logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Untuk mengetahui dan memahami bakat perlu dilakukan dengan asesmen psikologi. Assessment ataupun pengukuran psikologi bakat menjadi serangkaian tes yang dilakukan.

Ternyata ada banyak jenis tes minat bakat jurusan kuliah yang seringkali digunakan. Dengan mengikuti tes minat bakat tersebut, tentu akan memudahkan dalam menentukan jurusan kuliah di perguruan tinggi. Seperti yang banyak diketahui bahwa menentukan jurusan kuliah saat ini bukan perkara yang mudah. Apalagi dengan banyaknya mahasiswa yang merasa salah dalam memilih jurusan. Sebenarnya tes minat bakat ini tidak hanya dapat Anda lakukan untuk mempermudah dalam menentukan jurusan kuliah.

Peranan tes minat bakat juga berguna dalam proses melamar pekerjaan. Sebab, berfungsi untuk membantu perekrut mengenal kekuatan serta kelemahan dari pelamar tersebut. Apabila tes tersebut berguna untuk menentukan minat siswa terhadap jurusan kuliah, maka juga akan mampu memperkirakan bidang pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda .

Meski memiliki fungsi yang sama untuk mengukur pengetahuan serta keterampilan seseorang, namun tes bakat juga memiliki jenis berbeda. Oleh karena itu, pada penggunaannya juga perlu Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Inilah Jenis Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Untuk mengetahui dan memahami bakat perlu dilakukan dengan asesmen psikologi. Assessment ataupun pengukuran psikologi bakat menjadi serangkaian tes yang dilakukan. Tujuannya untuk dapat mengungkap karakteristik menggunakan alat-alat tes psikologi. Nantinya alat tersebut dapat mengukur bakat yang dimiliki seseorang. Perlu Anda ketahui bahwa alat tes khusus tersebut juga sudah dirancang oleh para ahli dengan menggunakan metode psikometri.

Hal penting untuk melakukan tes bakat minat yakni mempunyai validitas dan reliabilitas yang tinggi. Apabila tes tersebut tidak mempunyai reliabilitas yang tinggi, tentu tidak disarankan untuk asesmen psikologi. Berikut ini adalah beberapa jenis tes minat bakat jurusan kuliah yang ada saat ini.

1. Tes Penalaran Abstrak

Salah satu tes minat bakat yang digunakan yakni tes penalaran abstrak. Tes ini dapat membantu menilai kemampuan seseorang untuk memenuhi berbagai perubahan bentuk. Selain itu, juga dapat menghasilkan gagasan yang unik dan membuat gambar baru dari ilustrasi terdahulu. Tak hanya itu saja, namun tes ini juga dapat mengevaluasi kemampuan dalam menghubungkan data yang tersedia secara logis. Tujuannya, untuk mengetahui kreativitas dan kemampuan dalam memecahkan setiap masalah.

2. Penalaran Numerik

Tes yang digunakan selanjutnya yakni ada tes penalaran numerik. Salah satu jenis tes minat bakat jurusan kuliah ini berfungsi untuk menganalisis kemampuan seseorang, khususnya untuk menghubungkan dengan angka. Seperti halnya kemampuan matematika yang menjadi kompetensi utama yang akan diuji melalui tes ini. Tujuannya untuk mengukur kemampuan dari masing-masing individu. Sehingga membuat keputusan yang benar saat dihadapkan dengan data numerik ataupun statistik. Seperti halnya grafik, bagan, pecahan, seri angka, persamaan dan sebagainya.

3. Penalaran Verbal

Tes penalaran verbal juga termasuk jenis tes dalam menentukan jurusan kuliah. Sebuah tes ini dapat membantu mengevaluasi kemampuan menulis, memahami teks serta narasi. Selain itu, juga dapat digunakan untuk mengetahui keterampilan seseorang dalam melakukan komunikasi. Bahkan juga untuk mengukur kemampuan dalam memahami, menarik kesimpulan, fokus serta menganalisis.

Untuk penerapannya sendiri, tes jenis ini meminta Anda untuk membaca bagian dari teks secara keseluruhan terlebih dahulu. Hal tersebut juga termasuk salah satu tips yang perlu Anda perhatikan saat mengerjakan jenis tes minat bakat jurusan kuliah ini. Membaca untuk memahami informasi dari teks tersebut lalu menjawab pertanyaannya.

4. Logika dan Spasial

Tes penalaran logika juga dapat membantu mengevaluasi kemampuan individu dalam menarik kesimpulan yang ada. Tes ini juga dapat mengasah kemampuan Anda dalam berpikir logis dan menjadi bagian tes minat bakat yang cukup penting. Perlu Anda ketahui bahwa memiliki pikiran logis menjadi hal yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan sehari-hari, baik bagi dunia pendidikan maupun pekerjaan.

Sementara untuk tes penalaran spasial untuk dapat memahami hubungan antar objek. Tujuannya untuk mengukur kemampuan individu dalam menyimpan informasi, baik yang berupa bentuk, gambar, pola, urutan serta dalam mengingatnya. Umumnya jenis tes ini dilakukan bagi individu yang cenderung memiliki pemikiran visual dan dapat berimajinasi dengan mudah.

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, ada banyak jenis tes minat bakat jurusan kuliah yang digunakan. Saat ini NS Development hadir sebagai aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti Anda miliki agar lebih mudah.

Tes Minat Bakat Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi minat dan bakat. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

Artikel berhubungan: