logo PT Nirmala Satya Development
tes Peminatan Jurusan Kuliah

Ada beberapa jenis tes yang dapat digunakan untuk tes pemintan jurusan kuliah. Jenis tes ini mungkin beberapa anda telah mengikutinya.

Tes peminatan jurusan kuliah bertujuan untuk mencegah Anda salah jurusan. Anda mungkin sering mendengarnya, tes untuk membantu menentukan jurusan kuliah adalah tes minat bakat.

Anda yang saat ini masuk di bangku SMA tingkat akhir mungkin sedang kebingungan dalam menentukan langkah apa yang akan diambil selanjutnya. Apalagi jika Anda ingin berkuliah dan kebingungan menentukan jurusan.

Daripada ikut-ikut teman, lebih baik Anda mencari tahu minat dan bakat di dalam diri. Dengan begitu, maka Anda bisa lebih mudah dalam menentukan jurusan kuliah nantinya.

Mengenal Tes Peminatan Jurusan Kuliah

Kemampuan setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang pintar dalam bidang akademis, sedangkan di sisi lain ada juga yang unggul di bidang olahraga fisik. Itulah kenapa Anda tidak dapat membandingkan diri dengan orang lain.

Sayangnya hingga kini masih banyak orang yang kurang mengenal dirinya sendiri. Bahkan mereka tidak mengetahui apa keinginan atau bidang yang mereka sukai. Hal itu tentu saja akan sangat menghambat, terutama saat akan masuk ke perguruan tinggi.

Kuliah atau perguruan tinggi adalah masa belajar yang jauh berbeda dari SMA. Sebagai jenjang yang lebih tinggi, di perguruan tinggi ini Anda bisa memilih sendiri jurusan yang diinginkan, sesuai minat dan bakat.

Sayangnya masih banyak sekali orang yang merasa salah jurusan. Kebanyakan dari mereka biasanya tidak tahu apa keinginan sesungguhnya dan berakhir ikut-ikut teman. Jika Anda akan segera masuk perguruan tinggi, maka sebisa mungkin hindari hal tersebut.

Anda bisa melakukan tes peminatan jurusan kuliah dengan tes minat dan bakat. Di dalam psikologi, tes minat dan bakat ini menjadi tolak ukur yang dapat membantu dalam menyusun berbagai rekomendasi untuk individu memilih jurusan atau karir mereka yang sesuai dengan minat dan potensinya.

Dalam tes ini Anda akan mengetahui bakat dan minat di dalam diri. Bakat sendiri merupakan sebuah serangkaian karakteristik sebagai indikasi kemampuan seorang individu dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan juga serangkaian respon melalui latihan.

Sedangkan minat merupakan sebuah kondisi psikologi dalam diri seseorang. Minat ditandai oleh pemusatan perhatian seseorang terhadap suatu masalah atau aktivitas tertentu. Dengan kata lain, minat merupakan rasa senang terhadap suatu aktivitas tertentu.

Kenapa Harus Melakukan Tes Peminatan Jurusan?

Anda mungkin tengah bertanya-tanya kenapa harus melakukan tes peminatan jurusan kuliah? Apakah ini satu-satunya cara untuk mengetahui jurusan yang tepat untuk kita?

Sebenarnya tes ini bukan menjadi faktor satu-satunya untuk menentukan jurusan yang diminati dan cocok untuk Anda. Namun, tes minat bakat dapat membantu memberikan data konkrit mengenai kemampuan di dalam diri.

Anda akan lebih tahu bidang apa yang diungguli. Sebab, terkadang minat bisa tertutup dan tidak Anda sadari. Memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat jauh lebih efektif.

Jadi, selama masa perkuliahan Anda akan merasa lebih santai dan senang dalam menjalaninya. Itu juga akan mempengaruhi prestasi Anda. Karena menyukai apa yang sedang dipelajari, maka Anda akan lebih aktif dan bisa mendapatkan nilai lebih baik.

Macam-Macam Tes Minat

Di antara macam-macam tes minat, ada beberapa yang sangat populer yang banyak digunakan untuk menjad tes peminatan jurusan kuliah.

  • SVIB atau Strong Vocational Interest Black. Tes minat pertama ini pertama kali hadir pada tahun 1927.
  • Tes SCII. SCII hadir untuk mengatasi kelemahan dari SVIB. Dalam SCII terdapat 6 faktor kepribadian, yaitu realistic, artistic, social, enterprising, konvensional, dan investigative.
  • Tes Kuder. Terdiri dari beberapa bentuk seperti KPR-V, KGIS, KOIS, dan KPR-V.
  • Tes Kraepelin dan Tes Pauli. Keduanya bertujuan untuk mengungkap bakat di dalam diri dan masuk ke dalam kelompok single test.

Kini tes minat dan bakat memang lebih mudah dilakukan karena sudah mendukung sistem online. Namun, sebisa mungkin cari tempat tes yang berpengalaman.

Jangan hanya tergiur dengan tes gratis padahal hasilnya bisa saja kacau. Anda bisa melihat dari pengalaman penyedia tes peminatan jurusan kuliah tersebut. Jika keseluruhan review pelanggan mereka baik, maka artinya bisa dipercaya. Pilih juga tempat tes yang menyediakan konsultasi gratis karena akan sangat membantu. Solusinya, lakukan tes penjurusan ini bersama NS Development.

Tes Minat Bakat Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi minat dan bakat. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

Artikel berhubungan: