logo PT Nirmala Satya Development
Tips Memilih Jurusan Kuliah

Tips memilih jurusan kuliah harus bijaksana. Sebagai calon mahasiswa baru, Anda harus berhati-hati dalam memilih jurusan perguruan tinggi.

Tips memilih jurusan kuliah harus bijaksana. Sebagai calon mahasiswa baru, Anda harus sangat berhati-hati dalam memilih jurusan perguruan tinggi. Itu karena jurusan yang Anda pilih akan sangat menentukan masa depan.

Anak SMA tingkat akhir biasanya akan mulai merasa ragu ketika akan memilih jurusan kuliah. Sebagai remaja, mungkin banyak dari Anda yang merasa takut memilih jurusan karena bisa saja tidak tepat.

Salah jurusan atau saljur merupakan hal yang paling menyakitkan untuk anak kuliah. Oleh karena itu, Anda bisa memilih jurusan dengan cara berikut ini.

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Menentukan jurusan kuliah memang masih menjadi hal mengerikan untuk sebagian orang. Pada kenyataannya masih banyak anak SMA yang bingung dalam menentukan jurusan mereka di bangku perkuliahan.

Sebenarnya rasa bimbang yang muncul di dalam diri ketika memilih jurusan kuliah itu cukup wajar. Namun, bukan berarti Anda bisa bimbang dalam jangka waktu yang lama. Anda juga harus cepat menentukan pilihan agar semua berjalan lancar.

Karena akan sangat berkaitan dengan masa depan, maka memilih jurusan harus sesuai dengan keinginan sendiri. Jangan sampai Anda ikut-ikut teman atau orang tua sehingga nantinya justru menyesal.

Untuk dapat mengetahui jurusan kuliah yang tepat untuk Anda, berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan.

1. Menentukan Apa yang Disukai

Tanpa disadari, menentukan potensi dalam diri itu cukup mudah. Anda perlu mengetahui apa sebenarnya yang disukai. Apakah Anda suka nonton, menulis, memasak, atau lain sebagainya.

Kemudian Anda bisa melakukan tips memilih jurusan kuliah yang berkaitan dengan kegiatan favorit. Misalnya, Anda hobi menulis dan membaca, maka kemungkinan jurusan kuliah yang cocok adalah Sastra.

2. Lakukan Riset Jurusan Kuliah

Langkah selanjutnya yang juga bisa Anda lakukan dalam memilih jurusan kuliah adalah dengan melakukan riset. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurusan kuliah yang Anda minati.

Anda bisa mendapatkan berbagai informasi jurusan tersebut dengan mudah di internet. Cari tahu mulai dari bidang ilmu yang dipelajari, prospek kerja di masa depan, dan lain sebagainya. Jika memang Anda merasa cocok, maka artinya itu merupakan jurusan kuliah yang tepat.

3. Melakukan Konsultasi dengan Orang Berpengalaman

Jika Anda memang sudah sangat bingung dan bimbang, maka bisa melakukan tips memilih jurusan kuliah dengan melakukan konsultasi kepada orang yang berpengalaman atau profesional. Carilah orang dengan keahlian, misalnya psikolog pendidikan.

Setiap sekolah biasanya memiliki psikolog pendidikan mereka sendiri yang disebut BK atau Bimbingan Konseling. Mintalah pendapat dari guru BK terhadap jurusan kulian Anda. Tentunya Anda juga bisa melakukan konsultasi ini dengan psikolog di luar sekolah.

4. Perhatikan Biaya Kuliah

Dalam menentukan jurusan kuliah, Anda juga harus memepertimbangkan aspek ekonomi. Biaya kuliah merupakan hal yang sangat penting agar kegiatan perkuliahan dapat berjalan lancar hingga lulus.

Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu biaya perkuliahan atau UKT dari jurusan yang dipilih. Jangan memilih jurusan yang bisa memberatkan keluarga di kemudian hari. Jika memang Anda sangat menginginkan jurusan tersebut, maka bisa mencoba mencari beasiswa pendidikan.

5. Jangan Ikut-Ikut Teman

Terkadang dengan dalih solidaritas tinggi membuat Anda jadi ikut-ikut pilihan teman. Padahal, hal tersebut sangat tidak direkomendasikan karena setiap orang pastinya memiliki jurusan impian yang berbeda.

Jangan sampai Anda ikut-ikut jurusan pilihan teman padahal sebenarnya tidak tertarik dengan bidang tersebut. Sudah pasti kegiatan perkuliahan Anda di masa depan akan terhambat karena kesulitan. Pada akhirnya Anda pasti akan merasakan yang namanya salah jurusan.

Oleh karena itu, tips memilih jurusan kuliah yang paling benar adalah dengan tidak ikut-ikut teman. Ikuti keinginanmu sendiri agar tidak kesulitan nantinya.

6. Memahami Minat dan Bakat yang Dimiliki

Ketika dihadapkan dengan jurusan kuliah, Anda juga bisa memilihnya sesuai minat dan bakat di dalam diri. Untuk itu, Anda perlu memahami dengan baik apa sebenarnya minat dan bakat tersebut.

Memang untuk sebagian orang menentukan minat dan bakat itu cukup sulit. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan tes minat dan bakat di NS Development.

Tes minat dan bakat NS Development ini dapat dilakukan secara online dengan biaya terjangkau. Pastinya tes minat dan bakat ini bisa menjadi tips memilih jurusan kuliah paling efektif yang dapat Anda lakukan.