logo PT Nirmala Satya Development
Coping Stress

Coping stres merupakan sebuah cara dan metode untuk mengurangi dampak dari stres. Metode mudah dilakukan oleh siapa saja yang sedang mengalami stres.

Setiap individu tentu memiliki mekanisme pertahanan diri untuk mengurangi stres yang mereka terima. Individu punya caranya masing-masing untuk mengatasi ketegangan akan tuntutan yang mereka terima dari lingkungannya. Hal itu disebut dengan istilah coping stress, pada artikel kali ini kita akan membahasnya lebih dalam.

Pengertian Coping Stress Menurut Para Ahli

Menurut Maramis coping stres adalah tindakan atau usaha yang dilakukan untuk mengatasi stres, yang dapat dilakukan baik secara sadar maupun tidak sadar.

Lazarus & Folkman menjelaskan Coping stres adalah tindakan kognitif dan upaya perilaku untuk mengasimilasi, mentoleransi, dan mengurangi tuntutan yang dibuat.

Menurut Radley Coping stres didefinisikan sebagai adaptasi kognitif dan perilaku untuk mencapai kondisi yang lebih baik dengan cara mengurangi dan mentoleransi tuntutan yang menimbulkan stres.

Folkman dan Moskowitz Coping adalah proses dinamis yang melibatkan kognisi dan perilaku yang berubah dari waktu ke waktu dan memengaruhi interaksi antara individu dengan lingkungannya, termasuk berbagai upaya yang dilakukan individu untuk mengatasi atau mengurangi stres.

Sarlito Wirawan Sarwono Coping adalah respon terhadap stres dari lingkungan dengan cara mengubah atau menyesuaikan diri dengan tuntutan atau tantangan dari lingkungan.

Yulia Lestari Coping adalah keterampilan atau kemampuan untuk merespon stres dan ketegangan yang dialami individu dengan cara memecahkan masalah, mengelola emosi, dan mencari dukungan sosial.

Tjia May On Coping adalah suatu proses psikologis di mana seorang individu berusaha untuk mengatasi stres atau tuntutan yang dialaminya melalui berbagai strategi dan usaha.

Windy C. K. Lomba Coping adalah upaya sadar individu untuk mengatasi stres dan mengurangi efek negatifnya melalui strategi yang sehat dan adaptif.

Ismail Tahir Coping adalah usaha individu untuk mengatasi atau beradaptasi dengan situasi atau peristiwa yang menekan dengan cara yang efektif dan positif.

Matheny menjelaskan bahwa coping adalah suatu usaha yang sehat atau tidak sehat, positif atau negatif, disadari atau tidak disadari untuk mencegah, menghilangkan atau mengurangi stressor atau memberikan ketahanan terhadap stress.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa coping stress adalah adalah upaya atau strategi yang digunakan individu untuk mengatasi tekanan dan stres yang dialaminya dengan cara mengubah perilaku dan cara berpikir ketika menghadapi masalah dan tantangan.

Riset Tentang Coping Stress

Banyak peneliti di bidang psikologi dan bidang terkait telah melakukan penelitian tentang cara mengatasi stres. Berikut adalah beberapa contoh penelitian tentang mengatasi stres.

  1. Penelitian Lazarus dan Forkman (1984) tentang cara mengatasi stres menemukan bahwa orang yang menggunakan coping stress untuk mengatasi stres yang positif dan berorientasi pada masalah cenderung mengatasi stres dengan lebih efektif dibandingkan mereka yang menggunakan strategi yang negatif dan berorientasi pada emosi.
  2. Sebuah studi oleh Carver, Scheier, dan Weintraub (1989) menemukan bahwa orang yang memiliki pengalaman menggunakan berbagai coping stress yang fleksibel cenderung memiliki kesejahteraan psikologis dan kemampuan yang lebih baik dalam mengatasi stres dibandingkan mereka yang hanya menggunakan satu atau dua strategi coping.
  3. Sebuah studi oleh Folkman dan Moskowitz (2004) menemukan bahwa orang yang mampu menyesuaikan coping stress mereka dengan situasi yang berbeda cenderung dapat bertahan dari stres kronis.
  4. Sebuah studi oleh Yusof, Abdul Rahim, dan Yaakob (2010) di Malaysia menemukan bahwa mahasiswa yang menggunakan coping stress yang sehat dan adaptif cenderung memiliki tingkat stres yang lebih rendah dan kesehatan mental yang lebih baik.
  5. Sebuah studi oleh Hidayati dan Ismail (2015) dijelaskan bahwa  di Indonesia menemukan bahwa orang dengan kecerdasan emosional yang lebih tinggi cenderung lebih baik dalam mengatasi stres dan memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Dapat disimpulkan bahwa coping stress merupakan hal yang sangat berguna bagi diri individu  dalam menghadapi berbagai tantangan hidup. Dengan coping stress seseorang bisa mengembangkan diri dan terus maju tanpa merasa takut dengan tantangan kedepannya.

Untuk mengetahui kemudian masalah kepribadian, kamu dapat melakukan Tes Psikologi Online yang disediakan oleh NS Development.

Artikel berhubungan: