logo PT Nirmala Satya Development
Cara Memilih Jurusan Kuliah

Melalui tes minat dan bakat, maka seseorang dapat mengetahui potensi dan bakat terpendam di dalam diri.

Cara memilih jurusan kuliah yang tepat perlu siswa SMA ketahui. Sebab, bagaimanapun juga jurusan kuliah bukanlah hal sepele. Itu adalah sesuai yang harus siswa jalani selama beberapa tahun dan pastinya juga menentukan masa depan mereka. Salah jurusan tidak hanya dapat merusak kondisi psikologis anak, tetapi juga akan mempengaruhi prestasi mereka. Mengerjakan hal yang tidak disukai akan selalu berat sehingga hasilnya tidak maksimal.

Memilih jurusan yang tepat dapat melalui beberapa cara, salah satunya dengan melakukan tes psikologi minat bakat. Kenapa bisa seperti itu? Simak di sini penjelasannya!

Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Paling Tepat

Meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi memang selalu menyenangkan. Namun demikian, jika tidak dipersiapkan dengan benar tentunya juga akan berakibat fatal.

Salah satu masalah yang seringkali siswa SMA hadapi ketika akan masuk ke perguruan tinggi adalah memilih jurusan. Banyak sekali siswa SMA yang tidak tahu harus mengambil jurusan apa. Bahkan tidak sedikit juga siswa yang memilih jurusan kuliah secara acak.

Padahal, masa perguruan tinggi akan sangat mempengaruhi masa depan. Jika dari awal sudah salah, maka prosesnya akan sangat berat. Untuk itulah memilih jurusan menjadi hal yang sangat penting.

Bagi Anda yang belum tahu, sebenarnya cara memilih jurusan kuliah bisa melalui sebuah psikotes atau tes psikologi. Tes psikolog ini terdiri dari berbagai macam jenis dan metode. Untuk menentukan jurusan kuliah, tes psikologi yang cocok adalah tes minat bakat.

Apa Itu Tes Minat dan Bakat?

Menurut pengertiannya, tes minat bakat merupakan serangkaian tes dan juga analisis yang berguna untuk menggambarkan kemampuan kognitif, karakteristik minat bakat, dan bahkan kepribadian pada siswa.

Bakat sendiri merupakan karunia atau anugerah dari Tuhan yang dimiliki setiap manusia sejak lahir. Sedangkan minat adalah kecenderungan hati seseorang untuk menyukai sesuatu. Semua orang tentu memiliki minat bakat di dalam diri sendiri. Sayangnya tidak semua orang menyadari minat dan bakat mereka.

Melalui tes minat dan bakat ini, maka calon mahasiswa bisa mengetahui potensi dan bakat terpendam di dalam diri. Dengan begitu, maka siswa dapat melakukan cara memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat bakat mereka.

Hal yang Juga Perlu Diperhatikan

Selain melakukan tes psikologi minat dan bakat, Anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum memilih jurusan kuliah.

1. Mempelajari Jurusan yang Akan Dipilih

Sebelum memantapkan diri memilih suatu jurusan, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai jurusan tersebut. Beberapa kampus menyelenggarakan acara pengenalan kampus sekaligus jurusan di dalamnya.

Anda bisa mengikuti acara tersebut agar lebih mengerti gambaran yang akan dipelajari ketika sudah berhasil menjadi mahasiswa aktif.

2. Memperhatikan Peluang Kerja

Pada dasarnya, perguruan tinggi selain untuk menuntut ilmu juga bisa menjadi jembatan dalam jenjang karir. Selain potensi diri, cara memilih jurusan kuliah yang harus Anda perhatikan adalah mencari peluang kerjanya.

Cari tahu apakah pekerjaan yang berkaitan dengan jurusan tersebut masih relevan ketika Anda lulus nanti. Anda harus dapat melihat perkembangan dunia yang semakin cepat.

3. Hindari Memilih Jurusan Karena Ikut-Ikutan

Hal yang sangat perlu Anda hindari ketika memilih jurusan adaah hanya ikut-ikutan. Jangan karena kebanyakan teman Anda memilih jurusan A, maka Anda juga ikut memilihnya padahal tidak terlalu berminat. Tetap ikuti keinginan dalam diri karena melewati jurusan yang tidak disukai akan sangat menyiksa.

Tempat Tes Minat Bakat untuk Mencari Tahu Jurusan Kuliah

Tes minat bakat sangat penting untuk membantu Anda dalam menentukan jurusan kuliah. Apabila Anda sedang mencari tempat untuk tes minat bakat terpercaya dan berkompeten, maka pilihlah NS Development.

NS Development merupakan sebuah lembaga yang menyediakan berbagai jenis tes psikologi, termasuk tes minat bakat. Nilai tambahnya adalah mereka menyediakan tes online. Jadi, Anda memiliki waktu yang fleksibel dan lebih banyak dalam mengerjakan tes.

Meskipun online, tetapi sistem yang NS Development miliki sudah berintegritas. Hasil tes mereka sangat akurat dengan dan cepat tentunya cepat. Jangan tunda lagi melakukan tes minat bakat untuk cara memilih jurusan kuliah karena dapat menghindari Anda dari salah jurusan.

Tes Minat Bakat Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi minat dan bakat. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

Artikel berhubungan: