logo PT Nirmala Satya Development
 Tes Psikologi Online

Tes Psikologi sangat penting untuk mengukur aspek-aspek psikologis. Tes Psikologi dapat dilakukan secara online yang dapat diakses via desktop maupun mobile.

Tes psikologi online dahulu cukup ditemui dalam proses seleksi calon karyawan. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi tes psikologi semakin banyak dilakukan secara online. Mengingat psikotes sangat dibutuhkan pada proses seleksi calon karyawan.

Aspek yang Diukur dalam Tes Psikologi Online

Beberapa praktisi HR mempunyai pendapat yang berbeda dari tes yang digunakan yaitu online dan offline. Sebagian partisi lebih memilih menggunakan tes psikotes offline untuk seleksi. Tetapi, tes psikotes online lebih aman apabila diikuti oleh kandidat apalagi saat kondisi pandemi seperti ini. 

Tes psikologi online juga bisa mempersingkat waktu dan meningkatkan efektivitas yang dikeluarkan untuk rekrutmen. Dengan menggunakan tes psikologi secara online perusahaan bisa memprediksi seorang calon karyawan yang potensial. Karyawan yang tepat bekerja sesuai kemampuan memang dibutuhkan perusahaan untuk masa depan. 

Jawaban dari tes psikologi ini memungkinkan perekrut untuk mengetahui sisi psikis, pola perilaku, dan pola pikir seorang karyawan. Selain itu juga bisa untuk memberikan gambaran kepada perekrut tentang performa kandidat dalam lingkungan kerja. Terdapat beberapa aspek penilaian yang bisa diukur menggunakan tes psikologi seperti berikut:

1. Kemampuan Kognitif

Kemampuan kognitif merupakan kemampuan seseorang dalam mengolah dan menerima berbagai bentuk informasi. Kemampuan ini mencakup kemampuan untuk membaca, mempelajari hal baru, menganalisa, membuat keputusan, mengingat, fokus, dan berbahasa. Dalam dunia kerja kemampuan kognitif bisa menentukan kemampuan seseorang untuk memahami memberikan solusi dan mengidentifikasi suatu masalah.

Tingkatan jabatan yang berbeda pasti akan membutuhkan kemampuan kognitif yang berbeda pula. Seperti posisi manajerial akan mengharuskan para karyawan untuk melakukan pengambilan keputusan yang kompleks dan mempengaruhi banyak pihak.

Sehingga membutuhkan kemampuan kognitif yang berbeda dalam pekerjaan yang dilakukan oleh staf yang melibatkan kemampuan administrasi. Kemampuan administrasi tersebut membuat mereka harus bekerja secara teliti dan sesuai dengan peraturan.

2. Kepribadian

Aspek selanjutnya yang diukur dalam tes psikologi online yaitu kepribadian masing-masing. Aspek ini dapat menilai kepribadian seseorang dengan karakter pada kultur dan pekerjaan perusahaan. Apabila kepribadian yang dimiliki ekstrovert lebih baik memberikan posisi yang mengharuskan berkomunikasi dengan banyak orang.

Untuk menilai kepribadian calon karyawan tersebut, setiap perusahaan perlu mempelajari tes kepribadian kemudian menentukan langkah selanjutnya dalam perekrutan. Apalagi jika kepribadiannya cocok dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Hasil dari penilaian kepribadian tersebut bisa membantu perusahaan memahami bagaimana cara meningkatkan kualitas dan retensi talenta perusahaan. Selain itu juga bisa untuk meminimalisir hal yang berpengaruh dengan pendapatan perusahaan.

3. Nilai Kerja dan Motivasi

Nilai kerja dan motivasi calon karyawan juga perlu diukur melalui tes psikologi. Aspek nilai mencakup keyakinan seseorang yang menjadi motivasi dan prinsip mereka dalam berperilaku. Pada dunia kerja seringkali disebut dengan istilah workplace values, yaitu nilai-nilai seseorang yang bisa menentukan hal apa yang memotivasi bagi mereka. 

Nilai-nilai ini bersifat intrinsik di mana seseorang bisa mendapatkan kepuasan tersendiri dari pekerjaan yang dilakukan. Seperti pada saat mereka melakukan pekerjaan yang dapat membantu dan berdampak pada kehidupan orang lain. Pada sisi lain nilai tersebut juga bisa bersifat ekstrinsik di mana seseorang lebih termotivasi oleh hal yang didapatkan di luar pekerjaan dan dirinya seperti jabatan, pengakuan, dan kompensasi.

4. Kompetensi

Kompetensi merupakan keterampilan interpersonal atau keterampilan yang lebih fokus pada relasi manusia serta dapat digunakan dalam pekerjaan apapun. Umumnya berupa kemampuan dalam kerja tim, leadership, beradaptasi, dan berkomunikasi.

Kompetensi yang dibutuhkan pasti akan bervariasi berdasarkan pekerjaan yang dilamar, beberapa posisi akan membutuhkan kompetensi khusus. Dari beragam kompetensi kerja terdapat lima diantaranya yang bisa diukur melalui tes psikolog yaitu problem solving, integritas, kolaborasi dengan rekan kerja, adaptasi, komunikasi, dan pihak eksternal.

Itulah ulasan tentang aspek yang bisa diukur menggunakan tes psikologi online. Pada saat ini sudah tersebar beberapa rekomendasi platform tes psikologi secara online yang terbaik salah satunya yaitu NS Development. NS Development memiliki psikolog-psikolog yang berpengalaman sehingga bisa dipercaya hasilnya. Fitur yang tersedia juga sangat beragam dan pasti mudah untuk digunakan. Maka, tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan platform tes psikologi ini.

Artikel berhubungan: