logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi untuk Menentukan Jurusan Kuliah

Dengan mengikuti tes psikologi penjurusan kuliah, calon mahasiswa bisa lebih tahu dan mengenal lebih dalam serta terperinci tentang potensi diri yang dimiliki, termasuk kelebihan maupun kekurangannya.

Tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah memang sangat penting untuk dilakukan. Ya, memilih dan menentukan jurusan kuliah tentunya bukan suatu hal yang gampang untuk sebagian calon mahasiswa baru. Oleh sebab itu, melakukan psikotes untuk menentukan jurusan yang tepat sesuai minat dan bakat menjadi perkara yang cukup krusial.

Psikotes untuk menentukan jurusan kuliah ini sendiri punya begitu banyak manfaat dalam rangka mengklasifikasi potensi di dalam diri masing-masing peserta didik. Pasalnya, sekarang ini bukan lagi hanya sekedar  memilih jurusan kuliah yang peminatnya jarang supaya mempunyai kesempatan besar untuk diterima. Atau, mengambil jurusan kuliah yang populer agar nanti ketika sudah lulus gampang mendapatkan pekerjaan.

Tetapi, Anda juga perlu mempertimbangkan jurusan kuliah yang diambil sesuai dengan minat, bakat, passion, dan sebagainya. Sebab, makin cocok serta sesuai jurusan kuliah itu dengan diri Anda, maka kian gampang juga untuk Anda berkembang maju.

Apa Manfaat Ikut Tes Psikologi untuk Menentukan Jurusan Kuliah?

Dengan mengikuti tes psikologi penjurusan kuliah, calon mahasiswa bisa lebih tahu dan mengenal lebih dalam serta terperinci tentang potensi diri yang dimiliki, termasuk kelebihan maupun kekurangannya. Baik itu dari segi kepribadian maupun segi akademis.

Lewat psikotes untuk memilih jurusan kuliah  ini juga siswa bisa diarahkan untuk mengenali minat serta bakatnya masing-masing atau yang kerap disebut dengan sweet spot. Nah, dari sinilah, para siswa bisa tahu jurusan kuliah mana yang paling tepat atau paling sesuai dengan minat dan bakatnya.

Oleh sebab itu, seperti yang sudah disinggung sebelumnya tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah ini sangatlah penting. Pasalnya, dengan mengikuti tes psikologi ini, bisa membantu para calon mahasiswa untuk tahu dan lebih yakin ketika memilih jurusan kuliah. Dengan begitu bisa meminimalisir siswa merasa salah dalam mengambil jurusan di bangku perkuliahan.

Lantas, apa saja manfaat mengikuti tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah ini? yuk simak penjelasan dibawah!

1. Meminimalisir Salah Ambil Jurusan Kuliah

Mengantisipasi salah mengambil jurusan adalah salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah. Sebab, yang sering terjadi adalah tidak sedikit mahasiswa di Indonesia yang mengatakan bahwa pada saat kuliah ia merasa salah dalam mengambil jurusan.

Sehingga, tujuan dari mengikuti tes psikologi ini adalah untuk meminimalisir pemilihan jurusan kuliah yang tidak sesuai dengan bakat dan minat siswa. Ya, merencanakan masa depan memang merupakan perkara penting. Jangan sampai Anda hanya membuang-buang waktu lantaran salah dalam mengambil jurusan kuliah.

Pasalnya, salah dalam mengambil jurusan kuliah juga bakal berdampak pada penundaan skripsi. Waktunya hanya akan banyak terbuang, sehingga Anda pun tak dapat lulus tepat pada waktunya.

2. Mempermudah dalam Memilih Jurusan Kuliah

Dengan mengikuti psikotes ini, Anda juga akan lebih mudah dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat bakat. Memilih dan menentukan jurusan kuliah memang bukan perkara gampang untuk dilakukan begitu saja.

Banyaknya pilihan jurusan kuliah, kerap kali juga menjadi salah satu yang menyebabkan para calon mahasiswa justru menjadi bingung ketika akan menentukannya. Sehingga, salah satu cara mudah untuk menentukan jurusan kuliah itu adalah dengan menjalani tes psikologi ini. Saat ini juga sudah banyak lembaga sekolah yang memberi psikotes demi mempermudah para siswanya dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat.

3. Kenal Lebih Dekat dengan Diri Sendiri

Manfaat mengikuti tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah selanjutnya adalah tahu lebih detail tentang gambaran umum karakteristik diri sendiri. Nantinya, Anda dapat memperoleh gambaran diri dengan psikotes tersebut. Hal itu juga termasuk salah satu keunggulan dari psikotes ini sendiri.

Pasalnya, pada saat Anda melakukan psikotes ini ada teori-teori mengenai psikologi kepribadian. Selain itu, Anda juga bisa memahami gambaran umum tentang suatu kebiasaan. Perlu Anda ketahui bahwa psikologi itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari mengenai tingkah laku seseorang.

Dengan begitu, besar kemungkinan apabila usai melakukan tes psikologi ini, Anda dapat mengetahui kebiasaan diri Anda. Nah, selanjutnya Anda bisa mengidentifikasinya lewat beberapa macam tes psikologi. Selain itu, Anda pun bisa mengetahui bagaimana reaksi yang timbul ketika Anda menghadapi sebuah permasalahan.

4. Lebih Terarah

Ketika Anda mengikuti tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah ini, maka bakal lebih terarah. Hal ini berarti Anda akan lebih memahami mengenai bagaimana potensi yang terdapat di dalam diri Anda, termasuk dalam memilih jurusan kuliah.

Jika Anda sudah melihat bagaimana potensi dimiliki, maka akan lebih mudah dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat.

Nah, itu tadi sederet manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah. Psikotes satu ini bertujuan meminimalisir terjadinya kesalahan memilih jurusan kuliah yang mungkin Anda lakukan. Karena, jurusan yang tak cocok dengan Anda, punya potensi lebih besar untuk menghambat karir Anda nantinya.

Tes Minat Bakat Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi minat dan bakat. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

Artikel berhubungan: