logo PT Nirmala Satya Development
Sejarah Perkembangan Tes Psikologi

Perkembangan terakhir memunculkan disiplin ilmu baru yang mengkhususkan disiplin ilmu kepengembangan alat tes psikologi yaitu psikometri. Diindonesia sendiri program studi psikometri sudah dibukan dibeberapa universitas untuk bentuk program magister science.

Tes psikologi sebenarnya telah dilakukan sejak berabad-abad yang lalu, terbukti dengan adanya ujian pada pegawai negeri di Cina pada tahun 2200 SM. Kemudian, tes psikologi berkembang dalam bentuk fisiognomi (ilmu yang menganalisis anggota badan untuk membaca peruntungan dan watak manusia). Ilmu ini dikembangkan oleh Aristoteles pada tahun 384 SM.

Pada abad ke-18, pandangan terhadap retardasi mental mulai mengalami perubahan. Kemudian pada awal abad ke-19, tes awal Binet memasuki tahap pengembangan. Selain itu, Esquirol juga mengembangkan diagnosis retardasi mental, dan Seguin, pada tahun 1837, mulai memberikan pelatihan pada orang-orang dengan keterbelakangan mental.

1879, Wundt mendirikan laboratorium eksperimental di Leipzig, Jerman. Setelahnya, psikologi eksperimental mulai mengalami perkembangan. Francis Galton mendirikan laboratorium Anthropometris di London pada tahun 1884.

Tahun 1890, James McKeen Cattel mulai memperkenalkan istilah ‘tes mental’. Kemudian, Kraepelin menciptakan tes operasi aritmetika sederhana, yang berfungsi untuk mengukur dampak latihan, memori, kerentanan terhadap kelelahan dan penurunan perhatian pada tahun 1895.

Memasuki tahun 1897, Ebbinghaus menyelenggarakan tes-tes komputasi aritmetik, rentang memori dan melengkapi kalimat bagi anak-anak sekolah. Di tahun 1905 Binet & Simon membuat sebuah tes kecerdasan, yang kemudian dikenal sebagai skala Binet-Simon pertama. Skala ini direvisi pada tahun 1908, di dalamnya berisi tentang pengenalan konsep tingkat mental.

Revisi ketiga hadir pada tahun 1911, dan pada tahun 1916, tes StarfordBinet lahir. Tes Binet merupakan tes yang dilakukan untuk individu. Berpindah pada tahun 1917, Robert M. Yerkes membuat tes intelegensi kelompok yang pertama, dan menghasilkan tes Army Alpha dan Beta. Sedangkan Arthur S. Otis memperkenalkan pilihan ganda dan jenis-jenis soal obyektif lainnya.

Selain tes intelegensi, tes psikologi yang turut berkembang adalah tes bakat (aptitude testing). Charles Spearman, pada tahun 1904, melakukan penelitian tentang pengembangan-pengembangan tes bakat. Pada tahun 1928, Hollingworth mengemukakan perbedaan prestasi anak dengan tingkat kejeniusan yang berbeda. Di tahun yang sama, T. L. Kelley, seorang peneliti Amerika melakukan pengembangan analisis faktor yang digunakan pada penyusunan tes, diikuti 10 tahun setelahnya oleh L. L. Thurstone dari Inggris.

Tes prestasi (achievement test) mulai berkembang ketika E. L. Thorndike membuat tes standar pertama untuk mengukur hasil pengajaran sekolah. Di tahun 1923, Stanford Achievement Test yang pertama dipublikasikan. Tes ini dikembangkan oleh Truman L. Kelley, Giles M. Ruch, dan Lewis M. Terman.

Tahun 1919, Woodworth menghasilkan personal data sheet. Tes kepribadian pun berkembang. Pengembangan selanjutnya muncul pada 1930, dimana inventori neurosis Thurstone Inventory Personality diperkenalkan. Lalu pada tahun 1931, muncul Bernreuter Personality Inventory untuk mengukur empat dimensi kepribadian, serta adanya pengembangan dari MMPI.

Tes terakhir yang juga berkembang adalah tes proyektif. 1800an, Francis Galton membuat tes berbentuk asosiasi kata. Tes ini disempurnakan oleh C. G. Jung pada tahun 1910. Hermann Rurschach, pada tahun 1921 membuat 10 kartu bercak tinta. 5 tahun setelahnya, Goodenough menganalisis gambar anak. 1935, Thematic Apperception Test dibuat oleh Morgan dan Murray. Pada tahun 1948, HTP Test muncul, dan pada 1949 lahir Machover Drawing Human.

Setelah tahun-tahun tersebut diatas, perkembangan tes psikologi sudah sangat pesat, dengan munculnya alat tes terbaru. Perkembangan terakhir memunculkan disiplin ilmu baru yang mengkhususkan disiplin ilmu kepengembangan alat tes psikologi yaitu psikometri. Diindonesia sendiri program studi psikometri sudah dibukan dibeberapa universitas untuk bentuk program magister science.

Untuk pengembangan akses tes psikologi, selain menggunakan paper base, juga telah berkembang menjadi aplikasi psikotes online. Perkembangan psikotes online di Indonesia sangat pesat dengan adanya pandemi Covid-19 diawal tahun 2020.

Artikel berhubungan: