logo PT Nirmala Satya Development
Platform Psikotes Online

Aspek yang dapat diukur dengan menggunakan platform psikotes online NS Development, terdiri dari beberapa aspek, sehingga menjadi rekomendasi utama untuk digunakan dalam proses rekrutmen.

Platform Psikotes Online yang bisa mengukur berbagai aspek dalam proses rekrutmen. Untuk bisa mendapatkan talenta potensial yang memiliki banyak kemampuan dan keahlian cukup mudah. Dari segi kuantitas, banyak yang memiliki kualifikasinya di atas rata-rata. Namun, untuk bisa menemukan talenta dengan kepribadian, soft skills, karakter, nilai-nilai, serta prinsip yang sesuai dengan kultur perusahaan menjadi sebuah tantangan.

Dengan menggunakan psikotes online, perusahaan Anda bisa memprediksi seorang talenta potensial. Calon kandidat yang memang tepat untuk bekerja sesuai posisi yang dilamar. Talenta potensial yang memang bisa memenuhi kebutuhan perusahaan saat ini hingga masa depan kelak.

Kenali Sejumlah Aspek yang Dapat Diukur Platform Psikotes Online

Psikotes merupakan serangkaian metode tes psikologis yang terstandarisasi dengan menggunakan paper dan pencil test yang berguna untuk mengungkap profil potensi individu.

Jawaban dari tes psikotes ini memungkinkan perekrut untuk memahami sisi psikis seorang kandidat, pola perilaku, pola pikir, dan karakteristiknya. Hal ini juga bisa memberikan gambaran kepada perekrut mengenai performa kandidat dalam sebuah lingkungan kerja.

Tak hanya itu, namun juga untuk mengetahui kandidat tersebut cocok dengan budaya perusahaan atau tidak. Untuk itu, tes psikotes menjadi sebuah hal penting bagi rekruter sebagai aspek tambahan penilaian seorang kandidat, di luar penilaian teknis serta keterampilan.

Aspek-aspek penilaian yang bisa diukur psikotes menjadi acuan bagi Anda. Metode seleksi ini yang relevan digunakan untuk mempekerjakan talenta potensial. Berikut ini adalah aspek-aspek yang bisa diukur oleh platform psikotes online.

1. Kompetensi

Kompetensi ini adalah keterampilan interpersonal atau keterampilan yang berfokus pada relasi manusia dan bisa digunakan dalam pekerjaan apapun. Umumnya yang berupa kemampuan talenta potensial dalam berkomunikasi, kerja tim, leadership, dan kemampuan beradaptasi. Tentu saja kompetensi yang dibutuhkan akan bervariasi berdasarkan pekerjaan yang dilamar.

Terkadang ada beberapa posisi yang membutuhkan kompetensi khusus. Dari berbagai macam kompetensi kerja ada lima di antaranya yang bisa diukur dengan psikotes online. Mulai dari  Integritas, Problem solving, Adaptability, Kolaborasi dengan rekan kerja, maupun pihak eksternal, serta Komunikasi.

2. Kemampuan Kognitif

Platform psikotes online juga bisa mengukur aspek kemampuan kognitif seseorang. Kemampuan ini adalah keterampilan otak dan proses mental yang dibutuhkan untuk melakukan tugas apa pun. Hal ini lebih berkaitan dengan mekanisme belajar, mengingat, dan memperhatikan dibanding pengetahuan yang telah dipelajari seseorang.

Dalam dunia kerja, tingkatan jabatan dan posisi yang berbeda, tentunya juga akan membutuhkan kemampuan kognitif yang berbeda. Misalnya, posisi manajerial akan banyak melibatkan pengambilan keputusan rumit, pada akhirnya akan mempengaruhi banyak pihak.

Berbeda dengan kemampuan kognitif yang dibutuhkan oleh posisi administratif entry level, talenta potensial yang dibutuhkan kemampuan perseptual speed.

3. Kepribadian

Aspek lain yang juga penting untuk dinilai platform psikotes online di dunia kerja yakni kepribadian masing-masing. Untuk menilai kepribadian seseorang dengan karakter pada posisi pekerjaan dan kultur perusahaan.

Jika memiliki kepribadian ekstrovert lebih baik memberikan posisi yang mengharuskannya berkomunikasi dengan banyak orang. Untuk menilai kepribadian kandidat, setiap perusahaan perlu mempelajari tes kepribadian. Kemudian perusahaan bisa menentukan langkah selanjutnya dalam perekrutan.

Terutama jika kepribadiannya cocok dengan apa yang dibutuhkan perusahaan. Hasil penilaian kepribadian talenta bisa membantu perusahaan memahami cara meningkatkan kualitas dan retensi talenta perusahaan. Selain itu, meminimalisir turnover rates yang bisa berpengaruh dengan pendapatan perusahaan.

4. Motivasi dan Nilai Kerja

Menilai kecocokan talenta potensial dengan kultur dan nilai-nilai organisasi sangat penting untuk mendapatkan gambaran motivasi kerja, aspek motivasi dan nilai atau values yang dimiliki oleh calon kandidat.

Aspek ini perlu diukur dengan menggunakan psikotes online. Sebab, tanpa adanya alat ukur, praktisi HR tidak mungkin mengetahui keyakinan seseorang yang menjadi prinsip dan motivasi dalam berperilaku. Seorang kandidat dengan jiwa yang tertantang dan pantang menyerah menjadi modal berharga bagi perusahaan.

Salah satu rekomendasi platform psikotes online terbaik di Indonesia saat ini yakni NS Development. NS Development yang memiliki psikolog-psikolog yang berpengalaman pada bidang Industri, pendidikan maupun klinis. Kolaborasinya dengan tim IT dan ahli Psikometri sehingga menghasilkan sebuah Aplikasi Psikotes Online untuk kebutuhan perusahaan dan institusi Anda.

Artikel berhubungan: