logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Tes minat bakat jurusan kuliah yang diselenggarakan oleh NS Development dinilai oleh seorang psikolog profesional.

Tes minat bakat jurusan kuliah memang penting untuk dilaksanakan. Tujuannya yaitu supaya mempermudah Anda di dalam memilih serta mengetahui jurusan apa yang cocok. Bukan hanya itu saja, tes bakat ini juga cukup penting untuk perkembangan pendidikan yang Anda tempuh.

Ya, usai merampungkan jenjang sekolah menengah, tidak sedikit siswa-siswi yang ingin meneruskan pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi atau berkuliah. Tetapi, tidak jarang banyak dari mereka yang masih merasa kebingungan untuk memilih jurusan kuliah yang tepat. Terlebih lagi apabila jurusan yang Anda idamkan ternyata tak sesuai dengan jurusan ketika berada di sekolah menengah.

Untuk itu, sangat penting untuk orangtua siswa, guru, dan murid yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi agar benar-benar paham tentang minat serta bakat siswa. Sehingga, kecil kemungkinan siswa untuk mengambil jurusan yang salah.

Mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah, Seberapa Pentingkah?

Guna mengukur serta mengevaluasi bakat dan minat siswa, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya yakni lewat tes minat bakat jurusan kuliah. Dilansir dari laman website Universitas Muhammadiyah Malang, tes minat bakat adalah serangkaian ujian (tes) dan analisa yang mendeskripsikan kemampuan kognitif, karakteristik minat dan bakat, juga kepribadian murid akan sebuah bidang atau jurusan tertentu.

Rancangan tes ini memang secara khusus diperuntukan dalam membantu murid untuk mengenali serta memahami potensi diri maupun bidang-bidang yang diminati dengan lebih baik. Tes minat bakat jurusan kuliah ini biasanya diselenggarakan serta dinilai oleh seorang psikolog profesional.

Berikutnya, selain memperoleh hasil tertulis, murid juga bisa berkonsultasi langsung dengan psikolog sehubungan dengan hasil tes minat bakat jurusan kuliah ini. Sehingga, murid dapat memperoleh arahan yang lebih jelas tentang jurusan kuliah yang tepat diambil.

Perencanaan tentang masa depan Anda bisa jadi lebih matang dengan mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah ini. Pasalnya, berbagai manfaat bisa Anda peroleh dengan mengikuti ujian ini, seperti:

  1. Membantu untuk menentukan karir di masa mendatang
  2. Mempermudah dalam menemukan jurusan yang tepat sesuai passion
  3. Metode tes ini juga dirancang agar bisa membantu Anda dalam menggali potensi diri guna mengembangkan bakat yang terpendam
  4. Dengan mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah ini Anda Bakal lebih memahami arah serta minat bakat diri, sehingga lebih gampang dalam menerima ilmu nantinya

Tes Minat Bakat Jurusan, Ini Jenis-jenisnya!

Tes minat bakat jurusan kuliah sendiri terdiri atas beberapa jenis yang umumnya diikuti dengan tes kepribadian. Berikut merupakan masing-masing jenis tes minat bakat jurusan.

IST (Intelligenz Structure Test)

Intelligenz Structure Test merupakan tes yang dipakai untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Tes ini bisa dipakai untuk anak-anak maupun orang dewasa umur 15 hingga 60 tahun. IST terdiri atas 9 subtes dengan durasi tes 71 menit.

Tes Minat Holland

Tes ini juga biasa dinamakan sebagai Self-Directed Search Holland (SDS Holland) yang merupakan salah satu psikotes paling kerap dipergunakan untuk mengetahui minat dalam diri seseorang. Jenis tes minat bakat jurusan kuliah, SDS Holland ini mengkategorikan kepribadian manusia jadi 6 tipe kepribadian, yakni:

  • Realistic/Aggressive
  • Investigative/Intellectual
  • Social
  • Artistic/Imaginative
  • Enterprising/Extrovert
  • Conventional/Practical

Tes minat Holland mampu mengidentifikasi 6 area minat anda seperti yang ada pada list diatas.

Tes Kepribadian MBTI

MBTI (The Myers-Briggs Type Indicator) adalah sebuah instrumen untuk melakukan tes kepribadian atau assessment secara mandiri dan sederhana. Ada banyak website yang menyediakan tes MBTI secara gratis dan bisa diakses via online. Tes MBTI ini melihat kepribadian melalui beberapa aspek, yakni cara seseorang ketika mengolah suatu informasi, mengambil sebuah keputusan, serta menyikapi permasalahan yang ada.

Tes Kraeplin

Tujuan dari tes Kraepelin ini yaitu untuk melihat konsistensi, stabilitas emosi, kecepatan, serta ketahanan kerja dan juga tingkat ketelitian seseorang. Tes Kraepelin adalah jenis speed test lantaran keterbatasan waktu yang diberikan untuk menyelesaikan ujian. Peserta ujian bakal diminta mengerjakan soal penjumlahan dasar beruntun yang melibatkan angka 0-9 sampai 40-an kolom dalam waktu 30 detik saja untuk setiap kolomnya.

VAK (Tes Gaya Belajar)

Tes Gaya Belajar ini diselenggarakan guna mencari tahu kecenderungan gaya belajar seseorang. tes ini mengkategorikan gaya belajar jadi 3 tipe, yakni:

  • Visual
  • Auditori
  • Kinestetik

Dengan memahami gaya belajar yang dimilikinya, murid bisa menentukan metode belajar yang paling cocok guna mengoptimalkan performa belajar selama di bangku kuliah.

Tes Penjurusan (RMIB)

Tes Penjurusan Rothwell-Miller Interest Blank adalah psikotes yang tujuannya untuk mengukur minat seseorang berdasarkan sikapnya akan sebuah pekerjaan. Jenis tes minat bakat jurusan kuliah ini terdiri atas 12 kategori pekerjaan. Kategori pekerjaan itu meliputi mechanical, outdoors, scientific, computational, aesthetic, personal contact, musical, literacy, sosial service, practical, clerical, dan medical.

Tes Minat Bakat Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi minat dan bakat. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

Artikel berhubungan: