logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Supaya tes minat bakat yang dikuti menunjukkan hasil yang akurat, terdapat beberapa tahapan penting yang mesti pahami.

Bagi calon maba atau mahasiswa baru, menentukan jurusan kuliah memang tidaklah mudah. Namun, saat ini hal tersebut sudah bukan masalah lagi, karena kamu bisa mengatasinya melalui tes minat bakat jurusan kuliah. Memilih jurusan kuliah tidak bisa kamu lakukan dengan asal-asalan. Jurusan kuliah tersebut harus sesuai dengan bakat yang kamu miliki.

Hal ini bertujuan, supaya kamu bisa menyelesaikan perkuliahan dengan hasil yang maksimal. Selain itu, jurusan kuliah yang kamu ambil dan sesuai dengan bakat, membuat kamu semakin mudah dalam meniti karir.

Kenali Setiap Tahapan Penting dalam Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Supaya tes minat bakat yang kamu ikuti ini menunjukkan hasil yang akurat, terdapat beberapa tahapan penting yang mesti kamu pahami. Setiap tahapan ini harus kamu selesaikan dengan baik.

Dalam arti lain, kamu tidak boleh melewatkan satu tahap sekalipun. Lalu, apa sajakah tahap-tahap tersebut? Berikut ini adalah informasinya.

1. Tahapan Tes Kepribadian

Bagi kamu para calon mahasiswa baru, tahapan pertama kali yang mesti kamu ikuti adalah tes kepribadian. Tes kepribadian ini bisa membantu kamu untuk menentukan jurusan kuliah.

Biasanya, tes ini menggunakan landasan teori DICS. Apa itu DICS?

Jadi, DICS sendiri merupakan singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Sebelum kamu mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah ini, ada satu hal penting yang mesti kamu ingat.

Bahwa setiap orang memiliki kecenderungan pada salah satu teori tersebut. sebagai contoh, jika kamu lebih cenderung ke Dominance, itu artinya kamu menyukai hasil yang cepat, mengambil peran otoritas, hingga tantangan pada bidang baru.

Begitu pula sebaliknya, jika kamu lebih cenderung pada tipe Influence, itu artinya kamu merupakan pribadi yang cekatan dan memiliki ketertarikan tinggi untuk bekerja sama dengan orang lain.

Hal ini memiliki poin plus, ketika mengerjakan sebuah tugas. Lain halnya, jika kamu lebih cenderung ke Steadiness, itu artinya kamu bisa melakukan sesuatu secara konsisten dan mampu menyelesaikannya dengan baik. Terakhir, jika kamu lebih cenderung ke Compliance, itu artinya kamu merupakan sosok yang tekun, dan fokus pada kualitas dan ketepatan.

2. Tahapan Tes Kemampuan

Tes kemampuan ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam tes minat bakat jurusan kuliah. Pada tahapan ini, untuk menentukan kemampuan kamu menggunakan landasan teori kecerdasan majemuk atau multiple intelligences.

Hal ini merupakan kemampuan seseorang dalam memecahkan atau menyelesaikan masalah dan memberikan solusi tepat dalam situasi yang nyata. Setidaknya ada delapan tipe yang terdapat dalam teori kecerdasan majemuk ini.

Mulai dari musical, logika matematika, visual spasial, kinestetik, intrapersonal, interpersonal, naturalistic, hingga verbal linguistic.

3. Tahapan Tes Penjurusan

Pada tahapan tes penjurusan ini, kamu akan tahu bidang pendidikan apa yang paling sesuai. Untuk mengetahuinya menggunakan tipe vocal individu RIASEC.

RIASEC ini merupakan kependekan dari Realistic (Realistis), Investigative (Investigatif), Artistic (Artistik), Social (Sosial), Enterprising (Berani Berusaha), dan yang terakhir adalah Conventional (Konvensional).

Karakteristik RIASEC dalam tes minat bakat jurusan kuliah ini memiliki pemahaman masing-masing. Berikut ini adalah penjelasannya.

• Realistic (Realistis)

Jika kamu memiliki kepribadian realistis maka cenderung memiliki hobi seperti berkebun, memelihara hewan peliharaan, mengotak-atik mobil, hingga olahraga dalam ruangan. Mungkin, kamu bisa menemukan jurusan kuliah yang sesuai dengan hal tersebut.

• Investigative (Investigatif)

Jika kamu memiliki kepribadian investigatif maka jurusan kuliah yang bisa kamu ambil berkaitan dengan pendidikan, perawatan kesehatan, perusahaan inovatif, maupun teknologi informasi.

• Artistic (Artistik)

Bila kamu cenderung memiliki kepribadian artistik, maka jurusan kuliah yang bisa kamu ambil berkaitan dengan bidang periklanan, industri musik, teater, hingga desain.

• Sosial

Bagi kamu yang hasil tes minat bakat jurusan kuliah lebih cenderung ke sosial, bisa memilih jurusan seperti pemerintahan, pendidikan, perawatan kesehatan, hingga pelayanan sosial.

• Enterprising (Berani Berusaha)

Lain halnya jika kamu memiliki kepribadian enterprising ini, maka jurusan kuliah yang bisa kamu ambil berkaitan dengan bidang manajemen, perdagangan, pemasaran, administrasi, hingga politik.

• Konvensional

Terakhir, jika kamu memiliki kepribadian konvensional bisa memilih jurusan yang berkaitan dengan pengelolaan dan pemeliharaan property, hingga pemerintahan.

Tes minat bakat jurusan kuliah beserta dengan semua tahapannya merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan. Pastikan, kamu memilih jurusan sesuai demi masa depan yang lebih cerah.

Tes Minat Bakat Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi minat dan bakat. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

Artikel berhubungan: