logo PT Nirmala Satya Development
Tips Memilih Jurusan Kuliah

Tips memilih jurusan kuliah harus tepat bila ingin lulus tanpa khawatir DO. Calon mahasiswa bisa ikuti tips menentukan jurusan berikut.

Tips memilih jurusan kuliah haruslah tepat bila ingin lulus tanpa bayang-bayang DO (Drop Out). Fenomena yang masih sering terjadi adalah mahasiswa merasa telah salah mengambil jurusan.

Mirisnya, kebanyakan dari mereka mengalami hal tersebut setelah menjalani beberapa semester. Setelah menyadarinya mereka hanya setengah-setengah atau bahkan sama sekali tidak tertarik melanjutkan kuliah karena frustasi. Bahkan berakhir dengan putus kuliah di tengah jalan.

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, Lulus Tanpa Bayang-bayang DO

Menentukan jurusan kuliah tidak bisa mengandalkan campur tangan orang lain. Anda harus bisa memutuskan sendiri mengingat hal ini menjadi penentu karir dan kesuksesan di masa yang akan datang.

Namun, justru seringkali calon mahasiswa dihadapkan pada perkara yang sulit ketika menentukan jurusan kuliah. Mereka memiliki banyak pilihan tetapi bingung mana yang hendak diambil. Bila Anda mengalami hal tersebut, terapkan beberapa tips mudah berikut ini.

1. Motivasi Terbesar

Tips yang memegang andil terbesar dalam memilih jurusan kuliah sebagai calon mahasiswa baru adalah menentukan apa motivasi terbesar dalam hidup Anda. Kebanyakan calon mahasiswa memilih jurusan berdasarkan pelajaran yang mereka sukai semasa sekolah. Padahal andilnya tidak begitu besar.

Fakta yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan adalah sudut pandang materi yang akan diperoleh di bangku kuliah lebih luas ketimbang materi pelajaran di sekolah. Lebih dari sekedar memperoleh pengetahuan, Anda juga akan mendapat keterampilan praktis terbaru.

Tips amannya adalah pilih jurusan kuliah berdasarkan motivasi terbesar dalam hidup Anda. Dengan demikian Anda akan bersungguh-sungguh supaya bisa meraih tujuan hidup meskipun tantangan dan hambatan

2. Gunakan Tolak Ukur yang Realistis

Saat ini, jangan menjadikan faktor finansial dan prospek kerja sebagai indikator dan tolak ukur dalam memilih jurusan kuliah. Tolak ukur tersebut merupakan pemikiran kolot.

Ubahlah menjadi pola pikir realistis bahwa ada banyak peluang pekerjaan dan Anda bisa menjadi apapun sesuai impian. Hal ini akan membuat Anda lebih gigih memperjuangkannya.

Jadi, stop dengan pikiran Anda tentang peluang kerja dan besar gaji yang akan Anda peroleh dari jurusan kuliah yang Anda pilih. Nikmati saja proses belajar di bangku kuliah.

3. Hindari Mengikuti Jurusan Orang Lain

Potensi dan impian setiap orang tidaklah sama. Oleh karena itu, sudah nggak jaman memilih jurusan hanya sekedar ikut-ikutan orang lain. Menilik dari latar belakang tersebut, lebih baik kenali passion diri supaya Anda tidak kecewa memilih jurusan kuliah.

Terkadang Anda saja tidak memahami apa dan siapa diri Anda. Begitupun dengan diri orang yang Anda ikuti. Lantas, kenapa harus mempertaruhkan masa depan dengan ikut-ikutan pilihan orang lain?

4. Menggali dan Mengembangkan Potensi Diri

Tak boleh memilih jurusan kuliah hanya karena sekedar "suka". Jangan sampai hal ini menjadi boomerang bagi diri sendiri.

Sebaiknya, pilih jurusan yang sesuai dengan potensi dalam diri. Dengan demikian tidak perlu bersusah payah menggali dan mengembangkan bakat serta potensi diri karena basicnya sudah ada. Usahakan untuk mensinkronkan  antara minat, bakat, dan potensi diri.

5. Coba Tes Minat Bakat

Hampir 61% perguruan tinggi di Indonesia menanyakan kembali perihal jurusan yang dipilih calon mahasiswanya. Untuk memantapkan pilihan Anda, ada baiknya mengikuti tes minat bakat dari vendor terpercaya. Pilih platform tes minat bakat yang menyediakan kemudahan dalam hal pengoperasian dan penggunaannya.

Saat ini ada banyak jasa psikotes online dapat diakses dengan mudah melalui via desktop maupun mobile phone. Anda bisa menggunakan aplikasi browser maupun Android.

Salah satu platform yang menjadi rekomendasi terbaiknya adalah NS Development. Sebagai platform aplikasi psikotes online di Indonesia paling terpercaya, fitur aplikasinya mendukung pelaksanaan tes secara online. NS Development merupakan jasa layanan dari talenta Indonesia yang menyuguhkan kemudahan bagi instansi dalam menyelenggarakan proses assessment dan psikotes tanpa terbatas waktu dan tempat.

Tes merupakan identifikasi minat dan bakat sehingga akan menawarkan rekomendasi terbaik untuk kemajuan karir Anda di masa mendatang.

Begitu penting memahami tips memilih jurusan kuliah sehingga tidak boleh menyepelekannya. Untuk hasil terbaik dan masa depan cerah, segera manfaatkan vendor jasa psikotes berpengalaman NS Development.