logo PT Nirmala Satya Development
Tes Bakat Minat Jurusan Kuliah

Mengikuti Tes Bakat Minat Jurusan Kuliah harus menjadi perhatian utama, agar rekomendasi yang diberikan juga terpercaya

Tes minat bakat jurusan kuliah dilakukan untuk mengetahui beberapa aspek yang dimiliki oleh seorang mahasiswa. Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui karakteristik dan watak para calon mahasiswa, dimana penilaiannya meliputi personality, intelegensi, attitude, dan interest.

7 Tips Mencari Vendor Tes Bakat Minat Jurusan Kuliah yang Baik

Meski ada banyak, tak boleh sembarangan menentukan jasa vendor psikotes. Bila ingin hasil maksimal sesuai keinginan, maka wajib simak beberapa indikator memilih jasa psikotes berikut ini.

1. Cek Kredibilitas

Hampir 61% perguruan tinggi di Indonesia menanyakan kembali kepada calon mahasiswa perihal jurusan yang dipilih oleh mereka. Dalam proses rekrutmen mahasiswa, pihak perguruan tinggi tak segan-segan mengeluarkan anggaran besar demi menangani proses seleksi mahasiswa terbarunya.

Oleh karena itu, tidak boleh asal-asalan mempercayakan proses seleksi pada perusahaan vendor psikotes. Paling utama  adalah cek terlebih dahulu kredibilitasnya. Cermati dan perhatikan ulasan para konsumen sebelumnya.

Cek juga daftar klien yang pernah menggunakan jasanya. Pilih vendor yang memiliki jam terbang tinggi. Perhatikan pula track record-nya.

2. Kenali Kebutuhan

Setiap perguruan tinggi tak sama kebutuhannya dalam menentukan kriteria dan persyaratan yang harus dimiliki oleh calon mahasiswa baru. Jasa vendor tes minat bakat jurusan kuliah yang baik tentu memiliki layanan lengkap sehingga klien bisa memilih sesuai kebutuhan.

Oleh karena itu, silakan berdiskusi terlebih dahulu segala kebutuhan Anda. Hal ini nantinya akan menjadi acuan pemilihan alat tes sehingga calon mahasiswa bisa menggunakannya jauh lebih cepat. Keuntungan lainnya adalah proses seleksi bisa berjalan tanpa kendala apapun.

3. Jaringan Luas

Vendor terpercaya memiliki banyak klien sehingga tidak perlu diragukan lagi kepercayaannya. Ini membuktikan jika vendor memiliki jaringan yang  cukup luas sehingga memiliki akses lebih mudah untuk membantu mendapatkan hal-hal lain yang diperlukan. Jadi, cukup mempercayakan pada vendor terpercaya maka semua kebutuhan Anda akan tercukupi dengan baik.

4. Tentukan Alat Ukur Psikotes yang Dimiliki

Tips memilih vendor tes minat bakat jurusan kuliah selanjutnya adalah menentukan alat ukur psikotes yang mereka gunakan. Setiap vendor sudah pasti alat ukur psikotesnya tidak sama. Oleh karena itu, tugas Anda adalah menanyakan sedetail mungkin alat ukur yang dimiliki oleh vendor tersebut.

Usahakan jangan sampai terjadi miss communication yang akan berujung merugikan Anda sebagai pihak klien karena proses rekrutmen calon mahasiswa tidak menelurkan hasil sesuai keinginan.

5. Memiliki Format Laporan yang Mudah Dipahami

Selain tools yang mudah, jasa vendor berpengalaman juga bisa menyajikan laporan dalam bentuk format praktis serta mudah dipahami. Tujuannya untuk memudahkan siapapun yang menerimanya secara otomatis bisa memahami dan mengerti isi laporan tersebut. Hal-hal yang umumnya tercantum pada laporan meliputi gambaran psikologis secara umum dan kelebihan serta kekurangan calon mahasiswa.

6. Jujur dan Transparan

Saking banyaknya jasa vendor online, justru membuka peluang bagi oknum tak bertanggung jawab. Inilah yang membuat klien sangsi akan kebenaran dari hasil psikotes minat bakat jurusan kuliah. Inilah mengapa banyak pihak yang masih meragukan tingkat akurasi hasil tes minat bakat, salah satunya adalah jurusan kuliah.

Namun, tidak demikian jika Anda mengandalkan jasa psikotes terpercaya. Ini karena semua tools dalam software telah lolos melalui uji penelitian demi mendapatkan data yang valid dan lebih reliabel.

7. Pilih Jasa yang Bisa Bekerja Fleksibel

Kebanyakan orang enggan melaksanakan tes minat bakat karena terkendala waktu. Bila Anda mengalami hal tersebut, maka menggunakan jasa psikotes online jauh lebih praktis.

Calon mahasiswa pun bisa mengerjakan kapan pun dan di manapun. Bahkan jika Anda hanya memiliki waktu senggang di tanggal merah sekalipun, tidak menutup kemungkinan bisa melangsungkan tes minat bakat tersebut. Dengan adanya layanan jam fleksibel tentu akan menjadi keuntungan bagi klien.

Mengenal Vendor Terbaik sebagai Upaya Pemantauan Menekan Terjadinya Kecurangan

Untuk psikotes online memang tidak mempertemukan pihak kampus yang berwenang dengan calon mahasiswa. Sebagai vendor psikotes terpercaya, NS Development dapat memastikan jika proses tes minat bakat ini berjalan sebagaimana mestinya. Lalu pemantauan tes akan berjalan dengan yang cukup baik sehingga mampu menekan kecurangan dan juga berbagai tindakan lain yang mempengaruhi hasil dari tes psikologi peserta tes.

Jadi, tunggu apalagi segera manfaatkan NS Development sebagai vendor jasa tes minat bakat jurusan kuliah berpengalaman demi kelancaran rekrutmen calon mahasiswa baru. Selain ramah lingkungan, melalui pihak jasa juga mempermudah melakukan asesmen. Kunjungi nsd.co.id untuk mendapatkan informasi terupdate.