau mengalami sendiri.

Sedangkan menurut DePorter & Hernacki gaya belajar kinestetik merupakan aktivitas belajar dengan cara bergerak dengan menggunakan fisik. Pembelajar tipe ini mempunyai keunikan dalam belajar selalu bergerak, aktivitas panca indera, dan menyentuh. Pembelajar ini sulit untuk duduk diam berjam-jam karena keinginan mereka untuk beraktifitas dan eksplorasi sangatlah kuat.

Peserta didik yang termasuk belajar dengan gaya belajar kinestetik senang dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan tubuh seperti merangkak, berjalan, menggunakan Gerakan tangan dan kemampuan berjalan lebih cepat. Pembelajar ini sulit untuk duduk diam berjam-jam karena keinginan mereka untuk beraktifitas dan eksplorasi sangatlah kuat.

Analisis gaya belajar dengan tes gaya belajar (Tes VAK = Visual, Auditori, Kinestetik). Tes VAK akan menganalisis sikap dan gaya belajar. Tes ini dapat diakses secara gratis di NS Development.

Untuk identifikasi gaya belajar, tes minat dan bakat, secara lebih detail dan dibantu oleh psikolog yang berpengalaman, anda dapat mengikutinya di NS Development dengan registrasi Tes Minat Bakat.

 

Referensi

Bobbi DePorter & Mike Hernacki. 2009. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa

Adi W Gunawan. 2004. Born to Be a Genius, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Gordon Dryden & Jeannette Vos. 2002. Revolusi Cara Belajar Bagian II. Bandung: Kaifa