logo PT Nirmala Satya Development
Perbedaan Minat dan Bakat

Minat dan bakat adalah dua frase kata yang berbeda yang dalam penggunaan sehari-hari selalu disandingkan.

Perbedaan minat dan bakat ternyata masih banyak orang yang belum menyadari dan mengetahuinya. Ketika ditanya sebenarnya apa sih perbedaan antara bakat dan minat itu? Tidak sedikit orang yang merasa bingung membedakan apa itu minat dan apa itu Bakat. Padahal sebenarnya keduanya itu sangat sering kita dengar. Terlebih lagi ketika memilih jurusan kuliah. Gimana alangkah lebih baiknya itu kita sesuaikan dengan bakat dan minat yang ada dalam diri kita.

Dengan demikian itu mengetahui bakat serta minat yang ada dalam diri itu merupakan hal penting. Karena memang keduanya akan berdampak pada masa depan. Banyak orang yang mengatakan bahwa bakat itu potensi. Lalu apa itu minat? Ada pula yang mengatakan bahwa minat itu merupakan rasa senang. Mengapa keduanya akan berdampak terhadap masa depan seseorang?

Penjelasan sebelumnya yang mengatakan bahwa minat bakat itu mempunyai peranan yang sangat penting. Misalnya saja begini, ketika memasuki sekolah perguruan tinggi kita salah dalam memilih jurusan karena tidak tahu minat serta bakat yang terdapat dalam diri kita. Bukan tidak mungkin pula Apabila salah dalam memilih jurusan tersebut akan mempengaruhi proses belajar, nilai, penundaan skripsi, dan lainnya.

Perbedaan Minat dan Bakat yang Penting Diketahui

Pada dasarnya minat dan bakat itu merupakan dua hal yang berbeda. Seorang anak yang mempunyai minat terhadap suatu hal contohnya sepakbola belum tentu aa mempunyai bakat pada bidang tersebut. Meskipun ia juga sangat sering melakukannya. Bagi Anda yang belum mengetahui mengenai perbedaan antara minat dan bakat berikut ini penjelasan lengkapnya.

  • Bakat

Ketahuilah bahwa kita akan mendapatkan atau mengetahui perbedaan minat dan bakat jika mengetahui pengertian dari keduanya terlebih dahulu. Perlu Anda ketahui bahwa bakat merupakan potensi yang dimiliki oleh seseorang sejak ia lahir. Dengan demikian itu bakat tersebut adalah sebuah potensi bawaan.

Berkat adanya bakat tersebut seseorang juga dapat mempelajari sesuatu dengan lebih cepat daripada orang lain dan hasilnya juga akan lebih baik. Misalnya saja adalah bakat menari menyanyi, menulis, dan lain sebagainya. Bukan hanya dari pengertiannya saja kita akan mengetahui perbedaan minat dan bakat. Karena bakat sendiri tidak hanya terdiri dari satu macam.

Lebih tepatnya bakat itu terbagi menjadi dua jenis ada bakat umum dan khusus. Bakat umum merupakan kemampuan dasar yang sifatnya itu umum atau dimiliki oleh setiap orang. Sebagai contohnya adalah bakat berjalan, bergerak, ataupun berbicara. Kemudian ada bakat khusus atau sebuah potensi yang hanya dimiliki oleh beberapa orang. Dengan begitu berarti tidak semua orang mempunyai bakat yang satu ini.

Seseorang yang mempunyai bakat khusus biasanya juga akan lebih menonjol daripada orang lain dalam suatu aspek. Apakah perumpamaan ada bakat verbal yang mempunyai potensi dalam menyampaikan kata-kata, numerical khusus pada bidang angka dan bakat skolastik adalah kombinasi logika dan angka. Tapi tidak hanya itu saja contoh dari bakat khusus ada bakat abstrak bakat spasial, bakat ketepatan, dan bakat linguistik.

  • Minat

Setelah mendapatkan sedikit informasi mengenai pengertian bakat serta contoh dan jenisnya, guna mengetahui perbedaan minat dan bakat kita juga harus memahami pengertian dari minat itu sendiri itu apa. Secara sederhana minat bisa diartikan sebagai ketertarikan seseorang terhadap sesuatu. Minat tersebut akan mengarahkan seseorang untuk fokus serta menggeluti suatu bidang tanpa adanya rasa atau unsur keterpaksaan.

Orang tersebut nantinya juga akan melakukan apa yang ia minati dengan rasa senang serta puas. Bukan hanya itu saja, minat juga merupakan pengembangan dalam mencampurkan seluruh kemampuan yang ada dalam diri guna mengarahkan diri pada suatu kegiatan yang disukai. Sama seperti halnya bakat, minat juga terbagi menjadi dua yakni minat vokasional dan avokasional.

Minat vokasional merupakan minat yang mempunyai kaitan dengan bidang pekerjaan. Example, minat akuntansi, minat keilmuan, minat athletic, minat mekanik, dan masih banyak lagi. Kedua adalah minat vokasional merupakan minat yang mempunyai hubungan dengan suatu kegiatan guna memperoleh kepuasan. Ketahuilah bahwa jenis minat yang satu ini juga dilakukan dengan berdasarkan hobi. Dengan mengetahui pengertian serta jenis-jenisnya tersebut juga akan mempermudah kita mengetahui perbedaan minat dan bakat.

Pada intinya, perbedaan minat dan Bakat, minat itu adalah kata tarikan seseorang terhadap suatu bidang ataupun aktivitas sedangkan bakat merupakan potensi bawaan yang ia miliki sejak lahir. Bakat itu sendiri tidak hanya bisa dilihat dari ketertarikan sedangkan orang yang berminat itu belum tentu berbakat. Di samping itu bahkan tidak membutuhkan stimulus ataupun rangsangan. Orang yang mempunyai bakat tidak perlu mempelajari sesuatu secara intens. Tapi minat membutuhkan rangsangan yang kuat untuk mencapai hasil yang terbaik.

Tes Minat Bakat Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi minat dan bakat. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

Artikel berhubungan: