logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Tes minat bakat akan mempermudah Anda yang berada di persimpangan pilihan. Saat Anda harus memilih antara keinginan diri sendiri atau orang tua. Mengikuti tes minat dan bakat memberi tawaran jurusan yang lebih sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat Anda selama ini.

Mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah saat ini akan sangat bermanfaat. Mungkin ada yang belum mengetahui cara menentukan jurusan kuliah sesuai bakat yang dimiliki. Apalagi memilih jurusan kuliah memang terkadang cukup memusingkan kepala. Keinginan hati, keinginan orang tua, dan kemampuan akademis menjadikan alasan semuanya tak ada yang sejalan. Namun jangan khawatir, saat ini Anda dapat menggunakan tes minat bakat.

Tes minat bakat akan mempermudah Anda yang berada di persimpangan pilihan. Saat Anda harus memilih antara keinginan diri sendiri atau orang tua. Mengikuti tes minat dan bakat memberi tawaran jurusan yang lebih sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat Anda selama ini.

Inilah Tahapan Penting dalam Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Untuk dapat mengikuti tes minat bakat ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan tentang diri Anda sendiri. Perlu diketahui bahwa ada tiga tahapan tes minat dan bakat yang perlu Anda ikuti agar mendapatkan pilihan jurusan kuliah yang paling sesuai.

1. Tes Kepribadian

Tes psikologi yang berguna untuk menentukan jurusan kuliah ini dengan landasan pada teori DISC. DICS merupakan akronim dari Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Setiap orang memiliki kecenderungan untuk lebih sesuai dengan salah satu tipe ini. Seorang Dominance biasanya menyukai hasil yang cepat, tantangan di bidang baru, dan mengambil peran otoritas.

Influence menjadi sosok yang cekatan dan senang berkolaborasi dengan orang lain, apalagi saat mengerjakan tugas. Steadiness yang dapat melakukan sesuatu dengan konsisten hingga berhasil atau selesai. Sedangkan Compliance bagi yang tekun, fokus pada kualitas dan ketepatan.

2. Tes Penjurusan

Tes minat bakat jurusan kuliah ini mengarahkan Anda pada bidang pendidikan yang lebih sesuai dengan tipe vokasi individu. RIASEC adalah tipe vokasi ideal yang terdiri dari Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, dan Conventional. Tipe Realistic memiliki cara pikir yang cenderung praktis, namun menyukai aktivitas atau bekerja di luar ruangan. Investigative adalah tipe pengamat yang dapat dengan mudah tenggelam dalam kegiatan keilmuannya.

Sementara itu, Artistic adalah orang yang menyukai kegiatan kreatif penciptaan karya seni, memiliki cara pikir yang terbilang unik dan kreatif. Untuk tipe Social merasa senang saat dapat mendahulukan orang lain. Ia termasuk orang yang suka berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial. Bahkan ia dapat memecahkan masalah-masalah interpersonal.

Sedangkan Enterprising senang membujuk orang lain untuk mencapai suatu tujuan. Ia juga cenderung menginginkan posisi sebagai pemimpin. Conventional adalah tipe orang yang terorganisir, mementingkan akurasi serta detail. Ia sangat ahli dalam hal kegiatan administratif, terutama yang berhubungan dengan angka.

3. Tes Kemampuan

Tes minat bakat jurusan kuliah lainnya yakni tes kemampuan. Untuk menentukan jurusan kuliah sesuai bakat ini dengan landasan pada Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Dalam teori ini, intelegensi adalah kemampuan dalam memecahkan masalah dan memberikan solusi dalam situasi real.

Terdapat delapan tipe Kecerdasan Majemuk. Mulai dari Musikal, Logika-Matematika, Visual-Spasial, Kinestetik, Intrapersonal, Interpersonal, Naturalistik, hingga Verbal-Linguistik. Biasanya Tipe Musikal yang senang bernyanyi, dapat mengapresiasi irama dan nada. Tipe Logika-Matematika memiliki cara pikir abstrak dan menggunakan algoritma. Tipe Visual-Spasial menyukai konsep bentuk dan berminat dengan hal-hal yang berhubungan dengan arsitektur atau bangunan.

Sementara itu, tipe Kinestetik memiliki keterampilan motorik halus dan kasar yang cukup baik. Tipe Intrapersonal pandai berintrospeksi diri, dapat memahami kekuatan, dan kelemahan dalam diri. Tipe Interpersonal dapat menanggapi dan merespon suasana hati orang lain. Untuk tipe Naturalistik senang akan segala hal tentang flora dan fauna serta peduli dengan lingkungan. Selain itu, ada tipe Verbal-Linguistik dengan kepekaan bahasa yang baik.

Tes minat bakat jurusan kuliah ini menjadi cara yang tepat dalam menentukan jurusan kuliah yang sesuai bakat. Selain itu, juga dapat memberi pilihan jurusan-jurusan kuliah yang terukur. Hal ini karena pada akhirnya pilihan-pilihan yang tersaji merupakan hasil kalkulasi dari serangkaian tes psikologi. Sehingga tes ini dapat menentukan jurusan kuliah yang obyektif. Tentunya bukan asumsi diri sendiri, keinginan dari orang tua, atau hanya berdasarkan nilai rapor. Dengan demikian, Anda perlu menggunakan tes minat dan bakat saja saat akan memilih jurusan.

Tes Minat Bakat Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi minat dan bakat. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

Artikel berhubungan: