logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi Online

Tes psikologi online penting dilakukan untuk seleksi karyawan atau masuk perguruan tinggi dengan memperhatikan beberapa aspek.

Dahulunya tes psikologi online hanya ditemui ketika proses seleksi untuk calon karyawan. Akan tetapi, seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat, maka psikotes semakin banyak dilakukan melalui sistem secara online. Mengingat bahwa penting sekali psikotes dilakukan. Hal tersebut sangat diperlukan ketika proses seleksi calon karyawan atau ketika Anda akan masuk ke perguruan tinggi.

Ketahui Aspek dalam Tes Psikologi Online

Adanya psikotes juga bisa mempersingkat waktu serta meningkatkan efektivitas yang rekrutmen keluarkan. Dengan memakai tes psikologi online, perusahaan dapat melakukan prediksi calon karyawan yang berpotensi. Karyawan yang tepat akan bekerja sesuai dengan kemampuan yang diperlukan sebuah perusahaan untuk masa depan.

Bahkan jawaban dari psikotes bisa membuat perekrut mengetahui pola perilaku, sisi psikis, serta pola pikir dari karyawan. Bukan hanya itu, juga dapat memberikan gambaran terhadap perekrut mengenai kinerja yang menjadi kandidat ketika dalam lingkungan kerja. Pasalnya terdapat sejumlah aspek yang bisa perekrut gunakan dengan memakai psikotes seperti berikut.

Kemampuan Kognitif

Aspek penilaian pertama terletak pada kemampuan kognitif. Kemampuan tersebut merupakan kemampuan seseorang dalam menerima serta mengolah sejumlah bentuk informasi. Terlebih kemampuan tersebut dalam bentuk kemampuan membaca, mempelajari hal yang baru, menganalisa, membuat keputusan, fokus, mengingat, serta berbahasa. Dalam dunia kerja, kemampuan kognitif dapat menentukan kemampuan seseorang agar bisa memahami dalam memberikan solusi serta melakukan identifikasi sebuah masalah.

Adanya tingkatan jabatan yang berbeda. Tentunya akan memerlukan kemampuan kognitif yang tentunya berbeda. Misalnya saja untuk posisi jabatan manajerial yang mengharuskan karyawannya untuk bisa mengambil keputusan secara kompleks serta mempengaruhi banyak pihak.

Dengan begitu, akan memerlukan kemampuan kognitif yang berbeda dalam sebuah pekerjaan yang staf lakukan melibatkan kemampuan bagian administrasi. Sehingga kemampuan administrasi bisa membuat mereka bekerja dengan teliti serta sesuai dengan peraturan yang ada.

Kepribadian

Adapun aspek berikutnya yang tes psikologi online ukur yaitu kepribadian masing-masing dari calon karyawan. Pasalnya aspek tersebut bisa melakukan penilaian kepribadian seseorang dengan pekerjaan serta karakter pada kultur perusahaan. Jika kepribadian seseorang ekstrovert sebaiknya memberikan posisi yang membutuhkan komunikasi dengan orang banyak.

Setiap perusahaan harus mempelajari psikotes tes kepribadian guna menilai kepribadian setiap calon karyawan. Kemudian bisa menentukan langkah kedepan dalam perekrutan. Terlebih lagi bila kepribadiannya cocok dengan yang perusahaan butuhkan.

Hasil dari tes kepribadian dapat membantu perusahaan dalam memahami cara meningkatkan kualitas serta retensi talenta sebuah perusahaan. Bukan hanya itu, bisa juga untuk meminimalisir hal yang menjadi pengaruh terhadap pendapatan perusahaan.

Nilai Kerja dan Motivasi

Nilai motivasi serta kerja calon karyawan juga harus perekrut ukur melalui psikotes. Aspek nilai tersebut meliputi keyakinan seseorang yang bisa menjadi motivasi serta prinsipnya dalam berperilaku. Dalam dunia kerja kerap kali populer dengan istilah workplace values. Memiliki artian yang mana nilai-nilai seseorang dapat menjadi penentu hal apa sebagai motivasi untuk mereka.

Nilai-nilai tersebut mempunyai sifat intrinsik yang aman seseorang hingga dapat memperoleh kepuasan tersendiri yang berasal dari melakukan suatu pekerjaan. Sama halnya ketika mereka melakukan pekerjaan yang bisa membantunya serta memiliki dampak terhadap kehidupan orang lain. Di sisi lain, nilai itu juga dapat bersifat ekstrinsik yang mana seseorang lebih termotivasi oleh hal yang diperoleh dari luar pekerjaan serta dirinya. Misalnya seperti jabatan, pengakuan, serta kompensasi.

Kompetensi

Kompetensi adalah keterampilan yang fokusnya lebih terhadap relasi manusia dan bisa berguna bagi pekerjaan umum. Atau bisa juga disebut dengan keterampilan interpersonal. Pada umumnya akan mencakup kemampuan dalam leadership, kerja tim, beradaptasi, serta berkomunikasi.

Pasalnya kompetensi yang perusahaan perlukan sangat bervariasi sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Berbagai macam posisi akan memerlukan kompetensi yang khusus. Dari sejumlah kompetensi kerja, terdapat lima yang bisa diukur menggunakan tes psikologi online. Antara lainnya seperti problem solving, integritas, kolaborasi dengan rekan kerja, adaptasi, komunikasi, serta pihak eksternal.

Itulah informasi mengenai aspek apa saja yang bisa diukur melalui tes psikologi online. Sekarang ini telah tersebar sejumlah rekomendasi layanan yang menyediakan psikotes tersebut. Salah satunya NS Development. Fitur yang tersedia sangat beragam serta mudah Anda gunakan.

Artikel berhubungan: