logo PT Nirmala Satya Development
Pengertian Psikotes

Kegunaan psikotes untuk mengetahui potensi psikologis seseorang (kecerdasan, stabilitas emosi, sosiabilitas, sikap kerja atau kecenderungan-kecenderungan lainnya) dalam menghadapi suatu situasi pekerjaan.

Psikotes adalah tes yang dilakukan untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes ini dapat berbentuk tertulis, proyektif, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi atau kemampuan kognitif dan emosional seseorang. Tujuan dari dilaksanakannya tes ini adalah untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan orang secara mental dan faktor-faktor yang mendukungnya, termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian, dan intelegensi.

Jadi sederhananya, psikotes adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui gambaran seseorang mulai dari kemampuan kognitifnya, kondisi emosinya, kecenderungan-kecenderungan sikap dan hal-hal yang mempengaruhi kecenderungan tersebut. Jadi dalam psikotes, kemampuan yang diukur tidak melulu terkait dengan IQ seseorang.

Menurut (Daulay, 2014) salah satu cara untuk dapat mengetahui kompetensi individu dan dalam rangka memecahkan masalah-masalah individu baik menyangkut masalah pribadi, belajar, sosial, dapat menggunakan tes psikologi (psikotes). Psikotes telah banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupan saat ini, meliputi bidang pendidikan, bidang sosial, maupun bidang industri.

Menurut Anastasi (2016) mendefinisikan psikotes sebagai a psychological test is essentially an objective and standardized measure of a sample of behavior. Dari definisi ini menjelaskan bahwa esensi dari psikotes adalah penentuan yang objektif dan terstandrisasi terhadap sampel tingkah laku. Pada dasarnya psikotes merupakan kumpulan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dan/atau tugas-tugas yang harus dikerjakan yang akan memberikan informasi mengenai aspek psikologis tertentu bedasarkan dari jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan atau cara subjek melakukan tugas-tugas tertentu.

Menurut CHAPLIN (Kamus Psikologi) pengertian Psikodiagnostik (psikotes) adalah sebarang teknik untuk mempelajari kepribadian, bertujuan untuk menentukan sifat-sifat yang mendasarinya, khususnya sifat yang menen tukan kecenderungan seseorang pada penyakit mental.

Kegunaan psikotes untuk mengetahui potensi psikologis seseorang (kecerdasan, stabilitas emosi, sosiabilitas, sikap kerja atau kecenderungan-kecenderungan lainnya) dalam menghadapi suatu situasi pekerjaan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa psikotes adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui gambaran seseorang mulai dari kemampuan kognitif, kondisi emosi, kecenderungan-kecenderungan sikap dan hal-hal yang mempengaruhi kecenderungan tersebut.

 

DAFTAR PUSTAKA

Anastasi, A., & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi, Edisi Ketujuh (Terjemahan). Jakarta: PT Indeks

Chaplin,J.P, Kamus Lengkap Psikologi, Alih Bahasa: Kartono Kartini, Raja Grafindo: Jakarta,

Daulay, N. (2014). Implementasi Tes Psikologi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 21(No 2 JuliDesember), 402–421.

Artikel berhubungan: