logo PT Nirmala Satya Development
 Tes Bakat Minat Jurusan Kuliah

Memilih jurusan kuliah memerlukan strategi yang pintar agar tidak menyesal seumur hidup

Tes minat bakat jurusan kuliah dilakukan oleh mereka yang ingin membekali dirinya dengan pendidikan berkualitas. Kedepannya, akan membantu mencapai karir yang mereka impikan.

Meski telah mengetahui bahwa ketepatan pemilihan jurusan kuliah akan mempengaruhi masa depan, tetapi masih saja 87% mahasiswa mengalami kasus yang sama, yakni telah salah memilih jurusan. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah memilih jurusan sesuai minat bakat melalui tes online minat bakat.

7 Tips Mengikuti Tes Bakat Minat Jurusan Kuliah yang Baik

Bakat dan minat seseorang merupakan faktor penunjang untuk menghadapi masa depan. Sayangnya, terkadang kita sendiri tidak memahami bakat serta minat yang ada dalam diri kita.

Oleh karena itu, perlu sarana untuk mengetahui bakat dan minat tersebut supaya kuliah bisa selesai tanpa bayang-bayang DO hanya karena salah pilih jurusan. Supaya niat dan tekad Anda semakin mantap mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah, perhatikan bagaimana serangkaian tips mengikuti tes peminatan jurusan kuliah tersebut berikut ini.

1. Usahakan Memiliki Perangkat yang Mendukung

Sebelum pelaksanaan tes, terlebih dahulu silakan lakukan pengecekan apakah perangkat yang nanti dipakai memiliki support dan spesifikasi yang mendukung. Hal ini demi kelancaran ketika mengerjakan soal sehingga tak menemui kendala apapun.

2. Kenali Sistem Tes yang Dipakai

Ada berbagai jenis tes minat bakat jurusan kuliah. Biasanya pihak perguruan tinggi akan menggunakan sistem yang hasilnya sesuai dengan spesifikasi dan karakter yang telah mereka tetapkan. Oleh karena itu, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu sistem tes yang nantinya dipakai.

3. Suasana Sekitar Mendukung

Selain perangkat dan sistem tes, hal tak kalah penting ketika mengerjakan tes adalah pastikan suasana sekitar mendukung. Minimalkan semua distorsi yang hanya akan mengganggu konsentrasi ketika sedang sibuk mengerjakan soal psikotes.

4. Baca Berulang Kali dan Pahami Soal dengan Baik

Setelah siap mengerjakan tes, luangkan waktu sejenak untuk memanjatkan doa. Tarik nafas panjang dan dalam supaya lebih rileks. Bila sudah, silakan baru membaca soal demi soal dengan cermat.

Sama seperti tes yang lain, ada beberapa soal yang muncul sebagai pengecoh. Bila tidak cermat, tentu saja Anda-lah yang akan dirugikan.

Sebaiknya, baca dan pahami apa yang hendak disampaikan soal demi soal. Bacalah secara perlahan supaya mendapat kejelasan apa yang dimaksud dalam soal jelas. Hindari terburu-buru membaca karena bisa salah menafsirkan soal.

5. Jujur Menjawab Soal

Jujur terhadap diri sendiri adalah hal yang sulit dilakukan, termasuk ketika menjawab soal-soal pada tes minat bakat jurusan kuliah. Meski opsi jawaban kurang menyenangkan, tetapi berusahalah untuk tetap jujur sesuai realita yang Anda jalani.

Hal ini agar nantinya akan membantu menemukan hasil psikotes peminatan bakat dan minat sesuai jurusan kuliah yang paling cocok. Janganlah memberi jawaban yang tidak sesuai dengan diri Anda karena hal tersebut bisa merugikan.

6. Berkonsentrasi

Anggap saja seperti mengikuti ujian sekolah pada umumnya, usahakan supaya konsentrasi tetap terjaga baik. Lupakan sejenak persoalan yang sedang Anda hadapi sehingga tetap fokus pada soal-soal yang tersaji dalam tes.

7. Kondisi Tubuh Fit dan Sehat

Sebelum mengerjakan tes, usahakan tetap menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat dan fit. Misalkan saja membiarkan perut dalam keadaan kosong sebelum mengerjakan soal tes memilih jurusan kuliah. Hal yang akan terjadi adalah perut akan keroncongan sehingga menjadi pusing dan tidak fokus.

Mengenal NS Development Sebagai Platform Tes Peminatan Jurusan Kuliah

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, maka Anda membutuhkan peran dari tes psikologi minat dan bakat. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang fleksibel sehingga dapat dikerjakan di mana saja dan kapan saja.

Daftarkan diri Anda dan lakukan tahap registrasi langsung di NS Development dengan mengklik tautan nsd.co.id untuk mengikuti Tes. Kunjungi alamat web resmi NS Development  untuk info lebih jelasnya.

Tes minat bakat jurusan kuliah NS Development dikerjakan dengan menggunakan laptop, komputer, tablet, ataupun mobile phone, serta dapat diakses dengan berbagai perangkat yang Anda pakai, yakni browser maupun aplikasi Android. Menariknya, hasil tes di NS Development ini diperiksa langsung oleh psikolog-psikolog berpengalaman di bidangnya.