logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Pemilihan jurusan kuliah yang tidak sesuai dengan bakat anda akan memberikan dampak yang besar pada pengembangan karir anda kedepan.

Siapa bilang menentukan jurusan kuliah itu sulit? Kini, kamu bisa mendapatkan kemudahan melalui tes minat bakat jurusan kuliah. Tes minat bakat ini pada dasarnya tidak hanya bermanfaat untuk mengetahui jurusan yang tepat bagi kamu saja. Melainkan juga memudahkan kamu untuk mengetahui seberapa besar potensi kamu dalam bidang tertentu.

Selain itu, tes ini akan membantu kamu supaya tidak salah dalam memilih jurusan. Sebab, memilih jurusan kuliah yang tidak sesuai dengan bakat kamu akan memberikan dampak yang besar. Misalnya saja seperti kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran, sulit untuk mengembangkan diri, dan lain sebagainya.

Bidang dalam Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Sejatinya, ada banyak alat tes minat bakat yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah tes kuder preference record-vocational.

Alat ini berfungsi untuk memetakan minat yang seseorang miliki pada suatu jenis, bidang, ataupun posisi pekerjaan tertentu. Berikut ini beberapa bidang minat yang terdapat dalam tes tersebut.

1. Bidang Outdoor

Pada bidang outdor ini merupakan ketertarikan seseorang pada aktivitas ataupun pekerjaan yang dilakukan di luar ruangan. Aktivitas maupun pekerjaan ini bersifat tidak rutin.

2. Bidang Mekanik

Bila kamu memiliki bidang minat mekanik maka akan cenderung tertarik pada pekerjaan yang berkaitan dengan mesin, peralatan, maupun hal-hal lainnya yang berkaitan dengan bidang mekanik tersebut. Bidang ini sangat cocok bagi kamu yang ingin bekerja dalam bidang mekanik sebagai operator mesin, seorang teknisi mesin, maupun insinyur sipil.

3. Bidang Computational

Tes minat bakat jurusan kuliah ini juga memiliki bidang minat yang berkaitan dengan angka-angka. Kamu yang menyukai kegiatan atau pekerjaan yang membutuhkan perhitungan matematis, analisis angka, maupun sejenisnya, bisa memilih jurusan sesuai dengan bidang ini.

Ketika kamu memilih jurusan kuliah sesuai bidang ini maka ada beberapa peluang karir yang menantimu di masa depan nanti. Misalnya saja sebagai seorang guru matematika, auditor, staff perpajakan, accounting, hingga menjadi seorang matematikawan.

4. Bidang Scientific

Bidang minat lainnya yakni bidang scientific. Minat dalam bidang sains ini, itu artinya kamu lebih menyukai tentang hal-hal yang berkaitan dengan keilmuan maupun ilmiah. Jurusan kuliah yang bisa kamu ambil, ada baiknya tidak jauh-jauh dengan kegiatan riset, penelitian, eksperimen, maupun analisis.

5. Bidang Persuasif

Bidang minat selanjutnya yakni bidang persuasive. Pada bidang ini, kamu merupakan orang yang memiliki minat dan kecenderungan untuk bernegosiasi, bermusyawarah, berdiskusi, maupun berbicara dengan orang banyak.

Kamu yang tergolong orang dalam bidang ini akan lebih senang bekerja sebagai seorang marketing, penyiar radio, maupun hal lainnya. Jadi, ada baiknya jika kamu mengambil jurusan kuliah yang sesuai dengan bidang ini.

6. Bidang Artistik

Dalam tes minat bakat jurusan kuliah juga ada bidang artistik. Artistic ini merupakan bidang yang memiliki ketertarikan dengan seni ataupun menciptakan sesuatu yang baru dan inovatif.

Sesuatu yang baru dan inovatif ini juga berkaitan dengan kesenian. Jika kamu mempunyai ketertarikan dengan bidang artistic ini, bisa mengambil jurusan kuliah yang bisa mengantarkan karirmu menjadi seorang seniman.

7. Bidang Literary

Pada bidang minat literary ini berkaitan dengan bidang sastra. Hal ini meliputi kegiatan membaca, menulis, maupun mengarang.

Kamu yang memiliki minat pada bidang ini umumnya memiliki ketertarikan untuk menjadi seorang penulis, sastrawan, editor, maupun filsuf. Maka dari itulah, penting untuk memilih jurusan yang berkaitan dengan bidang ini.

8. Bidang Musical

Bidang minat musical dalam tes minat bakat jurusan kuliah ini berkaitan dengan musik. Bila kamu memiliki minat pada bidang musik, bisa memilih jurusan kuliah yang mengantarkan karir kamu untuk menjadi seorang musisi, penyanyi, pemain alat musik, hingga composer.

9. Bidang Social Service

Social service ini merupakan seseorang yang memiliki ketertarikan dengan masalah keamanan umum, sosial, maupun kesejahteraan bersama. Jurusan kuliah yang bisa kamu pilih berkaitan dengan profesi seperti psikologi, guru, atau sukarelawan, aktivis, maupun lainnya.

10. Bidang Clerical

Bidang clerical ini merupakan bidang yang berkaitan dengan administrasi maupun akuntansi. Kamu bisa memilih jurusan kuliah yang berkaitan dengan accounting, banker, maupun yang lainnya.

Dengan tes minat bakat jurusan kuliah ini kamu bisa mendapatkan pekerjaan pada bidang yang tepat. Itulah mengapa, jangan pernah ragu untuk mengikuti tes ini.

Tes Minat Bakat Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi minat dan bakat. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

Artikel berhubungan: