logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi Online

Tes psikologi online ialah metode evaluasi mental yang dilakukan lewat platform digital. Kelebihannya termasuk kemudahan akses dan kenyamanan.

Tes psikologi online memiliki berbagai kelebihan tersendiri bila dibandingkan dengan tes secara offline yang datang ke tempat. Tes psikologi sendiri berisi rangkaian penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kecerdasan, emosi, hingga fungsi perilaku seseorang ataupun orang yang mengerjakan tes tersebut.

Biasanya tes ini berupa tes tertulis berisi berbagai pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta tes dengan jujur. Hasil penilaian dari tes dapat berguna untuk mengenai lebih lanjut tentang peserta tes.

Keunggulan Tes Psikologi Online daripada Offline untuk Recruiter

Tes psikotes menempati tempat yang penting dalam proses rekrutmen karyawan. Karena ada banyak hal yang akan diukur, mulai dari kecerdasan kognitif, sikap, kompetensi, dan personalitas atau kepribadian. Karena itu praktisi HR perlu memperhatikan dengan betul pelaksanaan psikotes supaya tidak ada kecurangan.

Pelaksanaan psikotes bisa dilakukan secara offline maupun online. Terlebih lagi di zaman yang modern ini tes online dianggap lebih unggul daripada secara offline. Berikut ini sejumlah keunggulan memilih tes psikotes secara online daripada offline.

Tidak Membutuhkan Alat Tulis dan Kertas

Melakukan tes psikologi online tidak membutuhkan alat tulis dan kertas untuk mengerjakannya. Karena peserta akan menggunakan alat elektronik, seperti laptop, ponsel, atau komputer dengan jaringan internet. Dengan begitu, perusahaan bisa menghemat biaya dan kertas. Bila psikotes dilakukan secara offline, perusahaan perlu menyiapkan banyak kertas dan tempat untuk mengerjakan soal tes.

Bisa Dilakukan dengan Banyak Peserta

Psikotes online dapat membawa keuntungan dengan pengerjaan para peserta. Karena tes ini bisa dilakukan dengan banyak peserta sekaligus, sehingga akan lebih simpel dan tidak memakan banyak waktu. Berbeda dengan tes offline yang perlu menyesuaikan jumlah peserta dengan kapasitas ruang yang tersedia. Semakin banyak peserta yang mengerjakan tes, perusahaan perlu membagi peserta menjadi beberapa sesi.

Hasil Keluar Lebih Cepat

Keuntungan yang bisa Anda dapat dari melakukan tes psikologi online adalah hasil tes akan lebih cepat diketahui. Bahkan setelah peserta menyelesaikan pengerjaan tes, hasilnya bisa langsung diketahui. Hal ini karena penilaian dilakukan oleh sistem dan berbeda bila menggunakan tes offline yang membutuhkan waktu untuk koreksi penilaian secara manual.

Bila peserta yang mengikuti tes banyak, sudah pasti waktu yang dibutuhkan untuk mengoreksi lembar jawab menjadi lebih lama. Hal ini dapat berakibat proses perekrutan karyawan baru semakin lama dan sangat tidak efektif untuk perusahaan.

Tidak Perlu Hadir Secara Langsung

Peserta tes dan pihak perusahaan tidak perlu bertemu secara langsung saat tes berlangsung. Sehingga calon karyawan tidak perlu jauh-jauh datang langsung ke perusahaan untuk menjalani tes. Selain itu, tes ini juga praktis karena bisa dilakukan di mana saja.

Sedangkan, tes psikotes offline mengharuskan peserta dan pihak perusahan bertemu langsung di perusahaan. Para calon karyawan harus mendatangi kantor dan pihak perusahaan perlu menyiapkan tempat. Selain itu, pihak perusahaan perlu mengatur kondisi supaya peserta tes dapat menjalani tes dengan lancar dan tenang.

Lebih Minim Salah Penilaian

Penilaian tes psikologi online dilakukan secara online yang mendapatkan dukungan dari sistem. Hal ini berarti akan lebih minim terjadinya salah penilaian. Karena itu hasilnya pasti lebih tepat dan akurat. Sedangkan tes offline sendiri penilaiannya dilakukan oleh manusia dan bisa memiliki risiko kesalahan terhadap penilaian lebih besar. Hal ini bisa membuat perusahaan mungkin saja mengambil keputusan salah dalam menerima calon karyawan.

Pilih Platform Psikotes Online Terbaik

Untuk mendapatkan layanan dan keuntungan maksimal, Anda perlu memilih platform tes psikotes online yang terbaik. NS Development bisa menjadi aplikasi psikotes terpercaya yang menawarkan berbagai kelebihan. Misalnya seperti memiliki alat tes yang telah tervalidasi dalam penggunaan online. hasil tes cepat, akurat, dan memiliki fitur keamanan maksimal.

Pilih platform terpercaya yang bisa membantu peserta dalam melakukan pelatihan maupun perusahaan untuk mencari calon karyawan sesuai kriteria yang diinginkan. Efisiensi biaya dan waktu bisa Anda dapatkan dengan pelaksanaan tes berbasis online ini.

Demikianlah beberapa keuntungan dari menggunakan tes psikologi online untuk melakukan tes calon karyawan. Dengan berbagai keuntungan tersebut wajar bila banyak perusahaan yang menggunakan tes berbasis online daripada offline. 

Artikel berhubungan: