logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi untuk Menentukan Jurusan Kuliah

Tes psikologi sangat penting dilakukan sebelum memilih jurusan kuliah diperguruan tinggi. Kesalahan memilih jurusan (program studi), sangat berakibat buruk pada perkembangan karir kedepan.

Tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah penting dilakukan sekarang ini. Pasalnya hal tersebut dikarenakan sebagian besar akan merasa kebingungan dalam menentukan jurusan kuliah. Perlu Anda ketahui, bahwa menentukan jurusan kuliah bukan hanya yang jarang peminatnya saja. Supaya mempunyai peluang yang besar dalam diterima atau, Anda hanya mencari jurusan kuliah yang populer agar saat lulus nanti akan mudah dalam mencari pekerjaan.

Akan tetapi, Anda memerlukan pertimbangan dalam menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan kecocokan. Dimulai dari cocok mengenai bakat yang Anda miliki cocok dengan passion, dan lain sebagainya. Dikarenakan, semakin cocok dan sesuai jurusan kuliah dengan Anda. Maka hal tersebut akan semakin mudah bagi Anda dalam berkembang.

Tes Psikologi untuk Menentukan Jurusan Kuliah yang Tepat

Sekarang telah banyak sekali tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah yang bisa Anda gunakan dalam mengetahui jurusan apa yang sesuai dengan Anda. Salah satunya dengan menggunakan tes minat bakat.

Tes minat bakat yaitu menjadi salah satu tes psikologi yang mempunyai manfaat untuk Anda guna mengembangkan diri. Dengan Anda mengetahui bakat yang Anda miliki, bisa membuat Anda akan mudah dalam mengambil keputusan.

Terlebih, Anda juga bisa dengan mudah dalam menentukan langkah ataupun strategi yang nantinya akan Anda lakukan dalam mengambil keputusan. Terutama dalam hal mengambil apa jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat yang Anda miliki.

Bukan hanya itu saja, dengan melakukan tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah juga dapat membantu untuk menemukan program studi atau jurusan yang berada di Perguruan Tinggi yang sesuai dengan Anda. Pastinya hal ini akan sangat menguntungkan untuk yang masih merasa bingung ketika menentukan jurusan yang akan Anda pilih.

Selain itu juga, melakukan tes psikologi juga membantu Anda dalam meminimalisir terjadinya salah dalam mengambil jurusan kuliah. Hal tersebut bisa saja terjadi karena jurusan kuliah tidak sesuai dengan bakat Anda. Kemungkinan besar lebih besar dalam menghambat karir Anda kedepannya.

Hal yang Perlu Anda Perhatikan

Selain melakukan tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah, maka Anda juga perlu memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum mengambil keputusan dalam memilih jurusan kuliah.

1. Mempelajari Program Studi yang Akan Anda Pilih

Sebelum Anda menetapkan diri dalam memilih suatu program studi. Maka Anda perlu mencari tahu tentang jurusan tersebut terlebih dahulu. Biasanya beberapa kampus akan menyelenggarakan sebuah acara pengenalan kampus beserta dengan jurusan yang berada di dalamnya.

2. Memperhatikan Peluang Kerja

Pada dasarnya, dengan Anda melanjutkan ke perguruan tinggi bukan hanya untuk menuntut ilmu. Melainkan juga dapat menjadi jembatan dalam jenjang karir. Bukan hanya potensi dalam diri, namun cara memilih jurusan kuliah yang perlu Anda perhatikan yaitu mencari peluang kerja.

Anda dapat mencari tahu pekerjaan yang berkaitan dengan program studi tersebut. Apakah masih relevan ketika Anda lulus nanti. Anda juga perlu melihat perkembangan dunia yang begitu cepat.

3. Hindari Memilih jurusan Berdasarkan Ikut-Ikutan

Terdapat hal-hal yang perlu Anda hindari dalam memilih jurusan yaitu salah satunya hanya ikut-ikutan. Jangan hanya dikarenakan teman Anda memilih jurusan A, maka Anda juga ikut memilihnya. Padahal sebenarnya Anda tidak begitu berminat. Pastikan mengikuti keinginan dalam diri sebab melewati jurusan yang tidak Anda minati akan membuat tersiksa.

Rekomendasi Tes Minat Bakat

Tes minat bakat adalah salah satu tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah yang paling populer. Terdapat banyak jenis tes yang dapat Anda ikuti. Nah berikut ini sejumlah tes yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda.

Tes tersebut antara lainnya seperti tes Bakat Diferensial atau DAT, General Aptitude Test Battery atau GATB, Flanagan Aptitude Classification Test atau FACT, Numerical Ability atau tes berhitung. Terdapat pula Verbal Reasoning atau tes kemampuan verbal.

Apabila Anda ingin mengetahui cocok tidaknya dalam mengambil jurusan kuliah seperti Kimia, Fisika, Teknik, Matematika, sampai dengan Ilmu Sosial. Maka Anda bisa mencoba tes bakat minat yang Numerical Ability atau tes berhitung.

Namun jika menggunakan tes minat bakat yang Verbal Reasoning atau tes kemampuan verbal. Tes tersebut bisa memprediksi kemampuan Anda dalam bidang pendidikan atau akademik. Maka tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah tersebut bisa membantu Anda dalam menemukan jurusan kuliah yang sesuai.

Tes Minat Bakat Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi minat dan bakat. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

Artikel berhubungan: