logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikotes Online

Tes Psikotes Online merupakan pengembangan dari tes psikotes konvensional (paper base) menjadi sebuah aplikasi tes psikotes online.

Sebelum berbicara lebih dalam dalam mengenai tes psikotes online, kita pahami definisi tes psikotes. Tes Psikotes sama dengan tes lainnya, yaitu proses pengerjaan tes untuk mengukur sesuatu. Dalam tes psikotes, yang diukur adalah kepribadian atau intelegensi. Tes psikotes adalah sebuah tes yang dilaksanakan untuk mengukur aspek individu secara psikis.  Psikotes dapat berbentuk tes yang tertulis, proyeksi gambar, dan sebagainya untuk mengukur fungsi kemampuan kognitif maupun emosi seseorang mulai dari tingkat kecerdasan, bakat, minat, sampai kepribadian orang tersebut. Jadi tes psikotes diperuntukkan untuk mengungkap keadaan psikis seseorang agar mendapatkan gambaran dan memahami kemampuan, perilaku atau untuk memprediksi perilakunya.

OK. Disini kita sudah memahami apa itu tes Psikotes. Kita lanjut membahas tes psikotes online.

Tes Psikotes Online merupakan pengembangan dari tes psikotes konvensional (paper base) menjadi sebuah aplikasi tes psikotes online. Tes Psikotes online dapat dikerjakan dimana saja yang penting tekoneksi dengan internet, dapat dikerjakan via desktop ataupun mobile phone, menggunakan browser atau aplikasi gadget (android ataupun IOS).

Sampai beberapa tahun yang lalu, pelaksanaan tes psikologi online masih jarang dijumpai. Ada beberapa kendala yang mendasari dan menghalangi implementasi tes psikologi online di Indonesia, seperti:

  • Kekhawatiran akan kebocoran soal
  • Kesulitan pengawasan
  • Familiarity calon peserta tes terhadap tes yang akan dikerjakan. 
  • Kurangnya pemahaman design tes psikotes untuk di online-kan
  • Pembuatan Norma baru untuk tes psikotes online

Padahal, salah satu kelebihan tes online adalah bahwa tes ini dapat dikerjakan di mana pun selama ada perangkat dan koneksi internet. Kelebihan ini juga memunculkan tantangan tersendiri. Pengawasan langsung terhadap kegiatan pengerjaan soal tes tidak dapat dilakukan, sehingga tes semacam ini mengandung banyak risiko seperti misalnya peserta yang menggunakan joki tes, ataupun masalah koneksi jaringan internet.

Tapi terlepas dari kendala diatas, tes psikotes online saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk menjawab zamannya teknologi. Sehingga pengguna tes psikotes (psikolog) mau tidak mau harus mengembangkan versi tes psikotes versi online. Ini untuk memudahkan pekerjaan, disamping juga menyesuaikan diri dengan zaman.

Sejak pandemi Covid-19 diawal tahun 2020 di Indonesia, saat ini telah berkembang beberapa aplikasi tes psikotes online. Salah satunya adalah yang dikembangkan oleh NS Development (Nirmala Satya Development). Dan masih banyak aplikasi tes psikotes lain yang serupa. Yang menjadi tantangan saat ini adalah, seorang pengguna (psikolog) harus dapat memilah aplikasi psikotes yang dapat dipercaya, valid dan reliabel dalam menyajikan hasil tes. Tentunya sebelum memilih sebuah aplikasi tes psikotes online, sudah melakukan audit terhadap aplikasi tersebut.

Artikel berhubungan: