logo PT Nirmala Satya Development
Cara Memilih Jurusan Kuliah

Memilih jurusan kuliah yang tepat merupakan salah satu hal yang paling penting sebelum memasuki perkuliahan.

Buat kamu para calon maba atau mahasiswa baru, penting untuk memilih jurusan kuliah yang tepat. Pada dasarnya, hal tersebut tidaklah sulit, karena kamu bisa menerapkan cara memilih jurusan kuliah yang tepat. Ada banyak keuntungan jika kamu kuliah dengan jurusan yang tepat. Salah satunya, kamu memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan diri.

Selain itu, kamu juga lebih semangat untuk menyelesaikan kuliahmu. Karirmu di masa depan nanti juga semakin terjamin dan terarah.

5 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Apa yang kamu pelajari di bangku perkuliahan tidak bisa kamu anggap remeh. Ingat, semua keputusan yang kamu ambil, akan sangat mempengaruhi kehidupanmu ke depannya nanti. Maka dari itulah, supaya kamu tidak merasa bingung lagi, berikut ini cara yang bisa kamu terapkan.

1. Temukan Passion yang Kamu Miliki

Tips pertama kali yang mesti kamu lakukan yakni dengan menemukan passion. Passion merupakan keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu dengan antusias.

Untuk menemukan passion memang tidaklah mudah. Kamu bisa mengingat apa saja aktivitas yang selama ini sering kamu lakukan.

Ketika melakukan aktivitas tersebut, kamu tidak pernah merasa bosan dan selalu bersemangat untuk menyelesaikannya. Misalnya saja, kamu sangat hobi menanam tanaman hias, berkebun, bertani, dan semacamnya.

Bahkan dengan aktivitas itu kamu selalu merasa senang dan memiliki banyak inovasi. Itu artinya, kamu bisa memilih jurusan yang relate dengan aktivitas tersebut. Misalnya saja seperti jurusan Agribisnis, Pengendalian Hama dan Penyakit Tumbuhan, dan jurusan yang berkaitan dengan pertanian maupun perkebunan lainnya.

2. Kenali Bakat dan Minat

Cara memilih jurusan kuliah yang tepat tidak pernah lepas dari bakat dan minat kamu. Maka dari itulah, sebelum kamu memutuskan untuk memilih kenali apa saja bakat dan minatmu.

Biasanya, bakat dan minat ini sudah terlihat sejak dini atau duduk dibangku sekolah. Pada dasarnya, bakat yang dimiliki oleh setiap orang tidaklah sama.

Ketika kamu berhasil menemukan bakat dan minat ini, maka akan dengan mudah bagi kamu untuk menggali potensi. Bakat memberikan pengaruh yang besar terhadap cepat dan lambatnya kamu menyelesaikan kuliah.

Ketika kamu mempelajari sesuatu yang tidak suka, hal ini sangat berpengaruh pada produktivitasnya. Kemungkinan terburuk, kamu bisa saja lulus sama dan jauh tertinggal dari teman-temanmu.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan bakat dan minat ini adalah dengan mengikuti tes minat bakat. Saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan berbagai tes minat bakat untuk memilih jurusan kuliah. Kamu bisa memanfaatkan salah satu dari aplikasi tersebut.

3. Lakukan Riset Secara Luas

Cara memilih jurusan kuliah yang tepat selanjutnya yakni dengan melakukan riset secara luas. Penting untuk mencari tahu jurusan yang akan kamu ambil secara mendetail.

Mulai dari bidang ilmunya, prospek kerja kedepannya, daya saing, rekam jejak alumni jurusan tersebut di universitas tertentu dan lain sebagainya. Lakukan riset ini dari jauh-jauh hari, sehingga kamu memiliki banyak waktu untuk mempertimbangkannya.

4. Berdiskusi dengan Orang yang Sudah Berpengalaman

Cara lain yang tak kalah penting yakni berdiskusi dengan orang berpengalaman. Tak ada salahnya jika kamu berdiskusi dengan orang lain.

Misalnya saja seperti guru BK, orang tua, kakak, saudara, dan orang-orang berpengalaman lainnya. Kamu bisa meminta saran dan pendapat terkait jurusan kuliah yang akan kamu ambil.

Dengan mendapatkan informasi dari berbagai sudut pandang, kamu bisa mengambil banyak pertimbangan. Sehingga, kamu akan semakin yakin dengan jurusan kuliah yang kamu ambil.

5. Fokus pada Pilihan Jurusan Kuliah Tersebut

Fokus dengan pilihan jurusan kuliah juga bisa menjadi salah satu cara memilih jurusan kuliah yang tepat. Hal ini perlu kamu lakukan ketika sudah mengetahui passion, bakat dan minat, maupun dukungan dari orang-orang terdekat.

Ada baiknya jika kamu tidak hanya memilih satu jurusan kuliah saja. Sebagai bentuk antisipasi, kamu bisa memilih dua hingga tiga jurusan.

Tempatkan jurusan yang paling kamu inginkan di urutan pertama. Setelah itu, disusul jurusan cadangan yang juga sesuai dengan passion, bakat, dan minatmu.

Dengan cara memilih jurusan kuliah yang tepat ini, kamu tidak akan salah dalam mengambil keputusan. Sehingga, kamu semakin mantap untuk merencanakan masa depan yang cerah.

Tes Minat Bakat Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi minat dan bakat. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

Artikel berhubungan: