logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi Online

Ada beberapa tes psikologi yang biasa digunakan dalam proses psikotes online yang perlu dipersiapkan.

Tes psikologi online memiliki berbagai jenis yang cocok untuk digunakan dalam rekrutmen karyawan. Pada era modern seperti saat ini kita semakin dimudahkan untuk melakukan banyak hal seperti dengan tes psikologi secara online. Tetapi, banyak orang yang berpikir bahwa tes psikologi hanya bisa dilakukan secara konvensional. Namun, sekarang sudah terdapat perusahaan yang menggunakan aplikasi atau situs untuk melakukan tes dengan cara online.

Berbagai Tes Psikologi Online yang Cocok untuk Rekrutmen Karyawan

Tes psikologi secara online menjadi langkah yang tepat untuk mengungkap berbagai aspek dari calon karyawan. Hal ini dikarenakan, tes psikologi merupakan yang paling efektif untuk mengetahui secara mendalam terkait dengan karakter dan kepribadian seorang calon karyawan.

Perusahaan menggunakan tes psikologi online dalam proses rekrutmen karyawan sebagai bahan pertimbangan. Pertimbangan tersebut seperti apakah seorang calon karyawan sesuai dengan kriteria dan nanti memiliki keahlian sesuai yang dicari perusahaan atau tidak. 

Tidak hanya itu, tes psikologi juga bisa membantu perusahaan untuk mempertahankan prosedur rekrutmen karyawan. Tes psikologi memiliki berbagai macam jenis. Berikut merupakan tes psikologi online yang cocok untuk digunakan dalam rekrutmen karyawan:

1. Tes MBTI atau Myers Briggs Type Indicator

Tes psikologi yang cocok digunakan dalam rekrutmen karyawan pertama yaitu tes MBTI. MBTI merupakan tes kepribadian yang menampilkan preferensi berbeda, yaitu bagaimana cara peserta memandang dunia. Tidak hanya itu, bagaimana berinteraksi dengan orang lain, membuat keputusan, sampai pada titik mengakses informasi juga merupakan bagian dari tes. 

Tes MBTI ini memiliki tujuan utama yaitu untuk menentukan apakah calon karyawan tersebut cocok dengan budaya perusahaan atau tidak. Selain itu kecocokan tipe kepribadian dengan calon rekan satu tim juga diukur dalam tes ini. Fungsi lain dari tes MBTI ini juga untuk memprediksi kinerja pekerjaan sehingga bisa mengetahui cara untuk membangun tim yang solid.

2. Tes DISC

Tes DISC ini memiliki tujuan untuk menghitung profil pribadi bagi calon karyawan pada perilaku dalam sehari-hari. Tes psikologi ini bisa dengan mudah mengukur bagaimana calon karyawan menanggapi aturan, tantangan, masalah, dan lingkungan. Fungsi utama dalam tes ini yaitu untuk mengetahui bagaimana calon karyawan menanggapi konflik. 

Selain itu juga untuk mengetahui apa yang bisa memotivasi calon karyawan, menjadi penyebab stress, dan bagaimana mereka memecahkan masalah. Oleh karena itu, tes DISC menjadi salah satu tes yang cocok untuk dilakukan dalam rekrutmen karyawan.

3. Tes Profil Kaliper

Tes psikologi online yang cocok untuk digunakan dalam rekrutmen karyawan selanjutnya yaitu tes profil kaliper. Tes ini merupakan suatu penilaian objektif yang cukup akurat dalam mengukur karakteristik kepribadian. Selain itu juga bisa untuk mengetahui motivasi calon karyawan dalam memprediksi perilaku serta potensi di tempat kerja. 

Fungsi lain yaitu untuk melihat seberapa cocok calon karyawan dengan pekerjaan. Hasil tes sangat penting karena bisa menganalisis untuk pengembangan calon karyawan pada perusahaan. Sehingga, keterampilan kerja pada karyawan dapat mudah untuk dikembangkan dengan adanya tes DISC ini.

4. Open Ended Question

Open ended question atau pertanyaan terbuka merupakan sebuah pertanyaan yang tidak dapat dijawab dengan sederhana seperti ya atau tidak. Sebaliknya calon karyawan harus menguraikan poin dari jawaban mereka.

Dengan begitu, perusahaan bisa menilai bagaimana kepribadian dan cara berpikir calon karyawan melalui jawaban yang diberikan. Contoh dari pertanyaan tersebut yaitu bagaimana pelamar melihat dirinya dalam lima tahun mendatang, mengapa perusahaan harus mempekerjakan calon karyawan tersebut, dan mengapa mereka cocok dengan pekerjaan ini.

5. Tes Sixteen Personality Factor

Tes Sixteen Personality Factor ini melibatkan lima aspek kepribadian yaitu identitas, pikiran, taktik, energi, dan alam. Tes ini dilakukan untuk mengetahui gambaran luas tentang calon karyawan. Contohnya seperti bagaimana calon karyawan berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain secara pribadi atau profesional. Selain itu juga untuk mengetahui apa yang melamar perjuangkan, hargai, serta bagaimana dalam membuat keputusan.

Itu tadi ulasan tentang berbagai tes psikologi online yang cocok untuk digunakan dalam rekrutmen karyawan. Platform penyedia tes psikologi secara online sangat bermacam-macam. Salah satu platform tes kepribadian online yang terpercaya dan memiliki hasil akurat yaitu NS Development. Platform ini telah divalidasi oleh psikologi yang handal sehingga bisa memberikan hasil yang terpercaya terhadap mutu tes.

Artikel berhubungan: