logo PT Nirmala Satya Development
Psikotes Jurusan Kuliah

Hasil psikotes menjadi rekomendasi dan salah satu acuan utama yang dapat Anda pertimbangkan dalam menentukan jurusan kuliah

Saat ini banyak siswa yang memilih mengikuti psikotes jurusan kuliah. Apalagi beberapa mahasiswa mengaku apabila selama ini salah dalam memilih jurusan kuliah. Hal ini seringkali disadari saat memasuki pertengahan masa kuliah atau bahkan saat akhir-akhir menjelang kelulusan. Dengan banyaknya fenomena salah jurusan ini, terkadang membuat siswa yang baru akan memasuki dunia perkuliahan menjadi khawatir. Bahkan juga merasa takut apabila dirinya juga akan mengalami salah jurusan.

Mahasiswa yang mengaku salah jurusan karena ia merasa memiliki kemampuan yang jauh bertolak belakang dengan jurusan yang saat ini dipilih. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini banyak siswa yang akan mulai kuliah memilih melakukan tes psikotes. Hal ini dilakukan sebagai cara untuk mengetahui kemampuan sebenarnya dan jurusan kuliah yang paling sesuai.

Biasanya sekolah pun juga bekerja sama dengan lembaga-lembaga resmi dan profesional untuk mengadakan tes psikotes. Hasil tes jurusan kuliah ini yang menjadi acuan dalam pemilihan program studi bagi siswa tersebut. Saat ini ada beberapa yang menjadikan hasil tes sebagai patokan utama dalam memilih jurusan kuliah. Namun, ada juga yang menjadikan hasil tes ini hanya sebagai pertimbangan saja.

Alasan Mengikuti Psikotes Jurusan Kuliah untuk Diketahui

Tes yang satu ini sebuah modul psikologi yang dirumuskan untuk mengetahui kecenderungan psikologis seseorang. Untuk dapat mengetahui kecenderungan psikologis seseorang dan juga jurusan kuliah yang paling sesuai, hal ini akan terlihat dari beberapa hal. Mulai dari hal yang paling diminati, potensi, kekuatan, dan kelemahan diri.

Dengan beberapa pertimbangan tersebut, psikolog akan mengetahui kecenderungan psikologis seseorang dan akan menentukan beberapa hal. Tes psikotes akan membantu para siswa agar dapat mengenali dan memahami dirinya sendiri secara lebih baik. Tidak dapat dipungkiri apabila saat duduk di bangku sekolah hingga menjelang kelulusan, sebagian besar siswa belum dapat mengenali dirinya dengan baik.

Kebanyakan siswa tidak dapat mengenali kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Bahkan tidak mengetahui hobi dan apa yang menarik dari dalam dirinya. Oleh karena itu, psikotes jurusan kuliah yang memiliki peran penting sebagai sarana siswa untuk mengenali karakter dan kepribadiannya.

Meskipun hasil tes dapat dianggap terpercaya, apalagi mendapatkan pengawasan langsung oleh seorang psikolog. Tetap saja hasilnya bukan menjadi tes jurusan kuliah yang harus Anda ikuti. Namun, hasilnya dapat Anda dijadikan pertimbangan untuk menentukan jurusan kuliah. Apabila Anda masih belum memiliki pilihan jurusan yang pasti atau dijadikan pilihan kedua dalam menentukan pilihan.

Terdapat Factor Human Error

Kondisi fisik dan psikis seseorang saat mengerjakan psikotes jurusan kuliah sangat berpengaruh dengan hasil akhirnya nanti. Situasi dan kondisi sekitar tempat tes tersebut juga dapat mempengaruhi seseorang untuk mengerjakan tes dengan penuh konsentrasi atau tidak.

Apabila tidak konsentrasi penuh, kemungkinan hasilnya juga akan berbeda dengan saat konsentrasi penuh. Hal inilah yang dapat memicu masalah karena jurusan yang direkomendasikan menjadi jauh berbeda dengan kecenderungan psikologis Anda.

Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa hasil tes tersebut sangat jauh berbeda dengan kemampuan dan hal-hal yang disenanginya. Terkadang siswa merasa hasil tes tersebut tidak dapat dipercaya. Hal inilah yang dinamakan human error, saat fisik dan psikis seseorang kondisinya yang sedang tidak baik dalam mengerjakan tes.

Hasil tes tersebut memang dapat membantu Anda untuk mengetahui lebih dalam tentang kecenderungan psikologis. Hal ini karena hasil tes mendapatkan pengawasan langsung oleh psikolog professional. Anda dapat mengetahui lebih dalam mengenai kepribadian yang sebenarnya. Hasil tes memang akurat seratus persen atau kemungkinan lain akan meleset dengan adanya faktor human error saat mengerjakannya.

Oleh karena itu, hasil tes ini menjadi rekomendasi dan salah satu acuan yang dapat Anda pertimbangkan dalam menentukan jurusan kuliah. Saat ini Anda tidak perlu khawatir untuk mengikuti psikotes jurusan kuliah. Hal ini karena kini telah tersedia banyak lembaga untuk mengidentifikasi jurusan dalam bentuk psikotes online. Lembaga atau tempat yang terpercaya untuk melakukan tes online dalam rangka mengukur jurusan kuliah yang paling sesuai dengan Anda.

Psikotes Jurusan Kuliah Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat.

Artikel berhubungan: