logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Persiapan akan mempengaruhi hasil. Persiapkan dirimu sebelum mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah agar hasil tes bisa maksimal.

Dewasa ini, menentukan jurusan kuliah bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Salah satunya adalah melalui tes minat bakat jurusan kuliah.

Tes ini merupakan rangkaian uji dan juga analisis yang mendeskripsikan kemampuan secara kognitif. Selain itu, melalui tes ini, kamu dapat melihat karakteristik ketertarikan, maupun kepribadian kamu dalam menentukan jurusan maupun bidang tertentu.

Persiapan Sebelum Mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Sebelum kamu mengikuti tes ini, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa hal penting. Hal ini bertujuan supaya hasil tes yang kamu ikuti menunjukan hasil yang terbaik.

Lalu, apa sajakah persiapan yang mesti kamu lakukan? Berikut ini adalah informasinya untuk anda persiapkan.

1. Pahami Sistem yang Digunakan

Persiapan pertama, kamu perlu mengetahui sistem yang digunakan dalam tes tersebut dengan baik dan benar. Salah satu tes yang terkenal dan sering digunakan adalah MBTI atau Mayer Briggs Type Indicator.

Tes ini nanti bisa mengungkapkan apakah kamu seorang ekstrovert atau introvert, pemikir atau perasa, memahami, atau suka menilai, hingga orang yang sering mengikuti intuisi atau hanya sekedar pengamat.

Tak hanya tes MBTI saja, kamu juga harus mengetahui segala informasi terkait tes tersebut secara detail. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan apa saja persiapan lainnya yang mesti kamu lakukan.

2. Meminimalkan Semua Distraksi atau Gangguan

Sebelum kamu mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah, kamu perlu meminimalkan semua distraksi ataupun gangguan. Sebelum tes berlangsung, pastikan tidak ada lagi hal yang mengganggu pikiran maupun ketenangan kamu.

Sebagai contoh, jika ada anak tetangga yang menangis, kamu bisa menutup pintu maupun rumah kamu. Jika ada anggota keluarga kamu menonton televisi dengan volume kencang, ada baiknya mintalah untuk mengecilkan volumenya sejenak.

Selain gangguan atau distraksi dari lingkungan, kamu juga perlu menghilangkan gangguan tersebut dari dalam diri kamu. Misalnya saja, kurangi keinginan untuk mengecek pesan atau telepon yang masuk, membuat status atau story dan lain sebagainya. Dengan meminimalkan semua distraksi, kamu bisa mengikuti tes tersebut dengan penuh konsentrasi.

3. Fokuslah pada Setiap Pertanyaan

Saat kamu mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah ini, tetaplah fokus pada setiap pertanyaannya. Setelah itu, pahami setiap soalnya, apakah soal tersebut benar-benar menggambarkan diri kamu atau justru sebaliknya.

Jangan lupa untuk selalu menelaah setiap soalnya. Pasalnya, terkadang terdapat beberapa kalimat yang memiliki redaksi tidak umum.

Sebab itulah, pastikan kamu dalam kondisi santai dan tenang. Nikmatilah setiap waktu yang berjalan sembari mengerjakan soal.

Tak perlu khawatir, jika kamu merasa memberikan jawaban yang salah karena tidak memahami pertanyaannya dengan baik, kamu bisa kembali lalu mengubah jawaban tersebut. Umumnya, tes ini menggunakan sistem yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan penggunanya.

4. Pastikan Kamu Bersikap Jujur

Hal yang tak kalah penting dalam tes minat bakat jurusan kuliah ini, kamu harus bersikap jujur. Jangan sampai, kamu memberikan jawaban dengan menjadi orang lain.

Sebab, setiap poin dari pertanyaan tersebut akan mempengaruhi hasil tesnya nanti. Saat kamu memilih pilihan yang kurang sesuai dengan diri kamu, maka hasilnya nanti juga akan jauh berbeda dengan kamu yang sebenarnya.

Sebagai contoh, jika kamu memang lebih suka berkomunikasi dengan kelompok kecil, maka berikan jawaban “Ya”. Contoh lainnya, jika kamu memang tidak suka dengan suasana yang ramai, maka jawablah “Tidak”.

Sesimpel itu! Menjadi orang yang jujur bagi diri sendiri adalah satu hal yang sangat penting demi kebaikan kamu.

5. Persiapkan Kondisi Fisik dan Psikologis yang Baik

Tes minat bakat jurusan kuliah ini tidak hanya membutuhkan waktu saja. Melainkan juga pikiran dan tenaga.

Maka dari itulah, sebelum kamu mengikuti tes ini, pastikan kondisi fisik kamu benar-benar sehat. Selain itu, usahakan kondisi psikologis kamu sedang baik-baik saja.

Tubuh yang sehat dan mental yang kuat, akan membantu dan memudahkan kamu dalam menjawab setiap pertanyaan. Begitu pula sebaliknya, jika tubuh kamu sakit dan mental sedang down, hasil tesmu bisa saja tidak sesuai.

Persiapkan segala sesuatunya dengan matang sebelum mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah. Dengan begitu, hanya hasil terbaiklah yang akan kamu dapatkan.

Psikotes Jurusan Kuliah Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

Artikel berhubungan: