logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Assessment ataupun pengukuran psikologi bakat merupakan serangkaian tes yang dilakukan guna mengungkap karakteristik menggunakan alat-alat tes psikologi

Macam-macam tes minat bakat jurusan kuliah juga menjadi informasi yang sangat penting. Dengan mengikuti tes minat bakat tersebut kita akan lebih mudah menentukan jurusan kuliah di perguruan tinggi. Seperti yang sudah kita ketahui juga bahwa menentukan jurusan kuliah saat ini bukan merupakan hal yang mudah. Nyatanya banyak mahasiswa Indonesia yang merasa salah dalam memilih jurusan.

Sebenarnya tes minat bakat ini tidak hanya bisa dilakukan untuk mempermudah kita dalam menentukan jurusan kuliah. Peranan tes minat bakat itu sendiri juga ada ketika proses melamar pekerjaan. Sebab yang demikian itu berfungsi membantu perekrut mengenal kekuatan serta kelemahan dari pelamar itu sendiri. Apabila tes tersebut dimanfaatkan untuk menentukan minat siswa terhadap jurusan kuliah. Maka dan ini juga akan mampu memperkirakan bidang pekerjaan yang sesuai dengan passion siswa tersebut.

Walaupun sama-sama berfungsi untuk mengukur pengetahuan serta keterampilan seseorang. Tetapi tes bakat mempunyai jenis yang berbeda. Sehingga penggunaannya pun juga akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Ketahui Jenis Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Guna mengetahui serta memahami bakat perlu untuk melakukan asesmen psikologi. Assessment ataupun pengukuran psikologi bakat merupakan serangkaian tes yang dilakukan guna mengungkap karakteristik menggunakan alat-alat tes psikologi. Nantinya alat tersebut akan mengukur bakat dari seseorang. Ketahuilah bahwa alat tes khusus tersebut juga sudah dirancang oleh orang-orang yang ahli dengan menggunakan metode psikometri.

Syarat utama untuk melakukan tes bakat minat adalah mempunyai validitas serta reliabilitas yang tinggi. Apabila tes tersebut tidak mempunyai reliabilitas yang tinggi maka tidak direkomendasikan untuk asesmen psikologi. Nah, berikut ini terdapat macam-macam tes minat bakat jurusan kuliah yang ada di Indonesia.

1. Tes Penalaran Abstrak

Untuk macam-macam tes minat bakat jurusan kuliah pertama ada tes penalaran abstrak. Atas ini dapat menilai kemampuan seseorang dalam memenuhi berbagai perubahan bentuk. Selain itu juga dapat menghasilkan gagasan yang unik serta membuat gambar baru dari ilustrasi terdahulu.

Bukan hanya itu saja tes ini juga dapat mengevaluasi kemampuan menghubungkan data yang tersedia secara logis. Dengan tujuan, untuk mengetahui kreativitas serta kemampuan dalam memecahkan masalah dari setiap individunya.

2. Penalaran Numerik

Kemudian ada tes penalaran numerik. Salah satu jenis tes minat bakat ini berfungsi untuk menganalisis kemampuan seseorang. Terlebih untuk menghubungkan dengan angka. Seperti halnya kemampuan matematika yang merupakan kompetensi utama yang akan diuji melalui tes numerik ini.

Bertujuan untuk mengukur kemampuan individu. Membuat keputusan yang benar apabila dihadapkan dengan data numerik ataupun statistik sekalipun. Seperti halnya grafik, bagan, pecahan, seri angka, persamaan dan masih banyak lagi.

3. Penalaran Verbal

Selain itu macam-macam tes dalam minat bakat untuk menentukan jurusan kuliah ada tes penalaran verbal. Sebuah tes yang dapat mengevaluasi kemampuan menulis, memahami teks ataupun narasi. Namun disisi lain, ini juga dapat mengetahui keterampilan seseorang dalam melakukan komunikasi. Tak hanya itu saja manfaat dari tes jenis ini, melainkan juga untuk mengukur kemampuan dalam memahami, menarik kesimpulan, fokus dan menganalisis.

Dalam penerapannya sendiri, tes jenis ini mengharuskan Anda untuk membaca bagian dari teks secara menyeluruh terlebih dahulu. Hal tersebut juga menjadi salah satu tips yang harus diperhatikan ketika mengerjakan jenis tes bakat minat yang satu ini. Selain membaca memahami informasi dari teks tersebut kemudian baru menjawab pertanyaannya.

4. Logika dan Spasial

Tidak hanya itu saja melainkan ada juga tes penalaran logika yang dapat mengevaluasi kemampuan individu dalam menarik kesimpulan yang masuk agar dari informasi atau pun kenyataan. Melakukan tes ini juga dapat mengasah kemampuan untuk berpikir logis dan menjadi bagian tes minat bakat yang penting. Pasalnya, mempunyai pikiran logis menjadi hal yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan sehari-hari terlebih bagi dunia pendidikan ataupun pekerjaan.

Terakhir yang termasuk dalam macam-macam tes minat bakat jurusan kuliah adalah tes penalaran spasial. Lebih tepatnya tes ini adalah kompetensi guna Memahami hubungan antar objek. Manfaatnya untuk mengukur kemampuan individu dalam menyimpan informasi yang berupa bentuk, gambar, pola, urutan serta dalam mengingatnya. Umumnya juga jenis tes ini dilakukan bagi individu yang cenderung mempunyai pemikiran visual, dapat berimajinasi dengan mudah.

Tes Minat Bakat Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi minat dan bakat. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

Artikel berhubungan: