logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Perlu persiapan khusus sebelum dan selama mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah, agar dapat menghasilkan hasil tes yang valid dan reliable.

Tes minat bakat jurusan kuliah saat ini banyak diikuti oleh siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Apalagi tidak sedikit siswa-siswi Indonesia yang memiliki ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, terkadang merasa kebingungan untuk menentukan jurusan kuliah yang tepat. Belum lagi apabila jurusan yang diinginkan tidak sesuai dengan jurusan yang diambil di sekolah sebelumnya.

Tentu siswa tersebut akan merasa khawatir apabila memilih jurusan kuliah yang salah. Sebab kenyataan tersebut nantinya juga akan berdampak terhadap prestasi yang diraihnya. Oleh karena itu, mengikuti tes minat bakat sangat penting. Namun  sebelum mengikuti tes ada yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu.

Inilah Persiapan Sebelum Mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Sebelum Anda mengikuti tes ini perlu mempersiapkan beberapa hal penting. Tujuannya agar Anda mendapatkan hasil tes yang terbaik. Berikut ini adalah beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum mengikuti tes.

1. Pahami Sistem yang Digunakan

Salah satu persiapan yang perlu Anda lakukan yakni mengetahui sistem yang digunakan dalam tes dengan baik dan benar. Salah satu tes yang sering digunakan yakni MBTI atau Myer Briggs Type Indicator. Tes ini akan membantu mengungkapkan kepribadian ekstrovert atau introvert, pemikir atau perasa, serta memahami, atau suka menilai.

Bahkan hingga mengungkapkan orang yang sering mengikuti intuisi atau hanya sekedar pengamat. Pastikan Anda mengetahui segala informasi mengenai tes tersebut secara detail. Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan persiapan lainnya yang perlu dilakukan.

2. Minimalkan Semua Distraksi atau Gangguan

Sebelum Anda mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah, maka perlu meminimalkan segala distraksi ataupun gangguan. Pastikan bahwa tidak ada hal yang mengganggu pikiran maupun ketenangan sebelum mengikuti tes. Misalnya apabila ada anggota keluarga yang menonton TV dengan volume kencang, maka perlu memintanya untuk mengecilkan volume tv sejenak.

Gangguan atau distraksi bukan hanya berasal dari lingkungan, Anda juga perlu menghilangkan gangguan tersebut dari dalam diri. Misalnya dengan mengurangi keinginan untuk mengecek pesan atau telepon yang masuk, membuat status atau story, dan lainnya. Dengan meminimalkan semua distraksi, Anda dapat mengikuti tes minat bakat dengan penuh konsentrasi.

3. Fokuslah dengan Setiap Pertanyaan

Saat Anda mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah ini, sebaiknya tetap fokus dengan setiap pertanyaannya.

Setelah itu, Anda perlu memahami setiap pertanyaan, soal tersebut benar-benar menggambarkan diri kamu atau justru sebaliknya. Pastikan untuk selalu menelaah setiap pertanyaan yang diberikan. Penting bagi Anda dalam kondisi santai dan tenang sehingga dapat menikmati setiap waktu yang berjalan sembari mengerjakan soal.

Tak perlu khawatir, apabila Anda merasa memberikan jawaban yang salah karena tidak memahami pertanyaannya dengan baik. Anda dapat kembali ke pertanyaan dan mengubah jawaban tersebut. Biasanya tes ini menggunakan sistem yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan para penggunanya.

4. Pastikan Bersikap Jujur

Hal yang tak kalah penting dalam tes minat bakat jurusan kuliah ini yakni Anda harus bersikap jujur. Pastikan Anda tidak memberikan jawaban dengan menjadi orang lain. Sebab, setiap poin dari pertanyaan tersebut akan berpengaruh dengan hasil tesnya nanti. Saat memilih poin yang kurang sesuai dengan diri Anda, maka hasilnya juga akan jauh berbeda dengan kondisi yang sebenarnya. Menjadi orang yang jujur bagi diri sendiri merupakan hal yang sangat penting demi kebaikan Anda sendiri.

5. Pastikan Fisik dan Psikologis dalam Kondisi Baik

Tes minat bakat ini tidak hanya membutuhkan waktu saja, namun juga membutuhkan pikiran dan tenaga. Oleh karena itu, sebelum mengikuti tes ini, pastikan kondisi fisik Anda benar-benar baik.

Selain itu, Anda juga perlu mengusahakan kondisi psikologis sedang baik-baik saja. Tubuh yang sehat dan mental yang kuat sangat berpengaruh untuk menjawab setiap pertanyaan. Persiapkan mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, sebelum mengikuti tes minat bakat ini. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil yang terbaik.

Sebelum Anda mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah memang membutuhkan banyak persiapan. Kini, Anda mengikuti tes bersama dengan NS Development. Hasil psikotes di NS Development yang diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog berpengalaman dibidangnya.

Tes Minat Bakat Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi minat dan bakat. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

Artikel berhubungan: