logo PT Nirmala Satya Development
Platform Psikotes Online

Dengan menggunakan psikotes online, mempermudah pekerjaan asesmen, baik untuk kebutuhan seleksi/rekrutment, asesmen jabatan maupuin identifikasi kepribadian, minat dan bakat

Dalam berbagai hal terkadang membutuhkan hasil psikotes untuk mengetahui beberapa aspek dan juga potensi yang dimiliki. Jika dahulu psikotes ini masih dilakukan dengan cara konvensional, maka sekarang sudah banyak hadir aplikasi ataupun platform yang menyediakan jasa tes psikotes. Nah, apa saja sih keuntungan dan manfaat dari menggunakan platform psikotes online? Penasaran? Yuk, kita bahas!

Simak Keuntungan dan Manfaat Menggunakan Platform Psikotes Online

Psikotes ini sangat dibutuhkan, contohnya saat perusahaan merekrut karyawan baru, untuk kepentingan pendidikan, maupun untuk kebutuhan lainnya. Dalam satu kebutuhan, apabila calon karyawan akan mendaftarkan diri untuk bekerja di suatu perusahaan.

Maka, dipastikan calon karyawan tersebut akan melalui tahapan tes psikotes yang biasanya dilakukan oleh Human Resource Development suatu perusahaan. Tes psikotes sendiri merupakan suatu tahapan atau proses seleksi kerja yang diterapkan oleh perusahaan.

Tes ini dilakukan untuk mengetahui watak dan sifat calon karyawannya. Baik hal itu dari attitude, interest, personality, dan intelegensinya. Dari hasil tes yang dilakukan, Anda dapat menilai sendiri apakah calon karyawan yang melamar tersebut layak atau tidak untuk dipekerjakan.

Dengan adanya tes psikotes akan sangat membantu Anda dalam menemukan karyawan. Dengan memiliki potensi kinerja terbaik yang dapat memajukan perusahaan kelak. Apalagi di masa pandemi kemarin, tentu psikotes online ini menjadi pilihan yang terbaik. Selain itu, psikotes online bisa mempersingkat waktu dan menekan pengeluaran karena tidak perlu menyewa gedung dan tenaga penjaga.

Apa Saja yang Diukur Saat Tes Psikotes

Dalam proses rekrutmen, tes psikotes menempati tempat yang sangat urgent. Ada banyak hal yang akan diukur dari tes ini. Seperti kecerdasan kognitif, sikap, kompetensi, serta personalitas atau kepribadian. Sebagai seorang praktisi HR Anda harus memperhatikan betul pelaksanaan psikotes agar tidak ada kecolongan pegawai yang kurang kompeten.

Keuntungan dan Manfaat Menggunakan Platform Psikotes Online

Menggunakan platform online tidak selamanya memiliki kesan yang buruk. Nah, berikut ini beberapa keuntungan yang akan didapatkan saat mengerjakan tes psikotes dengan platform online.

1. Pekerjaan HRD Menjadi Lebih Efisien dan Efektif

Pekerjaan seorang HRD tidak hanya melakukan rekrut karyawan. Supaya pekerjaannya menjadi lebih efisien dan efektif, maka proses rekrut harus dilakukan dengan cepat. Penggunaan platform ini juga dapat mempersingkat waktu karena bisa langsung melakukan tes psikotes untuk calon karyawan.

2. Mencegah Terjadinya Human Error

Dengan perusahaan menggunakan platform psikotes dalam menerapkan proses rekrutmen. Mampu mencegah terjadinya risiko human error yang dapat disebabkan oleh kelalaian pihak rekruter. Dengan platform, maka hasil psikotes yang dilakukan akan jauh lebih akurat dan mampu mendapatkan hasil yang memuaskan.

3. Sistem Psikotes yang Lebih Mudah dan Praktis

Dengan memanfaatkan platform psikotes, Anda akan mendapatkan sistem psikologi yang lebih mudah dan praktis dibandingkan dengan psikotes konvensional. Apalagi dengan adanya fitur-fitur yang beragam dan super lengkap di dalamnya. Hal ini dapat menjadikan proses rekrutmen berjalan dengan lancar dan dapat menghasilkan hasil psikotes yang akurat.

4. Penyesuaian Jenis Psikotes dengan Posisi Pekerjaan

Tidak semua psikotes yang telah diselenggarakan perusahaan itu dinilai cocok dengan posisi pekerjaan yang tersedia. Seorang rekruter diharuskan untuk lebih jeli dan teliti dalam menyesuaikan psikotes dengan deskripsi pekerjaan yang dilamar. Hal inilah yang membuat psikotes yang diadakan tidak hanya sekedar formalitas berkala.

Tetapi juga untuk menguji kemampuan dan kompetensi dari calon kandidat perusahaan. Dengan platform psikotes, Anda nantinya akan terbantu merangkai jenis soal tes sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dan juga sesuai dengan karakteristik pekerjaan yang dilamar oleh kandidat.

Tips untuk Memilih Platform Psikotes Online

  1. Teknologi pendukung untuk meminimalisir terjadinya kecurangan atau ketidakaslian respon.
  2. Pilihlah platform dan alat ukur yang fleksibel dan dapat dibuat sesuai kebutuhan.
  3. Memiliki fitur-fitur yang mumpuni.
  4. Dapat mengakses data dan analisis dengan muda.
  5. Pilihlah platform yang mudah dipahami dan digunakan.
  6. Pilihlah platform yang memiliki alat ukur valid dan reliabel.
  7. Memiliki kecocokan antara alat ukur dengan kemampuan dan kompetensi yang akan diukur.

Kini Anda sudah tahu apa saja keunggulan dan manfaat menggunakan platform psikotes online. Hal ini dapat membantu Anda dalam merekrut calon karyawan perusahaan yang memiliki potensi kinerja baik. Semoga dapat membantu. 

Rekomendasi Platform Psikotes Online

Salah satu rekomendasi Platform psikotes online terbaik di Indonesia saat ini adalah NS Development. NS Development dibangun oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidang Industri, Pendidikan maupun Klinis. Kolaborasi mereka dengan tim IT, ahli Psikometri, menghasilkan sebuah Aplikasi Psikotes Online untuk kebutuhan perusahaan dan institusi anda. Akses Aplikasi Psikotes Online dapat diakses mengunakan domain website member (perusahaan member) sehingga menambah company branding, disamping penggunaan logo dan nama perusahaan.

Yuk, hubungi dan dapatkan layanan terbaik, sebuah platform psikotes online dari NS Development.

Artikel berhubungan: