logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi Online

Tes psikologi online sudah tersedia dibeberapa vendor alat tes. Vendor psikotes online terbaik adalah NS Development.

Jenis tes psikologi online saat memilih bimbingan konseling wajib Anda diskusikan dengan baik dan matang. Hal ini, karena akan berpengaruh terhadap jenis dan tujuan yang Anda inginkan. Psikotes sekarang ini masih menjadi tes yang sering digunakan dalam proses pencarian bakat, jurusan sekolah maupun perguruan tinggi, sampai dengan rekrutmen di perusahaan.

Khusus untuk tes rekrutmen perusahaan, biasanya akan diketahui dengan mudah semua aspek dalam diri calon karyawan yang semakin mempermudah proses tes. Tes ini biasanya dilakukan secara langsung atau online menggunakan beragam aplikasi.

Sebelum Memilih Bimbingan Konseling, Kenali Dulu Jenis Tes Psikologi Online

Sekarang ini ada beragam jenis tes psikotes yang bisa digunakan secara online. Umumnya, tes ini juga beragam jenisnya. Tes ini dilakukan sesuai dengan kesepakatan atau sesuai dengan peraturan perusahaan dalam perekrutan karyawan.

Sebelum melamar pekerjaan sebaiknya calon karyawan sudah mengetahui apa itu tes psikotes online agar bisa mengerjakannya. Lebih jelasnya berikut ini beberapa contoh tes psikotes online yang bisa Anda gunakan untuk merekrut karyawan.

Tes Logika Aritmatika

Tes psikologi online yang pertama adalah tes logika aritmatika. Biasanya digunakan untuk proses rekrutmen karyawan. Jenis tes ini biasanya digunakan untuk perekrutan karyawan yang berhubungan dengan pekerjaan karyawan.

Biasanya tes ini berisi deretan angka yang harus Anda pahami polanya untuk bisa mengerjakannya  karena terdapat pola-pola angka. Biasanya soal ini dapat dijawab dengan menggunakan perkalian, pembagian atau pengurangan.

Tes Wartegg

Jenis tes lainnya adalah tes wartegg. Tes satu ini biasanya memerlukan kemampuan analisis yang sangat tajam. Dalam soal tes ini biasanya Anda akan menemukan  gambar-gambar dengan bentuk-bentuk yang berbeda Anda harus mampu menemukan jawabannya.

Atau bahkan soal ini hanya berisi garis-garis yang bisa Anda hubungkan membentuk sebuah gambar atau pola tertentu. Biasanya tes ini digunakan untuk mengetes kepribadian seseorang dalam memutuskan suatu permasalahan.

Tes Verbal

Tes psikologi online yang selanjutnya adalah tes verbal. Tes ini digunakan untuk melihat kemampuan berbahasa calon karyawan. Biasanya terdiri dari sinonim dan antonim  atau mencari hubungan kata yang harus Anda jawab

Anda harus memahami persamaan atau perbedaan kata yang biasanya dipelajari dalam Bahasa Indonesia untuk memecahkan soal ini. Tes verbal cukup umum dilakukan untuk calon karyawan dalam sebuah perusahaan untuk .menilai kemampuan berbahasa mereka.

Psikotes Spasial

Tes selanjutnya adalah psikotes spasial. Dalam tes ini biasanya terdiri soal tentang bangun ruang yang harus Anda selesaikan. Soal ini biasanya berbentuk pilihan ganda yang harus Anda selesaikan, tes ini membantu perusahaan mengetahui tingkat imajinasi Anda.

Karena itu, tes ini cukup umum dilakukan untuk menguji kemampuan imajinasi karyawan itu sendiri sebelum diterima kerja. Terutama bagi pekerjaan yang melibatkan imajinasi tinggi dari karyawannya pasti tes ini akan dibutuhkan.

Personal Preference Schedule Test (EPPS)

Tes psikologi online selanjutnya merupakan tes yang biasanya terdiri dari soal yang jawabannya hanya antara A dan B. Tes EPPS, biasanya soal membahas mengenai kepribadian Anda karena itu, jawablah soal sesuai dengan kepribadian yang Anda miliki.

Karena biasanya memang ada jawaban yang tidak sesuai dengan kepribadianmu Anda harus cermat dalam memilih jawabannya. Usahakan memilih jawaban yang sesuai dengan kepribadian yang Anda miliki.

Tes Kraepelin

Tes kraepelin cukup umum didengar bahkan banyak orang atau perusahaan untuk perekrutan karyawannya. Kraeplin juga sering disebut sebagai tes koran yang biasanya berisi deretan angka yang harus Anda sesuaikan.

Namun, biasanya angka-angka yang harus Anda jumlahkan tersebut jumlahnya cukup banyak. Untuk itu sebaiknya Anda memperhatikannya. Biasanya terdiri dari angka yang disusun dengan jumlah angka baik yang telah dibagi, ditambah atau dikalikan.

Draw Man Tes (DAM)

Tes yang terakhir mungkin masih cukup asing didengar, tes ini umumnya digunakan untuk menilai kemampuan peserta. Salah satunya adalah soal pengambilan sebuah keputusan, dapat dinilai apakah keputusan yang diambil tersebut tegas atau justru ragu-ragu.

Tes psikologi online ini akan menyuruh pesertanya untuk menggambarkan manusia nah yang dinilai bukan keindahan hasil gambaran tersebut. Namun, justru kepribadian Anda akan tercermin dari gambar tersebut. Tes ini sangat efektif untuk menilai kepribadian seseorang.

Tes Psikologi Online

Saat ini, tes psikologi sudah tersedia dalam bentuk tes psikologi online. Dengan adanya tes psikologi online, akan memudahkan peserta memilih untuk mengikuti tes darimana saja, dengan hasil yang relatif sangat cepat, jika dibandingkan dengan tes paper base.

Salah satu rekomendasi tes psikologi online terbaik saat ini adalah NS Development. Anda bisa mengikutinya dengan registrasi langsung untuk mengikuti tes psikologi online.

Artikel berhubungan: