logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi Online

NS Development menyediakan aplikasi psikotes online yang memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan tes psikotes offline

Tes psikologi online tentunya memiliki berbagai kelebihan tersendiri jika Anda bandingkan dengan tes secara offline seperti biasanya. Tes psikologi sendiri merupakan rangkaian penilaian untuk mengetahui emosi, kecerdasan, maupun fungsi perilaku seseorang atau orang yang mengerjakan tes tersebut.

Psikotes tersebut biasanya berupa tes tertulis dengan berbagai pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta tesnya dengan jujur. Hasil tes psikologi itu nantinya digunakan untuk mengenali lebih lanjut mengenai sang peserta tes. Jawabannya pun sebenarnya tidak ada yang salah sebab hanya dijadikan sebagai alat ukur.

Kelebihan Tes Psikologi Online daripada Tes Psikologi Offline

Tes psikologi memiliki banyak sekali manfaat dan fungsi. Misalnya yaitu untuk lebih mengenali diri sendiri maupun orang lain. Tes ini pun sering diterapkan dalam proses perekrutan karyawan baru suatu perusahaan. Nantinya hasil tes akan digunakan oleh perusahan untuk berbagai hal.

Misal untuk mengetahui bagaimana sifat dan perilaku asli calon karyawan, menentukan apakah ia cocok bekerja di perusahaan atau tidak, menentukan jabatan yang tepat untuknya dan masih banyak lagi. Karena pentingnya manfaat psikotes tersebut maka wajar saja jika kini banyak perusahaan yang juga menerapkannya.

Nah, dalam pelaksanaan psikotes ini bisa dilakukan secara offline maupun online. Pada zaman yang semakin modern ini tentunya tes secara online dianggap lebih unggul daripada secara offline. Berikut ini adalah beberapa kelebihan psikotes online daripada offline:

Tidak Perlu Bertemu Langsung

Kelebihan yang pertama yaitu dengan tes psikologi online maka antara peserta tes dan pihak perusahaan tidak perlu bertemu secara langsung. Dengan begitu tentunya para calon karyawan tidak perlu jauh-jauh datang langsung ke perusahaan untuk menjalani tes.

Sementara itu jika tes dilakukan secara offline maka para pesertanya dan pihak perusahaan harus bertemu langsung di perusahaan. Dengan begini tentunya pihak perusahaan akan lebih repot yang mana harus menyiapkan tempat dan juga harus mengatur kondisi peserta agar tes bisa berlangsung dengan lancar dan tenang.

Tidak Membutuhkan Kertas

Tes psikologi online tidak memerlukan kertas untuk mengerjakannya, melainkan menggunakan alat elektronik seperti ponsel, laptop, atau komputer dan juga jaringan internet. Dengan begitu maka perusahaan bisa lebih hemat kertas dan biaya. Jika psikotes offline tentu perusahaan harus menyiapkan banyak kertas untuk memuat soal tes. Para pesertanya pun juga harus membawa berbagai alat tulis.

Hasil Lebih Cepat Diketahui

Kelebihan selanjutnya yaitu hasil psikotes online akan lebih cepat diketahui. Bahkan setelah peserta menyelesaikan tes maka hasilnya bisa langsung diketahui sebab penilaian dilakukan oleh sistem. Berbeda dengan tes offline yang pastinya lebih membutuhkan waktu karena penilaiannya yang manual.

Jika peserta tesnya banyak maka pastinya waktu yang dibutuhkan juga semakin lama. Akibatnya proses perekrutan karyawan baru juga semakin lama. Hal ini tentu saja sangat tidak efektif dan merepotkan perusahaan.

Minim Salah Penilaian dan Hasil yang Akurat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penilaian tes psikologi online dilakukan dengan sistem yang berarti akan lebih minim terjadinya salah penilaian. Dengan begitu pun pastinya hasilnya akan lebih tepat dan juga akurat.

Tes secara offline yang penilaiannya dilakukan oleh manusia tentunya akan memiliki risiko kesalahan penilaian yang lebih besar lagi. Hal tersebut pun bisa saja malah membuat perusahaan mengambil keputusan yang salah dalam menerima calon karyawan.

Bisa Dilaksanakan dengan Banyak Peserta

Psikotes online ini juga bisa dilaksanakan dengan banyak peserta sekaligus sehingga pastinya lebih simpel dan menguntungkan. Berbeda dengan tes offline yang pastinya jumlah pesertanya disesuaikan dengan kapasitas ruang yang tersedia. Semakin banyak peserta tes maka perusahaan harus membaginya menjadi beberapa sesi.

Itulah berbagai kelebihan dari psikotes secara online. Dengan berbagai kelebihan tersebut pun wajar saja jika banyak perusahaan yang memilih menggunakan tes online daripada offline. Nah, dalam melaksanakan tes secara online ini, Anda bisa memanfaatkan NS Development.

NS Development merupakan aplikasi psikotes terpercaya yang menawarkan berbagai kelebihan. Misalnya yaitu memiliki alat tes yang sudah divalidasi dalam penggunaan secara online, hasil tes cepat dan akurat, memiliki fitur keamanan dan berbagai kelebihan lainnya. Anda pun tidak perlu meragukan NS Development untuk membantu menyelenggarakan tes psikologi online.

Artikel berhubungan: