logo PT Nirmala Satya Development
tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah

Tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah solusi tepat bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan perguruan tinggi.

Tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah merupakan solusi tepat bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi. Melalui tes psikologi, Anda tidak perlu pusing-pusing lagi memilih jurusan.

Menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat bakat merupakan hal penting. Pasalnya, saat ini Anda tidak bisa hanya sekedar memilih jurusan kuliah yang sedikit peminatnya supaya bisa diterima.

Atau, mencari jurusan kuliah yang populer, supaya mudah mendapatkan pekerjaan ketika lulus nanti. Hal terpenting dalam menentukan jurusan kuliah adalah bisa membantu Anda dalam berkarir, mengembangkan potensi, hingga merencanakan masa depan.

Jenis Tes Psikologi Untuk Menentukan Jurusan Kuliah

Berbicara mengenai minat dan bakat seseorang, tidak semua orang bisa mengetahuinya dengan baik. Itulah mengapa pentingnya mengikuti tes psikologi supaya bisa mengenali bakat dan minat diri sendiri.

Dengan begitu, Anda tidak akan salah dalam memilih jurusan kuliah. Saat ini, sudah banyak jenis tes psikologis yang bisa Anda gunakan. Berikut ini pemaparan selengkapnya.

1. Tes Kemampuan Verbal

Tes psikologi yang bisa Anda ikuti yakni tes kemampuan verbal. Verbal Reasoning atau tes kemampuan verbal ini merupakan tes psikologis yang dapat mengukur kemampuan berpikir seseorang hingga memecahkan masalah.

Penyajian tes ini biasanya berbentuk kata-kata. Tujuannya, membantu memprediksikan kemampuan Anda, baik itu dalam bidang pendidikan atau akademik.

Ada dua jenis skor yang dijadikan tolak ukur. Bila skor di atas rata-rata, itu artinya Anda memiliki peluang lebih besar untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Namun, bila skor di bawah rata-rata, rencanakan pendidikan dengan mengambil jurusan yang tidak banyak menggunakan kemampuan verbal.

2. Tes Berhitung

Tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah selanjutnya yakni tes kemampuan verbal. Numerical ability atau tes berhitung merupakan tes yang berfungsi untuk mengukur cara dan kemampuan berpikir seseorang melalui angka.

Dengan tes ini, Anda bisa menentukan pendidikan maupun pekerjaan secara mudah. Selain itu, tes ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menentukan jurusan kuliah dalam bidang matematika, fisika, kimia, teknik, hingga ilmu sosial.

Saat mengikuti tes ini, Anda akan mendapatkan 40 soal yang disajikan secara individual atau klasikal. Anda dituntut untuk menyelesaikan semua soal dengan cepat, karena hanya diberi waktu pengerjaan kurang lebih 30 menit.

3. Flanagan Aptitude Classification Tes/FACT

FACT merupakan akronim dari Flanagan Aptitude Classification Tes. Rekomendasi tes ini berfungsi untuk menentukan pilihan pendidikan ataupun pekerjaan seseorang.

Bagi Anda yang ingin masuk ke perguruan tinggi, bisa menggunakan tes ini untuk menentukan jurusan. Biasanya, tes ini dilakukan untuk siswa SMP kelas 8 dan SMA kelas 10.

Tes ini cukup simpel. Caranya yakni dengan membandingkan hasil data prestasi para siswa yang dilihat dari beberapa bidang studi. Hal ini bisa melihat kemampuan siswa dalam bidang tertentu.

Selain itu, tes ini terdiri dari beberapa aspek seperti Memory, Coding, Patterns, Mechanics, Tables, Components, Scales, hingga Inspection.

Hal Penting yang Wajib diPerhatikan

Dalam mengikuti tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah tidak boleh asal-asalan. Artinya, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan.

Pertama, pastikan jenis atau alat yang digunakan saat tes psikologi sesuai dengan kebutuhan Anda. Tujuannya, supaya bisa memaksimalkan hasil yang didapat.

Selain itu, ada baiknya jika melakukan tes psikologi dengan ahlinya. Hal ini bertujuan supaya hasil tes sesuai dengan potensi dan minat bakat dalam diri Anda.

Penggunaan alat tes yang tepat dan mempercayakannya kepada ahlinya, tidak hanya memudahkan Anda untuk menentukan jurusan kuliah. Namun, juga bisa meminimalisir terjadinya kesalahan.

Seperti yang Anda tahu, ahli psikologi yang ada di Indonesia, disebut sebagai psikolog. Anda bisa datang ke psikolog yang bersertifikasi untuk melakukan tes psikologi. Selain datang langsung ke psikolog, Anda juga bisa menggunakan aplikasi tes psikologi terpercaya, salah satunya yakni NS Development.

NS Development merupakan aplikasi tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah yang bisa Anda gunakan. Ada banyak jenis tes psikologis yang bisa Anda coba selain yang direkomendasikan. Seperti Tes Bakat Diferensial, Flanagan Aptitude Classification Test, dan yang lainnya.