logo PT Nirmala Satya Development
Pengertian Tes Inventori

Tes inventori terdapat unsur-unsur berupa item pertanyaan yang merupakan bentuk tingkah laku seseorang, lalu subyek diminta memilih jawaban yang sesuai. Inventori adalah alat ukur yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang sikap, minat, motivasi, dan sebagainya

Kata Inventori mempunyai mungkin tidak asing lagi bagi kita. Kata ini memiliki banyak makna, tetapi tetap merujuk pada satu pengertian umum yaitu suatu alat khusus. Menurut kamus besar Ilmu Pengetahuan (Save M. Dagun, 1997) kata inventori memiliki dua makna secara umum dan makna secara khusus. Makna umum dari kata inventori berasal dari kata inventaris yaitu sebuah daftar tertulis mengenai semua barang yang di miliki seseorang atau sebuah kantor beserta nilai dan jumlah totalnya. Sedangkan makna khusus dari kata inventori terdapat dalam istilah bidang psikologi yaitu semacam tes atau alat ukur yang terdiri dari beberapa pertanyaan yang di susun secara khusus untuk mengungkapkan hal-hal yang ingin di ketahui tentang seseorang. 

Chaplin, J.D (2006) berpendapat bahwa tes inventori merupakan suatu alat yang digunakan untuk menaksir dan menilai ada atau tidak adanya tingkah laku, minat, sikap tertentu dan seterusnya, biasanya inventori ini berbentuk daftar pernyataan yang harus dijawab. Maksudnya, inventori adalah alat yang digunakan untuk menaksir dan menilai ada atau tidak adanya tingkah laku, minat, sikap tertentu yang dimiliki oleh seseorang. Alat tes inventori biasanya berbentuk daftar pernyataan yang harus dijawab oleh orang yang hendak diukur.

Sukardi (2007), pada teknik inventori, posisi subyek direpresentasikan dengan item pertanyaan atau pernyataan yang menggambarkan bentuk tingkah laku seseorang. Pada tes inventori ini subyek diminta untuk menunjukan apakah masing-masing pernyataan atau pertanyaan mereflesikan tingkah laku mereka dan menjawab ya atau tidak, sangat setuju, setuju, tidak setuju dan sangat setuju. Jawaban yang mereka berikan kemudian dihitung melalui angka jawaban sesuai dengan sifat-sifat yang peneliti hendak ukur.

Berdasarkan pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa tes inventori terdapat unsur-unsur berupa item pertanyaan yang merupakan bentuk tingkah laku seseorang, lalu subyek diminta memilih jawaban yang sesuai. Inventori adalah alat ukur yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang sikap, minat, motivasi, dan sebagainya (Hartanti Woro Susianti, 2006). Tes merupakan salah satu alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran, yaitu mengumpulkan informasi mengenai suatu objek, misalnya sikap, tingkah laku, minat, keterampilan dan sebagainya. Sehingga bisa dikatakan bahwa tes dan inventori sama-sama merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu objek. Salah satu macam pengukuran tersebut adalah tes inventori.

Stimulus dalam pertanyaan atau pernyataan dalam tes inventori seringkali tidak mempunyai struktur yang jelas. Sehingga subyek sulit untuk menebak jawaban yang terbaik yang harus diberikan dan subyek tidak mengetahui bagaimana jawabanya nanti akan diberi skor. Tes inventori juga banyak di gunakan untuk menggambarkan status/kondisi responden yang ada pada waktu tertentu. Untuk mengukur perubahan kondisi sebagai akibat berubahnya faktor-faktor penyebab dan juga untuk memprediksi tingkah lakui yang akan datang atas dasar performansi saat ini.

Dalam psikotes terdapat beberapa tes yang menggunakan bentuk tes inventori dalam mengungkap peribadian. Alat tes itu seperti tes PAPI Kostick, Tes EPPS, Tes 16 PF, Tes DISC dan lain-lain. Saat ini tes inventori telah tersedia dalam bentuk psikotes online. Salah satu provider psikotes online terbaik di Indonesia adalah NS Development. Psikotes Online yang dikembangkan oleh NS Development dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung yang dapat membantu administrator dan peserta tes dalam pelaksanaan psikotes online. Psikotes Online NS Development saat ini banyak digunakan oleh Perusahaan-perusahaan, Biro Psikologi dan Lembaga Pendidikan.

Jika anda berminat menggunakan aplikasi psikes online, ada baiknya anda menghubungi langsung NS Development.