logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Tes minat bakat jurusan kuliah merupakan serangkaian tes dan analisa yang akan menggambarkan kemampuan kognitif, kepribadian, kemampuan serta minat peserta tesnya pada suatu bidang atau jurusan tertentu.

Tes minat bakat jurusan kuliah tentunya menjadi faktor yang penting untuk membantu dalam penentuan jurusan agar tidak salah memilih. Saat akan melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu kuliah, sebagian orang mungkin masih bingung hendak memilih jurusan apa. Hal ini karena adanya jurusan yang beragam sehingga membuat bimbang ingin memilih yang mana.

Selain itu mungkin ada juga seseorang yang sudah memilih jurusan namun masih bimbang apakah jurusan tersebut akan cocok atau tidak. Untuk menjawab kebingungan tersebut maka Anda bisa melakukan tes minat bakat untuk mengenali diri sendiri lebih baik.

Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah Membantu Agar Tidak Salah Menentukan Jurusan

Tes minat bakat jurusan kuliah merupakan serangkaian tes dan analisa yang akan menggambarkan kemampuan kognitif, kepribadian, kemampuan serta minat peserta tesnya pada suatu bidang atau jurusan tertentu. Jika Anda hendak melanjutkan sekolah ke bangku kuliah pun harus mengikuti tes ini.

Tujuannya pun jelas untuk menunjukkan jurusan mana yang paling cocok dan paling sesuai. Dengan begitu pun akhirnya Anda mampu memilih jurusan yang paling cocok untuknya tanpa merasa ragu lagi dan juga terhindar dari salah memilih jurusan. Selain itu jika Anda mengikuti tes ini maka Anda juga bisa mengetahui potensi yang berada dalam diri Anda sendiri.

Anda pun bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, baik dari segi akademis maupun segi kepribadian. Selain itu Anda juga bisa menemukan bakat terpendam yang sebelumnya tidak disadari sehingga Anda bisa mengembangkannya.

Akibat Salah Memilih Jurusan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa tes minat bakat jurusan kuliah akan membuat Anda menemukan jurusan yang tepat. Bayangkan jika Anda tidak mengikutinya dan berakhir memilih jurusan yang salah dan tidak cocok untuk Anda. Tentunya hal tersebut akan sangat merugikan dan mampu mempengaruhi karir Anda selama belajar. Nah, berikut ini adalah beberapa akibat yang bisa terjadi akibat memilih jurusan yang tidak tepat:

1. Kesulitan Belajar

Hal pertama yaitu Anda akan lebih kesulitan dalam belajar dan memahami materi yang diberikan oleh dosen. Hal ini karena materi atau pelajaran jurusan tersebut tidak sesuai dengan minat Anda. Akibatnya Anda pun tidak memiliki semangat untuk belajar karena materi yang sulit dipahami. Hal tersebut pun akan berujung pada nilai yang didapatkan saat ujian yang mana pastinya akan semakin menurun. Prestasinya juga kian turun dan jika terus berlarut-larut maka bisa saja Anda tidak lulus tepat waktu bahkan bisa di DO kampus. Hal tersebut tentunya cukup menyeramkan dan sebisa mungkin dihindari bukan?

2. Pindah Jurusan

Sebagian mahasiswa mungkin memilih untuk pindah jurusan saat merasa ia masuk ke jurusan yang salah karena tidak mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah. Hal tersebut mungkin bisa menjadi salah satu solusinya namun tentunya Anda tetap mendapatkan kerugian. Misalnya yaitu kerugian waktu yang mana berarti Anda kehilangan waktu Anda untuk belajar pada jurusan selanjutnya. Kemudian Anda harus memulai kuliah di jurusan yang baru dari 0, akibatnya Anda bisa tertinggal dari teman-teman di angkatan.

3. Karir Kurang Tepat

Saat memilih jurusan kurang tepat tentunya Anda akan merasa tidak cocok berada dalam bidang tersebut. Akibatnya setelah lulus pastinya Anda akan merasa bingung akan bekerja di mana. Jika bekerja pada bidang yang sesuai dengan jurusan kuliah maka pastinya Anda akan merasa tidak mampu dan tidak sesuai. Akhirnya pun Anda bekerja pada bidang yang berbeda dengan jurusan atau bahkan tidak bekerja meskipun memiliki gelar sarjana.

Tes Minat Bakat Jurusan di NS Development

Melihat akibat dari salah memilih jurusan tentunya membuat tes minat bakat penting untuk dilakukan. Nah salah satu platform yang menyediakan tes ini yaitu NS Development. NS Development merupakan sebuah platform psikotes online terpercaya yang memiliki beragam fitur untuk mendukung pelaksanaan tes secara online.

Aplikasi ini bisa diakses melalui desktop komputer atau laptop, tablet maupun melalui ponsel sehingga bisa dilakukan kapan saja dan dimana secara dengan mudah selama ada jaringan internet. Hasil tes minat bakat jurusan kuliah juga bisa diketahui dengan cepat serta tidak perlu diragukan lagi keakuratannya.

Tes Minat Bakat Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi minat dan bakat. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

Artikel berhubungan: