logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Guna mengevaluasi serta mengukur bakat serta minat mahasiswa, terdapat cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan melalui tes minat bakat.

Tes minat bakat jurusan kuliah juga menjadi salah satu persiapan penting. Tidak sedikit siswa-siswi Indonesia setelah selesai sekolah menengah atas ingin melanjutkan pendidikannya sampai ke perguruan tinggi. Akan tetapi, tidak jarang juga dari mereka yang merasa kebingungan untuk menentukan jurusan kuliah mana yang tepat. Belum lagi jika jurusan yang didambakan itu tidak sesuai dengan penjurusan yang ia ambil saat menempuh pendidikan sekolah menengah tersebut.

Tidak sedikit pula siswa-siswi tersebut merasa khawatir akan memilih jurusan kuliah yang salah. Sebab kenyataan tersebut nantinya juga akan berdampak terhadap prestasi mereka. Selain merasa khawatir tidak bisa menyelesaikan kuliah tersebut dengan tepat waktu. Ternyata mereka juga khawatir karena Jurusan yang salah itu juga akan berdampak pada performa ataupun semangat mereka mengikuti mata pelajaran saat berada di bangku perkuliahan. Sebagai contohnya saja begini, nilai yang didapat tidak memuaskan tetapi mereka sudah merasa stress.

Untuk itu, penting bagi para orang tua, guru ataupun siswa yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi guna benar-benar memahami minat serta bakat siswa. Apabila tidak begitu, terdapat kemungkinan jika murid ataupun siswa salah dalam mengambil jurusan sehingga tidak bisa menikmati masa-masa menyenangkan di bangku perkuliahan.

Apa yang Dimaksud dengan Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah?

Guna mengevaluasi serta mengukur bakat serta minat mahasiswa, terdapat cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan melalui tes minat bakat. Mengenai tes minat bakat itu sendiri terdapat berbagai macam. Sehingga melakukan tes tersebut juga sesuai dengan kebutuhan. Namun, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan tes minat bakat jurusan kuliah itu sendiri?

Perlu diketahui bahwa tes minat bakat itu merupakan rangkaian tes serta analisa yang dapat menggambarkan kemampuan kognitif, karakteristik minat bakat juga kepribadian seseorang terhadap suatu bidang ataupun jurusan tertentu. Adanya yang atas ini juga sudah dirancang secara khusus membantu siswa untuk memahami potensi yang terdapat dalam diri serta bidang-bidang yang mereka Minati dengan lebih baik.

Umumnya tes bakat jurusan ini juga dilakukan serta dinilai oleh seorang psikolog yang profesional. Selanjutnya, sebagai peserta Anda tidak hanya akan mendapatkan hasil yang berupa nilai tertulis saja. Melainkan juga bisa melakukan konsultasi langsung dengan psikolog terkait dengan hasil tes yang sudah Anda dapatkan. Maka, siswa pun nantinya bisa mendapatkan arahan yang lebih jelas mengenai pemilihan jurusan kuliah yang harus diambil. Dengan mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah ini, juga akan mempermudah calon mahasiswa baru memilih jurusan.

Tes Online

Dimana bisa mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah ini? Pertanyaan yang tepat. Tapi Bukankah kehidupan manusia saat ini sudah didominasi dengan penggunaan teknologi digital? Bukankah saat ini juga kita bisa lebih mudah melakukan apapun dengan menggunakan teknologi digital? Tepat, tes minat bakat pun juga bisa kita lakukan secara online atau melalui teknologi digital tersebut.

Kita bisa mengerjakan semua tes dari rumah ataupun di manapun. Bisa menggunakan smartphone ataupun laptop bisa juga komputer. Hal yang harus diperhatikan ketika menjalani tes minat bakat secara online adalah pastikan alat elektronik yang Anda gunakan itu mumpuni atau mendukung. Itu saja juga tidak cukup pastikan juga koneksi internet untuk stabil. Saat ini juga banyak yang memilih melakukan tes psikologi ataupun minat bakat secara online. Sebab yang demikian itu juga ama mudahkan daripada harus pergi ke tempat lain guna mengikuti tes tersebut.

Di samping itu Anda ketika mengerjakan semua tes usahakan untuk tetap fokus. Bukan hanya itu saja hindari untuk tidak begadang pada malam sebelum ujian tersebut mulai. Agar hasilnya juga maksimal dan tubuh tetap fit. Hindari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi saat mengerjakan tes bakat minat. Pilihlah ruangan yang sunyi supaya tetap fokus dan tetaplah tenang serta percaya diri. Beberapa tips tersebut juga harus diperhatikan ketika Anda mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah.

Jenis dan Cara Mengerjakannya

Dalam mengikuti minat bakat jurusan kuliah ini juga terdapat beberapa jenis. Pertama adalah intelligence structure test berfungsi untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Kedua adalah tes minat Holland atau self directed search Holland salah satu tes psikologi yang sering digunakan untuk mengetahui minat seseorang. Ketika ada tes kepribadian atau mbti adalah sebuah instrumen untuk Melakukan asesmen.

Masih ada tes kreplin bertujuan melihat konsistensi, kecepatan, stabilitas emosi dan ketahanan kerja. Ada juga tes gaya belajar atau VAK dilakukan guna mengetahui kecenderungan gaya belajar. Jenis tes terakhir dalam tes minat bakat ini adalah tes penjurusan atau rothwell-miller interest blank. Adalah tes psikolog yang bertujuan guna mengukur minat seseorang berdasarkan sikapnya terhadap suatu pekerjaan.

Bagaimana cara mengerjakan tes minat bakat ini? Caranya juga cukup mudah. Anda hanya harus mengerjakan semua soal yang sudah tersedia. Usahakan menjawab dengan benar dan sesuai kemampuan. Agar nantinya, hasil tes minat bakat jurusan kuliah tersebut juga sesuai dengan diri Anda dan akan membantu mempermudah untuk memilih jurusan yang tepat di perguruan tinggi.

 Tes Minat Bakat Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah yang tepat, hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi minat dan bakat. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

Artikel berhubungan: