logo PT Nirmala Satya Development
Tips Memilih Jurusan Kuliah

Tips memilih jurusan kuliah berikut ini bisa kamu terapkan untuk mendapatkan jurusan yang tepat saat menempuh bangku perkuliahan.

Tips memilih jurusan kuliah berikut ini bisa kamu terapkan untuk mendapatkan jurusan yang tepat saat menempuh bangku perkuliahan. Ketika hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, memilih jurusan menjadi salah satu masalah yang sering dialami. Baik untuk siswa lulusan SMA maupun SMK.

Seperti yang kita tahu, universitas biasanya menawarkan banyak sekali jurusan. Oleh karena itu banyak siswa yang merasa bingung untuk memilihnya. Akhirnya mereka mungkin termasuk kamu, hanya sembarangan memilih bahkan hanya ikut-ikutan teman saja.

Padahal apa yang mereka lakukan itu salah dan tidak tepat. Sebab bisa saja jurusan yang kamu ambil itu cocok dengan temanmu namun tidak cocok untuk diri kamu sendiri. Akhirnya kamu yang akan mengalami kerugian sendiri yaitu lebih kesulitan selama kuliah bahkan tidak lulus-lulus.

Tips Memilih Jurusan Kuliah untuk Siswa Lulusan SMK Agar Mendapat Jurusan yang Tepat

Jika salah memilih jurusan kuliah pastinya kamu akan merasa sangat menyesal dan ingin pindah jurusan saja. Kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak kerugian lagi jika sampai salah mengambil jurusan. Misalnya yaitu sudah mengeluarkan uang banyak namun tidak mampu memahami ilmu dengan maksimal.

Sebab mau dipaksa bagaimanapun jika kita mempelajari jurusan sangat tidak cocok untuk diri sendiri pastinya juga akan sulit. Hal tersebut akan berimbas pada nilai ujian yang mana pastinya kurang maksimal. Akhirnya kamu akan merasa jauh lebih pusing saat kuliah dan ingin segera lulus atau pindah jurusan saja.

Selain kerugian yang dirasakan diri sendiri, tentu saja kedua orang tua juga akan terdampak. Orang tua yang membiayai kuliah pastinya akan merasa sedih dan kecewa sebab anaknya tidak bisa melaksanakan kuliahnya dengan baik. Karena itu pastinya penting mengikuti tips memilih jurusan kuliah agar bisa mendapatkan jurusan yang tepat.

Tips memilih jurusan kuliah untuk siswa lulusan SMA dan SMK sebenarnya juga tidak jauh berbeda. Namun bagi anak SMK tentunya terdapat pertimbangan khusus tertentu. Sebab mereka mungkin takut bahkan jurusan yang mereka ambil tidak sesuai dengan jurusan ketika SMK.

Mereka tentunya juga mesti berjuang lebih keras demi memahami ilmu-ilmu yang mendasari jurusan baru yang mereka ambil. Nah, apabila kamu baru saja lulus SMK dan sedang mencari jurusan kuliah yang tepat, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

1. Pilih Jurusan Kuliah yang Linear dengan Jurusan Semasa SMK

Jika sebelumnya kamu belajar di jurusan akuntansi maka tips memilih jurusan kuliah yang pertama kamu bisa memilih jurusan yang sama. Sebab jika memilih jurusan lain maka pastinya akan membutuhkan tenaga ekstra dan tidak menggunakan nilai akuntansi semasa SMK. Jurusan yang linear ini juga akan memberikan peluang lebih besar untuk lolos SNMPTN.

2. Pilih Jurusan yang Serumpun

Jika sekiranya kamu yang berasal dari jurusan akuntansi namun tidak mau kuliah di jurusan yang sama, maka pilihlah jurusan yang serumpun atau mirip. Misalnya seperti Perpajakan, Manajemen dan Perbankan. Namun jangan terlalu berharap dengan jalur seleksi SNMPTN, jika gagal maka kamu juga bisa mencobanya dengan jalur lainnya.

3. Konsultasi

Tips memilih jurusan kuliah selanjutnya yaitu kamu bisa berkonsultasi pada orang lain yang sudah pernah mengalaminya. Khususnya pada orang yang juga lulusan SMK dan melanjutkan kuliah. Mereka pastinya bisa membantu kamu dalam memecahkan kebingungan memilih jurusan kuliah.

4. Kenali Minat Bakat Diri

Terakhir kamu bisa mengenai lebih dalam mengenai minat dan bakat diri sendiri. Dengan mengetahui minat dan bakat maka kamu akan jauh lebih mudah dalam menentukan jurusan. Sebab kamu bisa mengetahui jurusan apa yang memang cocok dan membuatmu tertarik.

Untuk mengetahui apa minat dan bakat diri dengan akurat maka kamu bisa mengikuti tes minat bakat. Salah satunya yaitu dengan NS Development yang merupakan platform aplikasi psikotes online terpercaya di Indonesia. Dengan mengikuti tes bersama NS Development pastinya kamu bisa lebih mengenali diri dengan lebih baik lagi.

Itulah beberapa tips memilih jurusan kuliah untuk siswa lulusan SMK. Kamu bisa menerapkan berbagai tips tersebut demi mendapatkan jurusan yang sesuai sehingga bisa menyelesaikan kuliah dengan lancar.