logo PT Nirmala Satya Development
Insecure

insecure yang berlebihan dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental, hubungan, dan kebahagiaan seseorang secara keseluruhan

Insecure adalah emosi umum yang dialami setiap orang pada suatu saat dalam hidup mereka. Ini adalah emosi alami manusia yang berasal dari perasaan tidak pasti dan rentan. Namun, insecure yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan mental, hubungan, dan kebahagiaan seseorang secara keseluruhan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lima dampak negatif dari insecure yang berlebihan, berdasarkan pendapat para ahli.

Dampak Negatif Insecure

Ada beberapa dampak negatif dari perasaan insecure. Berikut dijelaskan beberapa dampai tersebut:

1. Hilangnya rasa percaya diri dan harga diri yang rendah

Insecure yang berlebihan sering kali menyebabkan ketidakpercayaan diri dan harga diri yang rendah. Orang dengan insecure yang berlebihan cenderung memiliki citra diri yang negatif dan selalu mencari validasi dari orang lain. Menurut Dr Robert Leahy, penulis buku The Worry Cure, insecure yang berlebihan menciptakan lingkaran setan ketidakpercayaan diri dan pembicaraan negatif tentang diri sendiri. Saat Anda meragukan diri sendiri, Anda cenderung berfokus pada kelemahan Anda dan gagal mengenali kekuatan Anda, katanya.

2. Isolasi sosial

Efek negatif lain dari insecure yang berlebihan adalah isolasi sosial. Orang yang cemas cenderung menarik diri dari situasi sosial dan menghindari interaksi sosial. Mereka mungkin merasa tidak nyaman dalam kelompok atau menghindari menjalin pertemanan baru. Akibatnya, mereka merasa kesepian dan terisolasi, yang memperkuat insecure mereka. Ketika orang merasa cemas, mereka cenderung mengisolasi diri mereka sendiri, kata psikolog klinis dan penulis Lisa Firestone, PhD. Hal ini menyebabkan perasaan kesepian dan keterputusan yang lebih besar.

3. Kecemasan dan depresi

Insecure yang berlebihan dapat menyebabkan kecemasan dan depresi. Orang yang insecure cenderung khawatir secara berlebihan tentang hubungan, pekerjaan, dan masa depan mereka. Mereka juga mengalami pikiran dan perasaan negatif seperti ketakutan, kesedihan, dan keputusasaan. Menurut Judith Beck, PhD, penulis Terapi Perilaku Kognitif, "Ketika orang terlalu cemas, mereka cenderung memperburuk keadaan atau mengantisipasi skenario terburuk, yang dapat menyebabkan insecure dan depresi.

4. Cemburu dan iri hati

Orang yang cemas sering kali menderita karena cemburu dan iri hati. Mereka mungkin merasa terancam oleh kesuksesan atau pencapaian orang lain atau membandingkan diri mereka dengan orang lain. Akibatnya, mereka memendam perasaan marah dan dendam terhadap orang lain. Insecure dapat menjadi racun bagi hubungan dengan memicu rasa iri dan cemburu, yang berujung pada perasaan benci dan marah, kata psikolog klinis dan penulis Melanie Greenberg, PhD.

5. Pengambilan keputusan yang buruk

Terakhir, insecure yang berlebihan menyebabkan pengambilan keputusan yang buruk. Orang yang cemas mungkin mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan karena mereka cenderung melihat diri mereka sebagai orang kedua. Mereka juga mungkin rentan terhadap tekanan teman sebaya, membuat keputusan berdasarkan pendapat orang lain daripada penilaian mereka sendiri. Insecure yang berlebihan dapat menyebabkan keragu-raguan dan kurangnya ketegasan, sehingga sulit untuk membuat keputusan penting kata Dr. Katanya.

6. Menurunkan kesehatan fisik

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa rasa tidak aman yang berlebihan juga dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik. Menurut Dr. Richard Davidson, seorang ahli saraf dan psikolog, "rasa tidak aman yang berlebihan dapat mengaktifkan respons stres tubuh, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan fisik, seperti tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, dan fungsi kekebalan tubuh yang melemah."

Kesimpulannya, insecure yang berlebihan dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental, hubungan, dan kebahagiaan seseorang secara keseluruhan. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya rasa percaya diri, isolasi sosial, insecure dan depresi, cemburu dan iri hati, serta pengambilan keputusan yang buruk. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami insecure yang berlebihan, penting untuk mencari bantuan. Dengan bantuan terapis dan konselor, individu dapat belajar mengelola insecure mereka dan membangun harga diri dan kepercayaan diri, dan penting untuk diingat bahwa, menurut Dr Greenberg insecure adalah pengalaman yang umum terjadi, dan tidak perlu malu meminta bantuan untuk mengatasinya.

Untuk melihat kondisi psikologis kamu apakah dalam kondisi baik atau tidak, kamu dapat melakukan Tes Psikologi Online yang tersedia oleh platform kami NS Development.

Artikel berhubungan: