logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi untuk Menentukan Jurusan Kuliah

Sekarang ini, untuk melakukan tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah juga sudah sangat gampang, bahkan Anda pun dapat melakukannya secara online.

Ketika Anda mengikuti tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah, ternyata akan dibagi menjadi beberapa jenis psikotes. Oleh karena itu, apabila Anda ingin mempertimbangkan masa depan yang lebih cerah dan tidak salah atau meminimalisir mengambil jurusan yang tidak sesuai, bisa mengikuti pembahasan kali ini.

Seperti yang kita tahu, bahwa jurusan perkuliahan tidak bisa diambil secara sembarangan. Sebab, ini akan menjadi bekal ketika nantinya. Dengan memilih jurusan sesuai kepribadian maupun minat dan bakat Anda, maka studi selama perkuliahan semakin mudah Anda ikuti. Alhasil di masa mendatang, Anda pun akan memiliki karir yang lebih cemerlang.

Demi mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih, kini kebanyakan tes psikologi sudah bisa kita laksanakan dengan menggunakan perangkat online. Psikotes online sendiri menawarkan banyak keunggulan. Selain lebih praktis, tes psikologi online juga dinilai lebih hemat biaya, tenaga, maupun waktu.

Jenis Tes Psikologi untuk Menentukan Jurusan Kuliah, Ini Selengkapnya!

Tes psikologis merupakan sebuah penilaian yang dilaksanakan oleh profesional yang ahli, dalam hal ini biasanya seorang psikolog, untuk melakukan evaluasi terhadap kecerdasan, emosi, dan/atau fungsi perilaku seseorang. Tes psikologi ini bisa dilakukan baik pada anak-anak maupun untuk orang dewasa. Selain itu, tes psikologi juga dilakukan untuk berbagai alasan di dalam berbagai latar belakang. Termasuk di sekolah, universitas, rumah sakit, dan pelayanan rawat jalan, serta badan sosial.

Dilema yang kerap kali dihadapi oleh sebagian calon mahasiswa baru salah satunya menentukan jurusan. Bahkan, saking merasa bingungnya, ada banyak calon mahasiswa baru hanya sekedar ikut-ikutan saja atau nurut arahan dari orang tuanya ketika memilih jurusan kuliah. Hal tersebutlah yang selanjutnya menjadi alasan akan pentingnya tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah.

Saat ini, terdapat begitu banyak tes psikologi yang dapat Anda pergunakan. Nah, salah satunya yaitu tes minat bakat. Tes minat bakat tersebut adalah salah satu psikotes yang mampu membantu untuk mengetahui minat maupun bakat seseorang secara umum. Dengan seseorang tahu minat bakat ini, mereka dapat menentukan langkah dan juga strategi tepat ketika mengambil keputusan, termasuk di dalam menemukan jurusan kuliah yang sesuai.

Setidaknya terdapat sejumlah rekomendasi tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah Anda. Berikut ini rekomendasinya.

1. FACT (Flanagan Aptitude Classification Tes)
  • FACT alias Flanagan Aptitude Classification Tes adalah tes yang terdiri dari:
  • Ingenuity dan Alertnes
  • Expression
  • Mechanics
  • Tables
  • Components
  • Patterns
  • Arithmetic
  • Judgment and Comprehension
  • Coordination
  • Scales
  • Assembly
  • Precision
  • Memory
  • Coding
  • Inspection atau Inspeksi

Tes tersebut nanti bakal disajikan secara menyeluruh di dalam satu seri atau terpisah pada tiap-tiap sub tes-nya. Tes satu ini bertujuan untuk menentukan pilihan pendidikan atau pekerjaan.

2. Numerical Ability (Tes Berhitung)

Tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah berikutnya ada Numerical Ability (Tes Berhitung). Jenis psikotes ini bakal mengukur kemampuan berpikir seseorang dengan memakai angka.

Dengan kata lain, psikotes satu ini berhubungan dengan kemampuan aritmatika. Tujuan dari pelaksanaan tes ini adalah untuk membantu Anda di dalam memprediksi kemampuan, baik pada bidang pendidikan maupun pekerjaan.

Terlebih lagi untuk menentukan jurusan kuliah bagi para calon mahasiswa baru di dalam bidang teknik, fisika, matematika, kimia, maupun ilmu sosial.

3. Tes Kemampuan Verbal atau Verbal Reasoning

Tes berikutnya yang dapat Anda ikuti yaitu Verbal Reasoning alias tes kemampuan verbal. Merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir dan juga memecahkan masalah.

Biasanya, di dalam penyajian tes satu ini dalam bentuk kata-kata. Tujuan dari tes psikologi satu ini tak lain adalah untuk membantu Anda di dalam memperkirakan kemampuan dalam bidang akademik dan pendidikan.

Penting diketahui, bahwa tes verbal serta numerical punya nilai atau skor di atas rata-rata. Sehingga, ada baiknya untuk merencanakan pendidikan di perguruan tinggi atau akademi. Begitupun sebaliknya, apabila Anda memperoleh nilai atau skor dibawah rata-rata, maka akan lebih baik untuk masuk pendidikan yang mengajarkan sedikit kemampuan verbal.

Tes Psikologi di NS Development

Nah, sekarang ini, untuk melakukan tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah juga sudah sangat gampang, bahkan Anda pun dapat melakukannya secara online. Salah satunya dengan menggunakan NS Development.

NS Development adalah salah satu penyedia alat atau tempat tes psikologi via online yang terpercaya dengan dukungan psikolog berpengalaman dan juga ahli dalam bidangnya.

NS Development juga sudah memenuhi syarat sebagai platform tes terpercaya. Punya tools atau alat yang telah terpercaya sehingga gampang untuk Anda akses dimanapun dan kapanpun.

Bukan hanya itu, NS Development juga bisa memberi penanganan untuk jenjang pendidikan perguruan tinggi dan di sekolah menengah baik SMA, SMK, maupun SMP.

Untuk membantu mengidentifikasi jurusan kuliah memang dibutuhkan tes psikologi. Tes psikologi yang ada di NS Development tersedia dalam bentuk berupa aplikasi psikotes online. Psikotes Online NSD ini bisa Anda akses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang pasti tersedia.

Tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah ini bisa diikuti dengan memakai laptop, tablet, komputer, maupun mobile phone. NS Development merupakan lembaga psikologi terpercaya di Indonesia yang diampu oleh para psikolog berpengalaman. Daftarkan diri Anda disini untuk mengikuti psikotes online!