logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi Online

Psikotes online sangat membantu perusahaan dalam proses pencarian talent maupun untuk assessment psikologis karyawan.

Tes psikologi online ternyata memiliki manfaat yang banyak untuk perusahaan. Sebagai seorang recruiter tentu saja tidak asing dengan istilah psikotes. Psikotes memang bisa membantu dalam rangkaian proses rekrutmen karyawan. 

Tanya kandidat yang sudah lolos nanti akan lanjut pada tahap psikotes lalu selanjutnya wawancara. Namun, tidak semua perusahaan menggunakan tes psikotes untuk proses rekrutmen karyawan.

Ini Dia Manfaat Tes Psikologi Online untuk Perusahaan

Pada era modern seperti saat ini semakin mudah untuk melakukan banyak hal. Salah satunya yaitu dengan tes psikologi. Banyak orang berfikir bahwa tes psikologi hanya bisa dilakukan secara konvensional. Tetapi, sudah terdapat perusahaan yang menggunakan aplikasi atau situs untuk melakukan tes secara online. 

Melakukan tes psikologi online bukan menjadi hal yang mudah. Terdapat beberapa persiapan yang harus disiapkan sebelum melakukannya. Mungkin manfaat melakukan tes psikologi banyak dicari. Tidak perlu khawatir, berikut merupakan manfaat tes psikologi untuk perusahaan:

1. Untuk Memprediksi Performa Kerja

Manfaat melakukan tes psikologi untuk perusahaan yang pertama yaitu bisa memprediksi performa kerja.

Tes psikotes berfungsi untuk memberikan informasi yang tidak hanya berkaitan mengenai kemampuan bekerja saja namun, potensi yang dimiliki oleh pekerja juga bisa diketahui. Apabila sudah mengetahui potensi yang dimiliki perusahaan dapat menyesuaikan dengan performanya. Dengan tes psikologi tersebut perusahaan dapat mengetahui kinerja karyawan apabila menurun dan disebabkan oleh faktor apa.

2. Berguna untuk Menentukan Posisi Karyawan

Melakukan tes psikologi online bisa bermanfaat untuk menentukan posisi yang sesuai untuk karyawan. Tes kepribadian bisa membantu perusahaan untuk mempelajari potensi dan kecocokan kandidat dalam perusahaan tersebut. Dengan melakukan itu, penilaian kepribadian yang dirancang secara efektif bisa mengurangi kemungkinan penempatan karyawan yang tidak sesuai. 

Kemungkinan pemberian peran yang salah juga bisa dikurangi dengan melakukan tes psikologi. Dengan begitu perusahaan dan karyawan tidak akan merasa rugi.

3. Mengurangi Risiko Human Error

Risiko human error bisa dikurangi dengan melakukan tes psikologi. Apabila melakukan tes psikologi secara offline risiko human error sangat besar karena terdapat jumlah kandidat yang banyak. Seorang rekrutmen tentu akan merasa lelah dalam memberikan pengawasan skoring dan instruksi. Hal tersebut pasti akan membuat konsentrasi seorang rekrutmen semakin berkurang. 

Oleh karena itu, melakukan tes psikologi secara online menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko tersebut. Calon karyawan nantinya bisa membaca sendiri instruksi dalam teks. Sedangkan pengawasannya bisa melalui sistem dan hasilnya juga lebih akurat dan cepat.

4. Sistem Lebih Efisien

Sistem tes psikologi lebih efisien sehingga menyebabkan pekerjaan mereka pegawai menjadi lebih mudah dengan adanya aplikasi online. Calon karyawan nanti bisa membaca dan memahami instruksi serta bagaimana cara menjawab teks tersebut secara mandiri.

Selain itu, calon karyawan juga bisa menentukan secara pribadi apakah sudah memahami instruksi atau belum. Apabila mereka sudah memahami, maka akan melanjutkan pada soal ataupun ingin membaca secara berulang-ulang dengan mudah. 

Pihak perusahaan juga bisa mengawasi pelaksanaan tes melalui sistem. Sehingga penggunaan aplikasi dalam melakukan tes psikologi bisa mempermudah. Proses rekrutmen juga lebih mudah dipantau. Walaupun secara online, tes tersebut bisa dilakukan secara bersamaan sehingga lebih menghemat waktu.

5. Mendapat Informasi yang Sulit Didapat

Dengan melakukan tes psikologi secara online perusahaan bisa mendapat informasi yang sulit didapat. Seorang pelamar kerja pasti selalu menunjukkan kesan yang maksimal dan positif. Hal itu terjadi karena adanya kesadaran dari para pelamar dan pada saat itu mereka sedang dalam proses penilaian. 

Apabila hanya mengandalkan sesuatu yang sifatnya disengaja, memungkinkan bisa menghasilkan kinerja yang tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu melalui tes psikologi ini perusahaan bisa menemukan mana pelamar yang benar-benar mampu dan cocok atau yang tidak.

Nah, itu tadi ulasan tentang beberapa manfaat tes psikologi online bagi perusahaan. Dengan membaca ulasan ini kamu sudah mengetahui berbagai manfaat tes psikologi bagi perusahaan. Banyak pihak yang menyediakan tes psikotes online salah satunya yaitu NS Development. NS Development telah menyediakan berbagai aplikasi tes kepribadian yang telah divalidasi oleh psikolog handal sehingga bisa dipercaya kualitas dan hasilnya.

Artikel berhubungan: