logo PT Nirmala Satya Development
Tes Gaya Belajar

Gaya belajar merupakan pola perilaku yang spesifik pada individu dalam proses menerima informasi baru dan mengembangkan ketrampilan baru. Serta proses menyimpan informasi baru tersebut selama proses belajar berlangsung

Tes Gaya belajar adalah cara seseorang merasa mudah, nyaman, dan aman saat belajar, baik dari sisi waktu maupun secara indra. Gaya belajar adalah gaya yang dipilih seseorang untuk mendapatkan informasi atau pengetahuan dalam suatu proses pembelajaran. Seseorang akan merasa sulit memproses informasi dengan cara yang tidak nyaman karena setiap orang mempunyai kebutuhan belajar sendiri. Sedangkan kebutuhan belajar setiap orang selalu berbeda dan cara belajar serta memproses informasi pun juga berbeda.

Gaya belajar adalah cara manusia mulai berkonsentrasi, menyerap, memproses dan menampung informasi yang baru dan sulit. Misalnya belajar di malam hari lebih mudah disbanding siang karena keadaan lebih sunyi. Ada juga yang lebih nyaman belajar jika sembari makan camilan, tiduran, menonton televisi, mendengarkan musik, atau justru memilih tempat yang sepi dan sebagainya (Dr. Rita dan Dr. Kenneth Dunn).

Gaya belajar merupakan pola perilaku yang spesifik pada individu dalam proses menerima informasi baru dan mengembangkan ketrampilan baru. Serta proses menyimpan informasi baru tersebut selama proses belajar berlangsung. Hal tersebut menjelaskan bahwa siswa memiliki kebutuhan belajar sendiri, belajar dengan caranya sendiri yang berbeda dengan satu sama lain dan memproses dengan cara yang berbeda pula. Oleh sebab itu guru hendaknya memperhatikan kebutuhan khusus siswa dalam belajar agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik (Sarasin, 2013).

Lalu, bagaimana cara mengetahui gaya belajar. Berikut akan dijelaskan cara mengetes gaya belajar yang cocok untuk kamu praktikkan dalam menerima informasi/belajar sehari-hari

Tes Gaya Belajar dengan Metode Tes VAK

Tes gaya belajar dengan menggunakan metode tes VAK (Tes Visual, Auditori dan Kinestetik) adalah tes gaya belajar mengambil pendekatan belajar kognitif modern yang menyatakan belajar yang paling baik adalah melibatkan emosi, seluruh tubuh, semua indera, dan segenap kedalaman serta keluasan pribadi, menghormati gaya belajar individu lain dengan menyadari bahwa orang belajar dengan cara-cara yang berbeda. Mengkaitkan sesuatu dengan hakikat realitas yang nonlinear, nonmekanis, kreatif dan hidup.

Sesuai dengan singkatan dari VAK sendiri yaitu Visual Auditori, Kinesthetic, maka karakteristiknya ada tiga bagian yaitu sebagai berikut:

1. Visual

Belajar dengan mengamati dan menggambarkan. Dalam otak kita terdapat lebih banyak perangkat untuk memproses informasi visual daripada semua indera yang lain. Setiap siswa yang menggunakan visualnya lebih mudah belajar jika dapat melihat apa yang sedang dibicarakan seorang penceramah atau sebuah buku atau program computer. Secara khususnya pembelajar visual yang baik jika mereka dapat melihat contoh dari dunia nyata, diagram, peta gagasan, ikon dan sebagainya ketika belajar.

2. Auditori

Belajar dengan berbicara dan mendengar. Pikiran kita lebih kuat daripada yang kita sadari, telinga kita terus menerus menangkap dan menyimpan informasi bahkan tanpa kita sadari. Ketika kita membuat suara sendiri dengan berbicara beberapa area penting di otak kita menjadi aktif. Hal ini dapat diartikan dalam pembelajaran siswa hendaknya mengajak siswa membicarakan apa yang sedang mereka pelajari, menerjemahkan pengalaman siswa dengan suara. Mengajak mereka berbicara saat memecahkan masalah, membuat model, mengumpulkan informasi, membuat rencana kerja, menguasai keterampilan, membuat tinjauan pengalaman belajar, atau menciptakan makna-makna pribadi bagi diri mereka sendiri.

3. Kinestetik

Jika dikaitkan dengan belajar maka dapat diartikan belajar dengan bergerak dan berbuat. Sehingga pembelajaran kinestetik adalah pembelajaran yang memanfaatkan dan melibatkan tubuh (indera peraba, kinestetik, melibatkan fisik dan menggerakkan tubuh sewaktu kegiatan pembelajaran berlangsung).

Akses Gratis Tes Gaya Belajar

Bagi ingin mengetahui gaya belajar, saat ini NS Development menyediakan aplikasi tes gaya belajar (Tes VAK) secara gratis kepada siapa saja yang ingin mengetahui gaya belajarnya. Tes Gaya belajar VAK dapat diakses oleh siswa, mahasiswa, guru, dosen, peneliti dan masyarakat umum secara gratis. Akses gratis Tes Gaya Belajar.

Untuk identifikasi gaya belajar, tes minat dan bakat, secara lebih detail dan dibantu oleh psikolog yang berpengalaman, anda dapat mengikuti psikotes online di di NS Development dengan registrasi Tes Minat Bakat.

 

Referensi

Muhammad Irham dan Novan Ardy Wiyani. 2013. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Nini Subini. 2011. Rahasia Gaya Belajar Orang Besar. Jogjakarta: Javalitera