logo PT Nirmala Satya Development
Phubbing

perilaku phubbing merupakan hal yang tidak baik dilakukan ketika bertemu atau sedang berkomunikasi dengan orang lain.

Ketika kamu berada dalam suatu pembicaraan apakah lawan bicara mu tidak mendengar dan memainkan handphonenya? Sehingga kamu merasa diacuhkan. Atau bahkan kamu yang melakukan hal itu sebaliknya? Mendapat respon tersebut tentunya kita merasa tidak nyaman bahkan merasa tidak dihargai. Perilaku tersebut dikenal dengan istilah Phubbing. Jadi apa itu phubbing?. Mari kita bahas pada artikel kali ini.

Pengertian Phubbing Menurut Ahli

Kurnia et al memberikan penjelasan bahwa Phubbing berasal dari kata "phone" dan "snubbing", yang mengacuhkan seseorang dalam lingkungan sosial dengan memperhatikan gawai, bukan berbicara dengan orang tersebut secara langsung.

Menurut Karadag, phubbing mengacu pada perilaku orang yang asyik dengan ponselnya dengan melihat ponsel saat berbicara dengan orang lain atau mengabaikan komunikasi interpersonal. Phubbing adalah konsep ketika seseorang lebih asyik dengan ponsel atau lingkungan virtualnya daripada di kehidupan nyata, tidak menghargai orang lain, tidak memperkuat atau mengembangkan hubungan, dan tidak terlibat dengan orang lain.

Menurut Chotpitayana Sunondh dan Douglas, perilaku phubbing adalah meremehkan atau menyepelekan lawan bicara dan dapat melukai perasaan mereka.

Alex Haig mengatakan bahwa phubbing adalah mengabaikan orang lain dalam lingkungan sosial, lebih memperhatikan smartphone dan menolak untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain.

Normawati et. al. berpendapat bahwa perilaku phubbing adalah sikap acuh tak acuh terhadap orang lain yang berkomunikasi atau berinteraksi secara langsung, dengan cara membagi perhatian, tidak mendengarkan lawan bicara dan fokus pada smartphone.

Koc dan Ugur mendefinisikan perilaku phubbing sebagai perilaku yang lebih mementingkan ponsel daripada interaksi langsung dengan orang lain. perilaku yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan ponsel pintar dibandingkan dengan interaksi langsung dengan orang lain. Jika menjadi perilaku yang dilakukan terhadap orang lain, maka dapat mengganggu kondisi sosial. Orang yang terbiasa terbiasa dengan perilaku phubbing, tidak akan dapat menyingkirkan smartphone mereka dengan mudah meskipun ada aturan yang ditetapkan.

Menurut Nazir dan Piskin, perilaku phubbing adalah tindakan mengalihkan pandangan ke arah ponsel pintar selama percakapan dan tidak menatap orang yang sedang berbicara dengannya. .

Robert dan David (2016) menunjukkan bahwa phubbing adalah perilaku yang terjadi ketika seseorang sedang berbicara dengan rekan sejawatnya dan menyadari bahwa lawan bicaranya sedang melihat ponselnya, melakukan panggilan, mengirim pesan singkat (SMS), atau mengecek notifikasi di media sosial. Mereka menunjukkan bahwa. di media sosial saat berbicara satu sama lain. perilaku phubbing memiliki potensi untuk berdampak negatif pada kebahagiaan orang-orang yang terkena dampaknya, yang berarti bahwa hal tersebut secara langsung dapat berkontribusi pada hubungan interpersonal yang buruk.

Prevalensi

Menurut survei penggunaan ponsel pintar yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dari tahun 2019 hingga 2020, terdapat 196,7 juta pengguna internet aktif di Indonesia, atau 73,7 persen dari total populasi Indonesia yang mencapai 266,9 juta jiwa. Pada tahun 2010, diketahui seseorang dengan rentang usia 15-25 tahun di Indonesia menggunakan sekitar 64 jam di setiap bulannya untuk mengakses internet (Dewangga & Rahayu, 2015). Dilihat dari laman CNN Indonesia.com, 70?ri 143 responden yang diuji tidak dapat melepaskan diri dari ponsel pintar dan melakukan phubbing, 46% diantaranya mengetahui dari pasangannya bahwa mereka adalah korban phubbing. Dalam skenario terburuk, hal ini dapat membuat seseorang menjauh dan tidak pernah berkencan lagi (Thaeras, 2017). Mengetahui penyebab perilaku phubbing sekarang, terutama di kalangan pelajar, penting bagi generasi muda, dan ketika peneliti pergi ke sebuah kafe di Samarinda pada awal tahun 2020, ada beberapa meja yang berisi lebih dari empat atau lima anak muda, dan peneliti memperhatikan bahwa beberapa di antara mereka terlihat bergerombol dan fokus pada ponsel cerdas dan gadget mereka daripada berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan teman-teman di sebelah mereka.

Dari penjelasan artikel ini kita dapat menyimpulkan nih bahwa perilaku phubbing merupakan hal yang tidak baik dilakukan ketika bertemu atau sedang berkomunikasi dengan orang lain. Perilaku ini juga jauh dari kata sopan, sebaiknya kita sebagai lawan bicara mendengarkan pembicaraannya sehingga mereka merasa dihargai oleh kamu. Namun, kebanyakan dari kita masih melakukan hal tersebut tanpa sadar.

Anda ingin mengetahui kondisi psikologis anda secara lengkap? Anda dapat mengikuti tes MMPI Online di NS Development

Artikel berhubungan: